Oleh-oleh atau cinderamata bisa jadi hal yang tak terpisahkan dari setiap kegiatan traveling atau bepergian. Kalau untuk orang Indonesia sih seringnya dalam bentuk makanan, bukan begitu? Nah, berbicara tentang oleh-oleh, beberapa negara di dunia ini juga memiliki oleh-oleh unik yang selalu menggelitik para turis lho. Yakin deh, kalau kamu ke sana pasti juga punya keinginan untuk menjadikannya buah tangan juga. Atau kamu ingin menjadikan hal ini peluang bisnis di Indonesia? Boleh juga, simak yaa…

1. Buah peach ber-celana dalam ini jadi oleh-oleh paling laris di Tiongkok. Menarik sih emang visualnya, jadi seksi kan? Tega memakan?

seksi kan? via wartabuana.com

Buah peach adalah buah tradisi di Tiongkok, yang biasa dikonsumsi saat Festival Qixi pada setiap awal bulan Agustus. Dan selama ribuan tahun telah menjadi tradisi, sejak 2012 silam muncul buah peach yang dijual dengan menggunakan “celana dalam,” sehingga tampilan dari buah peach ini pun menyerupai pantat wanita. Fenomena buah peach seksi ini dimulai ketika seorang penjual buah di Nanjing memotong kain renda berbentuk celana dalam dan memasangnya di atas buah peach. Akhirnya, saking larisnya, banyak penjual yang ikut-ikutan dan malah jadi buah tangan hingga sekarang. Ada-ada saja.

2. Dari Thailand, kalajengking lapis cokelat dan cacing renyah barbekyu pun laris manis diburu para turis

kamu minat oleh-oleh begini? via liputan6.com

Katanya sih serangga adalah makanan masa depan dunia. Hal ini terbukti dengan adanya imbauan dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) serta Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk memakannya. Ternyata memang makin banyak juga orang yang mengikuti anjuran tersebut. Penjualan produk serangga di Thailand terus naik setiap tahunnya. Utamanya, makanan ringan yang berbahan serangga seperti keripik jangkrik  ‘Thai Green Curry Crickets‘, kalajengking lapis coklat ‘Dark Chocolate Covered Scorpions‘, dan ulat renyah rasa barbekyu ‘BBQ Flavour Worm Crisps‘. Jenis makanan ini akan makin laris jelang Natal, ya. Bisa kamu kasih temenmu sebagai kado unik.

3. Kalau kamu berlibur ke Hawaii, maka di sinilah satu-satunya tempat dimana kamu bisa membeli air dari 3000 kaki di bawah permukaan laut. Hawaiian Deep Sea Water namanya

Advertisement

air paling mahal nih via www.buzzfaze.com

Si Hawaiian Deep Sea Water ini punya segala komposisi yang dibutuhkan untuk tubuh yang sehat. Karena itulah, banyak orang mengklaim bahwa air kemasan ini mengandung mineral lebih dan lebih sehat dibanding air kemasan biasa. Jangan heran pula kalau harganya begitu fantastis, karena mata air yang digunakan berasal dari 900 meter di bawah permukaan Samudera Pasifik. Mata airnya terkunci dalam suhu 43 derajat dan bebas dari kontaminasi apapun. Per botolnya dijual dengan harga 33,5 dollar atau sekitar Rp 469 ribu. Sehat itu mahal emang~

4. Jangan marah kalau ada temanmu dari Skandinavia datang dan memberimu oleh-oleh boneka Troll ini. Mungkin menurutmu terkesan jelek dan menyeramkan, tapi sejatinya tidak begitu

kenalin, this is Troll via www.buzzfaze.com

Kalau kamu yang datang ke Skandinavia, jangan kaget juga kalau hampir di setiap toko akan menjual boneka yang tampangnya agak menyeramkan, dengan hidung mancung menjulur ke bawah, Troll namanya. Boneka Troll ini memang sangat amat populer di Skandinavia, walau banyak orang asing menganggap mereka sangat menyeramkan. Namun ternyata tidak demikian kalau kamu mengerti cerita rakyat Skandinavia. Kamu justru makin bangga menjadikannya sebagai souvenir setelah bertandang ke negaranya. Sebab, Troll dikembangkan melalui sastra dan seni, mereka datang, kemudian ditaklukkan, dan akhirnya terlupakan.

5. Apa kamu nggak bingung kalau kerabatmu yang datang dari Belanda justru memberi souvenir bertuliskan Denmark? Dan inilah yang memang banyak dijual di Belanda dan terjadi selama ini

aneh tapi ada yang beli lho, laris lho via kapanlagi.com

Entah bagaimana mulanya, yang pasti hal ini selalu membuat bingung pembelinya, lebih-lebih para penerima oleh-oleh di negara asal. Di Belanda, banyak dijual patung-patung kecil yang tampilannya memiliki ciri khas Belanda, dari busana misalnya. Namun yang menjadikannya aneh dan ‘unik’ adalah ketika di bawahnya justru bertuliskan kata Danmark atau Denmark. Kok ya malah banyak yang beli ya? Entah ada makna apa di baliknya.

6. Gambar dan tulisan yang kurang nyambung juga bisa kamu temui dalam souvenir khas negara Austria. “Tak Ada Kanguru di Austria”  jadi buah tangan paling laris di sana

Austria, not Australia via everydaydreamholiday.com

Hal ini terjadi mungkin gara-gara banyak turis yang salah kaprah menyangka bahwa Austria ialah Australia. Jadilah, mereka berharap menemukan kanguru di negara ini. Padahal, kanguru hanya ada di Australia, bukannya Austria. Kemudian, para pengusaha souvenir pun justru mengaplikasikannya untuk desain mug mereka. Mug aneh bertuliskan No Kangaroos in Austria ini memang cukup aneh, namun justru diminati para turis.

7. Lollipop Scorpion dari Arizona juga jadi  buah tangan yang laris manis untuk anak-anak. Kok pada doyan ya?

pilih warna apa? via amazon.com

Entah siapa yang mencetuskan ide gila ini pada awalnya. Hingga akhirnya ada banyak orang percaya, bahwa percampuran antara kalajengking dan permen adalah ide yang baik dan menarik. Lollipop ini menampilkan kalajengking asli di tengahnya, selain itu juga bebas gula. Konon katanya baik untuk kesehatan. Ya begitulah yang mereka percaya. Ngeri juga sih ya sebenernya, kebayang nggak kalau ternyata justru kalajengking ini yang menggigit bibirmu? Hehehe…

8. Terakhir dan yang paling serem, ada yang unik di Kota Ratchaburi, Thailand. Di sana, ada sebuah toko yang menjual potongan tubuh manusia untuk dimakan. Eh sama turis malah dijadikan buah tangan

ngeri ngeri gimana gituu~ via rumpibanget.com

Siapa sangka, ternyata menjual potongan tubuh manusia justru banyak disukai dan malah dicari wisatawan lho. Seorang seniman bernama Kittiwat Unarrom yang menjadi dalang dari maraknya bisnis ini di Thailand. Dia sudah bergelut dalam dunia pembuatan roti sejak 2006 silam. Nah dalam karyanya ini, Kittiwat menjadikan adonan roti yang telah dibuatnya untuk dibentuk menjadi bagian tubuh manusia. Jangan serem dulu, rasanya enak kok (katanya), hihihii…

Jadi, gimana? Apa oleh-oleh di atas sudah cukup gila? Bersiaplah membelinya kalau kamu berwisata ke negara-negara di atas ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya