Selain terkenal dengan wisata alam dan budayanya, berlibur ke kota-kota di Indonesia tentu tak lengkap jika belum menjajal aneka ragam kulinernya. Mulai dari Sabang hingga Merauke, hampir semua kota punya makanan khas yang bisa jadi andalan untuk menarik wisatawan. Nah, salah satu kota yang juga menyediakan beragam kuliner lezat adalah Bandung.

Kota yang terkenal dengan julukan Kota Kembang ini memang punya sederet pilihan makanan lezat yang siap menggoyang lidahmu kala berlibur ke sana. Khusus di artikel kali ini, Hipwee sengaja ingin mengulas ragam kuliner malam di Bandung yang layak kamu cicipi kelezatannya. Apa saja sih yang Bandung punya?

1. Menikmati sajian Nasi Punclut semakin terasa lengkap ketika kamu bisa makan sambil memelototi pemandangan kota Bandung dari ketinggian

Nasi punclut yang enak banget via coretanhaf.blogspot.com

Kalau kamu sedang berlibur ke Bandung, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Nama “Punclut” sendiri adalah kependekan dari Puncak Ciumbuleuit. Di sana, kamu bisa menikmati aneka sajian lezat yang siap menggoyang lidahmu. Mulai dari ayam, cumi, udang goreng, hingga aneka jenis sambal.

Kuliner malam Nasi Punclut terasa unik karena tersedia nasi merah yang menjadi varian dari menu di sana. Tidak hanya soal rasa saja yang membuatmu wajib berkunjung ke sini, keindahan pemandangan kota Bandung di malam hari juga layak kamu saksikan sendiri. Yang pasti, kota Bandung akan tampak begitu memesona jika dilihat dari ketinggian. Tidak perlu khawatir soal harga karena daftar menu yang tersedia di sini cukup bersahabat dengan kantong wisatawan berbujet pas-pasan.

2. Sate Hadori adalah salah satu kuliner khas Bandung yang wajib kamu cicipi saat malam hari

Advertisement

kenikmatan sate hadori via utingunying.blogspot.com

Bandung adalah salah kota yang menawarkan berbagai pilihan kuliner nan sangat menggoda. Salah satunya adalah Sate Hadori yang keberadaannya terbilang cukup fenomenal di Bandung. Terletak di Jalan Stasiun Timur tepatnya di seberang Stasiun Lama, kamu tidak akan kerepotan menemukan tempat makan ini karena memang lokasinya yang terbilang mudah untuk dijangkau. Keunggulan dari kuliner Sate Hadori terletak pada rasanya yang memang sangat nikmat dan khas.

Daging kambing yang disajikan di sana sangat empuk dan berpadu dengan bumbunya yang meresap sampai ke dalam. Siapkan lidahmu untuk merasakan sensasi rasa Sate Hadori yang memang sangat memanjakan lidah para penikmat kuliner di malam hari. Satu porsi Sate Hadori dibanderol dengan harga Rp 26.000,- dan dijamin bisa memanjakan lidahmu.

3. Ngidam makan Gulai saat tengah malam? Tenang, Bandung punya warung Gulai Kambing Harris yang buka non stop selama 24 jam!

Gulai Harris yang laris manis via katalogwisata.com

Destinasi kuliner malam lainnya yang wajib kamu datangi adalah warung Gulai Kambing Harris. Tempat makan yang menyediakan menu andalan gulai ini siap melayanimu sepanjang hari. Keistimewaan gulai yang satu ini ada pada rasa kuahnya yang jempolan Selain itu, daging kambing yang disajikan sudah diolah sedemikian rupa sehingga membuat dagingnya terasa empuk dan tidak berbau.

Tidak hanya gulainya saja yang layak dicoba, sate kambingnya pun tidak kalah enak. Penyajian sate di atas hot plate ikut menambah sensasi kenikmatan dari hidangan ini karena kehangatannya yang tetap terjaga. Kamu dapat memilih dua jenis bumbu, yaitu bumbu kacang dan bumbu kecap. Buat yang tertarik mencoba Gulai Harris silahkan datang ke Jalan Asia Afrika No.151, Simpang Lima Bandung, ya!

4. Pecinta kuliner bubur ayam wajib hukumnya mencicipi Bubur Otong Andir yang terkenal akan kelezatannya

bubur maknyus via twitter.com

Buat pecinta kuliner bubur ayam, di Kota Kembang juga ada kok destinasi wisata kuliner yang layak kamu sambangi Yup, namanya Bubur Otong Andir. Lokasinya berada di Jalan Sudirman dekat dengan Pasar Andir. Bubur ini cukup terkenal di daerah asalnya karena memang rasanya yang luar biasa enak.

Kekentalan bubur yang berpadu dengan topping ayam dan cakue menjadikan hidangan ini terasa istimewa. Bubur Otong Andir buka mulai dari pukul 18.00-01.00 pagi dini hari. Soal harga tak perlu khawatir. Menu kuliner malam yang satu ini terbilang cukup ramah di kantung pembeli, yaitu Rp 9.000 saja.

5. Saat bertandang ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati hidangan Nasi Kalong!

sekali nyoba pasti pengen lagi via kuelekker.blogspot.com

Di Bandung tak hanya Nasi Punclut yang terkenal, ada pula Nasi Kalong yang terkenal unik sekaligus lezat. Nasi Kalong pada dasarnya adalah beras merah yang dimasak menggunakan kluwek dan rempah sehingga menghasilkan nasi berwarna hitam. Saking enaknya, nasi ini tetap akan terasa enak sekalipun dimakan tanpa menggunakan lauk yang mendampingi.

Sebagai pelengkap, Nasi Kalong bisa disajikan dengan buncis bakar dan ayam bakar madu yang termasuk dalam menu andalan di tempat ini. Untuk menikmati sajian Nasi Kalong, kamu hanya cukup merogoh kocekmu antara Rp 20.000 – Rp 30.000 saja. Nah, bagi kamu yang penasaran dan sedang berada di Bandung, silakan langsung datang ke Jalan RE Martadinata no. 102.

6. Kedai makanan prasmanan Ceu Mar cocok buat kamu yang gemar berburu pengganjal perut di tengah malam

silahkan di pilih via kuliner.panduanwisata.id

Kelaparan tengah malam di Bandung tidak akan terasa menderita karena deretan kuliner malam Bandung siap mengganjal perutmu. Ya, kota yang satu ini menawarkan banyak pilihan seperti salah satunya kedai Ceu Mar. Ceu Mar adalah spot makan yang mulai beroperasi sejak pukul 9 malam sampai dengan 9 pagi. Kedai ini menawarkan aneka masakan rumahan mulai dari gulai daging, sayuran, dan berbagai macam gorengan.

Nikmatnya lagi, semua menu makanan dapat diambil secara prasmanan sehingga pengunjung dapat menyesuikan porsi makan sesuai dengan keinginan. Sebagian besar konsumen yang datang ke kedai makan Ceu Mar adalah mereka yang hobi bedagang dan menikmati ragam hiburan malam di kota Bandung.

7. Buat kalian para pecinta keju, sempatkan waktu untuk singgah di Kedai Madtari

kejunya nampol via hazaf.tumblr.com

Nama Madtari tentu tidak terdengar asing bagi anak muda Bandung. Tempat makan ini menawarkan aneka makanan mulai dari indomie, pisang, hingga roti bakar. Jika dilihat sekilas, Madtari memang seolah tidak memiliki menu andalan yang menggiurkan. Tapi, tempat makan yang beroperasi selama 24 jam ini terbukti selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang umumnya didominasi oleh kawula muda. Keistimewaan makanan di Madtari terletak pada topping kejunya yang melimpah. Maka tidak mengherankan kalau kamu akan merasa kenyang dan terpuaskan melahap aneka hidangan bertabur keju.

8. Cicipi lezatnya masakan Iga Bakar di warung Iga Bakar Si Jangkung yang sudah tersohor di seantero Kota Bandung

iga bakar si jangkung via www.selerakita.info

Di Jalan Cipaganti tepatnya, terdapat pula tempat makan yang cukup terkenal namanya Iga Bakar Si Jangkung. Dari namanya saja tentu kamu dapat menebak menu andalah di tempat ini ‘kan? Ya, kalau kamu punya kesempatan datang ke warung ini, cobalah untuk mencicipi iga kambing yang rasanya dijamin tak terlupakan.

Daging iga yang disajikan di atas piring panas yang terbuat dari tanah liat memang punya cita rasa unik. Perpaduan antara manis dan pedas dalam potongan daging iga nan empuk sudah pasti membuatmu ketagihan dan ingin kembali ke tempat ini.

Bandung tentu masih punya aneka ragam kuliner malam lainnya yang patut dicoba. Nah, buat kamu yang punya rekomendasi destinasi wisata kuliner lainnya, jangan ragu berbagi di kolom komentar, ya! 🙂