Liburan memang sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan, ya? Apalagi jika destinasi yang kita kunjungi menyimpan banyak keunikan yang belum kita temui sebelumnya.

Nah, kali ini Hipwee akan mengajakmu berpetualang ke Kota Purworejo, kota “berirama” yang terkenal dengan keunikan serta makanan khas yang enak. Penasaran sama Kota Purworejo? Yuk, kita mulai petualangannya!

1. Purworejo adalah kota kecil yang ramah nan damai. Tak ada kemacetan, apalagi polusi yang berlebihan.

macet? no way! via panoramio.com

Jika kita berkunjung ke pusat kota di alun-alun kota Purworejo, kita akan menemui lalu lalang kendaraan yang cukup banyak. Namun, nggak ada tuh kata “macet” atau tingkat polusi udara yang berlebihan. Hmm…bisa kebayang kan asyiknya berkunjung ke tempat yang sudah di sebut sebagai kota tapi nggak ada kemacetan atau polusi berlebihan?

2. Ndolalak, traditional dance ala Purworejo ini bakal bikin tubuhmu ikut bergoyang ketika menyaksikannya!

tarian unik khas purworejo via ragamberitaku.blogspot.com

Advertisement

Ada sejarah yang cukup menarik dari tarian ini. Mengapa disebut “ndolalak” ? Ini berkaitan dengan kegiatan para pemuda di Purworejo yang zaman dulu sering mengikuti tarian serdadu Belanda dengan irama “do-la-la”. Wah, unik ya…dan asal tahu saja, tarian ini sering dijadikan tarian pembuka untuk acara-acara penting di Purworejo, lho!

3. Buatmu yang pernah makan “Clorot” pasti selalu ketagihan jika berkunjung ke Purworejo lagi.

clorot yang legit nan manis via gudeg.net

Camilan legit dan manis ini memang camilan “juara” di Purworejo. Selain sebutannya yang unik, cara makannya pun cukup berbeda dengan makanan tradisional lainnya. Mengapa berbeda? karena perlu ditekan bagian bawahnya agar isi dalamnya keluar, inilah yang disebut “clorot” atau mencuat ke atas.

4. Selain “Clorot” ada juga “Geblek” yang nggak kalah enak dan unik!

geblek khas Purworejo via cookpad.com

Satu lagi juaranya di Kota Berirama, penganan murah tapi super enak ini patut kamu coba saat berkunjung ke Purworejo. Konon, membuat dan memasak “geblek” tidak semudah kelihatannya, perlu ketelitian dan keahlian khusus agar si lezat “geblek” tidak alot saat di goreng. Plus, jangan lupa cocol dengan bumbu kacang saat menikmati “geblek” ya!

5. Liburanmu ke Purworejo tak lengkap jika belum mencicipi dawet hitam khas di sana.

katanya sih selain seger, dawet hitam ini sehat via budaya-indonesia.org

Nah, kita beralih ke yang seger-seger nih! Yup, dawet hitam khas Purworejo. Selain segar, minuman yang satu ini katanya juga sehat lho, karena kandungan vitamin di dawet hitamnya yang konon bisa menambah tenaga. Kalau kamu pengen mencicipinya, nggak perlu repot kok, hampir di setiap sudut Kota Purworejo ada pedagang dawet hitam ini.

6. Rasakan pengalaman seru menjelajahi perut bumi di Wisata Goa Seplawan.

anti mainstream dengan main di goa via log.viva.co.id

Ternyata di Purworejo pun terdapat wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah wisata Goa Seplawan. Di tempat ini, kamu bakal mengasah jiwa petualanganmu dan memanjakan matamu.

7. Buatmu yang suka ketenangan dan ingin menambah wawasan, mampir saja ke destinasi wisata Bedug Raksasa.

wisata religius sekaligus liburan di purworejo via telusuriindonesia.com

Bedug yang konon merupakan terbesar di dunia ini ada di Purworejo. Keren ya! Kalau masih ada cukup waktu, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke sini, di Masjid Agung Kota ini lah bedug raksasa ini berada. Pohon jati yang dijadikan bahan baku bedug ini pun tidak biasa, yakni pohon jati bercabang lima yang di ambil langsung dari Purwodadi, Jawa Tengah.

8. Segarkan pikiranmu dengan menyambangi Curug Muncar yang terkenal di Purworejo.

nyari yang sejuk-sejuk nan asri di sini via spadepicnic.wordpress.com

Setelah seharian berkeliling, saatnya nyari tempat yang sejuk dan enak buat bersantai, dan Curug Muncar jawabannya! Dengan kondisi sekitar yang masih alami, Curug Muncar juga salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat ke Kota Purworejo.

9. Saat malam hari, Alun-Alun Kota adalah tempat paling romantis yang bisa kamu nikmati bareng pacar dan orang-orang tersayang.

Purworejo di malam hari via celoteh4ti.wordpress.com

Kata salah seorang teman asal Purworejo,

“Aku tidak lahir di Purworejo, tapi pertama kali aku menginjakkan kaki di sana, aku mendapatkan sebuah kenyamanan yang luar biasa, orang-orangnya yang ramah dan suasana kota yang asri membuatku ingin membangun keluarga di sana kelak.”