Tibanya malam hari bukan berarti kamu harus berhenti menikmati keindahan dunia, guys! Di dalam artikel ini Hipwee akan berikan tempat-tempat yang justru jauh lebih indah ketika malam sudah jatuh. Engga percaya? Tengok dulu nih keindahan tempat-tempat ini, yang jelas tempat-tempat ini akan membuat malam harimu semakin indah!

1. Glowing Mushroom, Inggris

enggak terlihat spesial kan?! via fc07.deviantart.net

saat malam datang via www.acting-man.com

jamur yang lain via upload.wikimedia.org

berwarna-warni

Advertisement

Di beberapa hutan yang ada di Inggris, kamu bisa menemukan the glowing mushroom atau jamur yang bisa bersinar. Jamur akan terlihat biasa saat pagi atau siang hari, tapi begitu malam datang jamur ini baru memamerkan sinar indahnya. Jamur ini sendiri memiliki nama ilmiah Panellus stipticus, dan hingga sekarang para ahli belum bisa menjelaskan penyebab kenapa jamur ini bisa bercahaya.

2. Gua Waitomo, Selandia Baru

keindahan gua waitomo via ic.pics.livejournal.com

gua waitomo, New Zealand via matome.naver.jp

bintang-bintang dari aktivitas cacing via sites.psu.edu

Gua Waitomo atau yang juga biasa dikenal dengan nama gloworm cave ini termasuk dalam jajaran gua yang paling indah di dunia. Berbeda dari gua-gua kebanyakan, di sini kamu akan menemukan pendar-pendar cahaya indah yang dihasilkan oleh kumpulan gloworm. Gloworm sendiri adalah nama yang umum digunakan untuk menyebut berbagai kelompok larva serangga betina yang bersinar (bioluminescence). 

3. Blue Grotto, Italia

Blue Grotto, Italia via ocdn.eu

Sunset di Blue Grotto via ppcdn.500px.org

juga dikenal dengan blue azzure via www.wondermondo.com

air di blue grotto yang mengandung floresence via www.mylifesatrip.com

Blue Grotto – atau dalam bahasa Italianya ‘Grotta Azzura’ – bisa jadi gua yang akan memikatmu saat kamu berkesempatan mengunjunginya. Letaknya yang dekat dengan pantai menyebabkan gua ini terisi air. Namun itulah yang menyebabkan gua ini spesial! Refleksi birunya air laut Pulau Capri oleh cahaya matahari membuat gua ini diterangi cahaya biru yang sangat indah.

Kamu pasti akan jatuh cinta pada refleksi birunya air laut oleh cahaya matahari saat memasuki gua ini.

4. Smoky Mountains, Amerika Serikat

ribuan kunang-kunang di great smoky mountains via www.amazingviewscabinrentals.com

karnaval kunang-kunang yang sedang mencari pasangan via 4.bp.blogspot.com

koloni kunang-kunang yang berusia lebih dari 20 tahun via www.artinnaturephotography.com

Kamu pernah melihat kunang-kunang, guys?

Dewasa ini, serangga yang satu ini memang lebih sulit ditemui. Tapi ini tidak berlaku di Smoky Mountains, Amerika Serikat. Pada bulan Juni di Smoky Mountains kamu akan bisa menemukan jutaan kunang-kunang yang akan menyihirmu dengan keindahannya. Bahkan semenjak 2012 fenomena ini telah menjadi salah satu obyek wisata terpopuler Amerika.

5. Aurora Borealis

aurora borealis via doninmass.files.wordpress.com

aurora borealis terlihat di finlandia via cdn.desktopwallpapers4.me

sering disebut juga sebagai Nothern Light via wallpaperswide.com

Udah pada familiar dengan Aurora Borealis atau si Cahaya Utara ini kan? Aurella Borealis merupakan fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer Bumi akibat dari interaksi medan magnetik Bumi dan medan magnetik matahari. Nah, fenomena ini sendiri akan sering kamu temui jika kamu berada di Canada, Finlandia, Norwegia, dan negara-negara lain yang berada dekat dengan kutub utara Bumi.

6. Toyama Bay, Jepang

toyama bay di kala siang via upload.wikimedia.org

danau toyama saat malam hari datang via tripandtravelblog.com

cumi-cumi bersinar yang banyak ditemukan di toyama bay via wordlesstech.com

Pada bulan Maret hingga Juni, kamu akan menemukan pemandangan yang berbeda di Toyama Bay, Jepang. Di sini kamu bisa menyaksikan pameran cumi yang bercahaya atau Watasenia scintillians, salah satu spesies cumi-cumi yang bisa memendarkan cahaya. Nah, di bulan Juni ribuan cumi-cumi ini berkumpul di Toyama Bay untuk membuahi telur dan meletakkan telur-telur mereka di pasir, sekaligus menjadikan tepian danau ini pemandangan yang eksotis.

7. Kilauea, Hawaii

Kilauea, Hawaii via 4.bp.blogspot.com

Kilauea saat menjelang malam via www.redecho.org

saat malam telah terbit via i.dailymail.co.uk

Gunung Kilauea yang berada di Hawaii ini mungkin akan terlihat biasa saja saat kamu mengunjunginya di waktu siang. Namun suasana dan pemandangan yang berbeda (dan jauh lebih indah!) akan kamu dapatkan saat kamu mengunjunginya di kala matahari telah masuk ke peraduannya.

8. Salar de Uyuni, Bolivia

salari de uyini di siang via a3-images.myspacecdn.com

senja di Bolivia via i.dailymail.co.uk

bagai berada di dunia khayal via images.boomsbeat.com

Salar de Uyuni yang berada di Bolivia ini tidak hanya menarik dikunjung waktu siang lho! Jika kamu cukup beruntung untuk berkunjung di tempat ini saat malam hari dan cuaca sedang cerah, kamu bisa mendapatkan pemandangan magis dan mengagumkan seperti foto di atas.

9. Pulau Vaadhoo, Maldives

pulau vaadhoo, maldives via ittsevoltam.hu

pesisir pantai pulau vaadhoo via www.elsalvador.com

pulau vaadhoo paling tepat dikunjungi di saat malam via wallpaperdip.com

Pulau Vaadhoo di Kepulauan Maladewa ini memang telah banyak dibicarakan karena keeksotisannya. Pantai yang dasarnya sudah indah akan bertambah indah di waktu malam karena pendaran sinar fitoplankton di airnya. Nah, asal kamu tahu ya, fitoplankton dengan bioluminesens ini hanya bisa kamu temukan di Pulau Vaadhoo di Maladewa ini!

Nah itu dia 9 tempat yang jauh lebih indah saat malam hari datang. Dari 9 tempat tersebut, tempat mana nih yang mencuri hatimu nih? Atau kamu punya tempat keren dan menakjubkan di saat malam menjelang boleh banget ditambahi di dalam kolom komentar lho. Yuk kita sharing yuk!