Kalau bicara soal destinasi indah di Indonesia, siapa sih yang bisa menyangkal pesona pulau dewata. Bahkan indahnya Bali sudah diakui oleh wisatawan seluruh dunia. Tengok saja Bandara Ngurah Rai sana. Keramaiannya nggak cuma dari orang-orang Indonesia, tapi diramaikan oleh wisatawan dari berbagai pelosok dunia.

Pesonanya nggak cuma dari pantai dan wisatanya, pun demikian dengan pesona fauna yang menghiasi pulau dewata!

Nah, ngomongin soal makhluk hidup di Pulau Bali, baru-baru ini ada ‘alien’ yang di temukan di sana! Coba deh tengok beritanya…

Sosial media gempar saat video “Nudibranch Melibe” diunggah di Youtube…

Tuh makhluknya… via www.mirror.co.uk

Sebuah video diunggah di Youtube pada 7 November 2016 silam. Seorang penyelam profesional mengunggah video tentang sebuah makhluk aneh yang dia temui di Bali.

Advertisement

Video berjudul “Nudibranch Melibe” tersebut memperlihatkan sebuah makhluk berkepala jeli yang transparan yang menggeliat di dasar laut Bali. Saking anehnya, video tersebut sampai-sampai jadi viral di media Internasional. Sebut saja Metro dan Dailymail yang juga turut memberitakannya. Kita-kira makhluk apa ini, ya…

Berbentuk aneh, netizen tak tahu menahu soal makhluk tersebut. Bahkan banyak yang menyebutnya alien!

Mirip alien nggak sih? via www.dailymail.co.uk

Kalau bicara soal bentuk, kata pertama yang terlintas di kepalamu pasti ‘aneh’. Bentuknya ‘nggak jelas’ dengan warna kepalanya yang transparan layaknya ubur-ubur membuat netizen bertanya-tanya soal makhluk apa ini sebenarnya.

Lihat saja bagaimana bentuknya! Banyak netizen yang bahkan bilang bahwa makhluk ini adalah alien!

Wajar memang jika banyak orang yang mengira makhluk ini seperti alien. Bentuk kepalanya yang menyeramkan dengan badan yang seperti memiliki tentakel tersebut, jelas saja membuat orang-orang ‘ngeri’ melihatnya. Sebutan alien pun juga bukan sebutan asal-asalan.

Memiliki jari dan lengan layaknya tentakel serta gigi yang tajam, makhluk ini memangsa makhluk laut kecil lainnya!

Karnivora, nih! via pickle.nine.com.au

Seperti disebutkan tadi, bentuk tubuhnya yang seperti koral dan memiliki lengan serta kaki yang mirip dengan tentakel, siapa sih yang nggak ngeri melihatnya. Pun demikian dengan kepalanya. Jika dilihat sekilas, mungkin kamu akan mengira bahwa kepalanya lembut seperti ubur-ubur. Namun, makhluk juga memiliki gigi-gigi yang tajam, loh.

Yah, apa lagi fungsi dari tentakel dan gigi yang tajam kalau bukan untuk memangsa makhluk lain. Singkat kata, makhluk ini adalah karnivora yang berbahaya! Makin memantapkan dugaan bahwa dia adalah alien yang jatuh dari luar angkasa…

Menurut Sea Slug Forum, makhluk ini termasuk jenis siput laut berjenis “Melibe viridis”. Jadi bukan alien, ya…

Jadi bukan alien, ya… via www.seaslugforum.net

Di tengah rasa penasaran dari orang-orang yang mengira makhluk ini sebagai alien, ternyata ada loh penjelasan ilmiahnya. Menurut Sea Slug Forum, makhluk ini termasuk dalam jenis siput laut (Iya, siput…).

“Oh, ternyata bukan alien toh… Hehehe”

Bernama ilmiah Melibe Viridis, ia adalah jenis siput laut yang memangsa makhluk laut yang berukuran lebih kecil darinya. Ia punya metode khusus dalam memangsa. Membiarkan mulutnya yang memiliki “oral veil” — sejenis jaring untuk menangkap mangsa — terbuka dan kemudian menutup dengan sekejap saat mangsanya sudah dalam genggaman. Serem kan..

Nah buat kalian yang penasaran, nih tonton sendiri videonya…

Serem kan bentuknya. Coba deh bayangin kalau ukurannya bisa segede hiu, ngerti nggak tuh kamu renang ditemani dengan makhluk seperti itu. Tapi untungnya Melibe Viridis ini cuma bisa tumbuh sampai 12 cm. Jadi tenang, nggak mungkin buat memangsa orang… Hehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya