Bagi kalian yang hobi mendaki gunung, tentu ada hasrat tersendiri untuk bisa menginjakkan kaki di puncak tertinggi Himalaya. Puncak Everest yang memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut ini merupakan puncak tertinggi di dunia. Sebuah tantangan tersendiri bagi pendaki manapun untuk bisa mengalahkannya.

Everest memiliki jalur pendakian yang bisa dibilang salah satu yang paling ekstrem di dunia. Trekking yang sulit hingga dingin yang menusuk tulang sepanjang jalur pendakian Everest sudah banyak memakan korban. Namun, tetap saja iming-iming berdiri di puncak tertinggi bumi tak bisa ditolak oleh para pendaki.

Perkenalkan, namanya adalah Alyssa Azar. Sosok pendaki perempuan yang masih berusia 19 tahun itu dinobatkan sebagai pendaki wanita termuda yang pernah menginjakkan kaki di puncak Himalaya! Cewek berusia 19 tahun ini aja udah mencapai puncak tertinggi dunia lho. Di usia ini, kamu udah ngapain aja? :p

Kecintaannya mendaki sudah ada sejak ia masih kecil. Ayahnya mengajarkan Alyssa soal kecintaan terhadap pendakian

Dia sudah cinta pendakian sejak usia muda~ via www.abc.net.au

Sang ayah, Glenn Azar, adalah sosok yang juga sangat mencintai pendakian. Sejak usia 5 tahun, Alyssa sudah diajak untuk melakukan trekking berdua dengan ayahnya. Mereka berdua melakukan trekking di bukit dekat kota kelahirannya, Toowaambo. Sejak saat itulah kecintaan Alyssa terhadap pendakian muncul. Bagi Alyssa, sang ayah adalah inspirasi terbesar atas kecintaannya pada dunia pendakian.

Sejak dini Alyssa sudah fokus menekuni dunia pendakian. Terbukti dari banyaknya prestasi yang ia raih, meski usianya masih belia

Advertisement

Berlatih agar menjadi orang yang lebih baik! via coffeekick.com

Setelah trekking pertamanya pada usia 5 tahun tersebut, muncul keinginan dalam dirinya untuk menaklukkan gunung-gunung. Wajar lah ya untuk anak kecil. Impiannya memang tinggi dan nggak tanggung-tanggung. Namun bedanya Alyssa dan anak kecil lainnya terletak pada kesungguhan niatnya. Jika anak lain hanya menaruh impian sebagai sebuah angan, Alyssa menempatkan impiannya menaklukkan gunung-gunung sebagai sebuah target yang harus dipenuhi!

“Kamu harus terus berjuang menjadi orang yang lebih baik untuk mencapai impian gila seperti ini”
– Alyssa

Hasilnya, pada usianya yang ke 8 tahun ia menjadi pendaki termuda yang mampu menyelesaikan Kokoda Track di Papua Nugini. Ia juga sempat menginjakkan kaki di base camp Everest pada usianya yang ke 10. Pada usianya yang ke 12 tahun ia sudah menaklukkan 10 puncak tertinggi Australia. Gunung Kilimanjaro pun sudah takluk olehnya pada usia yang ke 14 tahun. Keren nggak tuh?

Puncak cita-citanya tentu saja Everest! Meski pernah 2 kali gagal mencapai puncak, ia tetap tak menyerah untuk menginjakkan kaki di sana

Cita-cita yang sempat tertunda. Namun akhirnya terwujud juga via www.abc.net.au

“Impianku adalah ingin menjadi pendaki termuda yang pernah menginjakkan kaki di puncak tertinggi dunia!”
– Alyssa

Meski sudah menaklukkan banyak gunung, ia tetap tak puas sebelum menginjakkan kaki di puncak Everest. Alyssa pernah dua kali gagal saat ia hendak mendaki Everest. Yang pertama pada tahun 2014. Ia digagalkan oleh gempa. Kemudian pada tahun 2015, mimpinya untuk menginjakkan kaki di puncak tertinggi dunia itu kembali tertunda oleh longsoran salju.

Dua kali ia telah gagal. Namun tekatnya yang kuat dan cita-cita untuk menjadi pendaki termuda yang menginjakkan kaki di Everest membuatnya ingin mencoba lagi. Hasilnya, pendakiannya yang ke tiga di puncak tertinggi bumi ini berakhir dengan bahagia. Alyssa berhasil mencapai puncak dan meluapkan kebahagiaannya di sana.

Selepas Everest, ia masih punya tujuan lain. Mendaki seven summit tertinggi di dunia adalah targetnya sekarang

Bagi Alyssa, menginjakkan kaki di puncak tertinggi dunia bukanlah akhir impiannya. Selepas dari Everest, ia punya target baru untuk menaklukkan Seven Summit!

“Jika kamu punya mimpi atau tujuan, kamu harus mau bekerja keras dan berani mengambil resiko. Tak perlu khawatir perkara kamu bakal berhasil atau sukses. Cukup lakukan saja sebaik mungkin untuk mencapai tujuanmu!”
– Alyssa

Meski terkesan sulit, namun dengan tekad seperti itu, ia pasti tak akan menyerah untuk bisa menaklukkan 7 puncak tertinggi di dunia. Nah, gimana? Masa menyerah sama cita-citamu? Tetap semangat ya meraih puncak impianmu.