Buat kamu yang mau menginap di hotel pasti sudah berekspektasi bahwa hotel haruslah bersih dan nyaman. Entah kamar mandinya, kasurnya atau juga lantainya. Bersih dari debu, sisa makanan dan juga nggak ada binatang seperti kecoa atau cicak. Kalian sepakat ‘kan dengan hal ini?

Namanya juga menginap di hotel, semuanya sudah disiapkan oleh pihak hotel. Nggak perlu kamu repot-repot bersihin dan beresin kamar. Tunggu dulu, kamu yakin pihak hotel bersihin kamar yang akan kamu gunakan selama 2 atau 3 hari itu. Yakin kalau sprei ranjang maupun bantal sudah diganti? Sebaiknya kamu nggak usah terlalu yakin.

Inside Edition melalukan investigasi terhadap beberapa hotel untuk melihat apakah pihak hotel mengganti spreinya secara rutin atau tidak. Dan hasilnya mengejutkan!

Inside Edition memesan satu kamar di sebuah hotel, kemudian menandainya. Esoknya, mereka pesan kamar yang sama dengan nama yang berbeda, ternyata tandanya itu masih ada!

sprei tidak diganti via keepo.me

Tim investigasi memasuki satu hotel di Amerika dan memesan satu kamar. Mereka memasang tanda bertuliskan I SLEPT HERE di atas sprei dan memberinya cat Flourescent yang tidak berbahaya. Tulisan ini nggak terlihat kecuali dengan sinar UV. Esoknya, mereka memesan kamar yang sama dengan nama pemesan yang berbeda. Secara mengejutkan, tulisan I SLEPT HERE masih ada. Hal ini berarti sprei tidak diganti meskipun tamunya sudah berganti. Logikanya kalau sprei dicuci ataupun diganti, tulisan I SLEPT HERE akan hilang. Wah, kok mengerikan sekali ya?

Inside Edition mencoba eksperimen yang sama ke beberapa hotel dan hasilnya, SAMA!

Advertisement

hotel lain pun sama via www.insideedition.com

Misalkan kejadian itu cuma terjadi di hotel backpacker yang menawarkan harga murah, barangkali bisa sedikit dipahami walau tetap tak bisa dibiarkan. Tapi kalau hotel berbintang, apalagi hotel bintang 5, wah ini harus dipertanyakan. Di investigasi ini bahkan ada hotel berkelas Diamond. Mengapa manajemen hotel melakukan pembiaran terhadap perilaku housekeeper yang bertugas membersihkan kamar. Inside Edition melakukan hal yang sama ke beberapa hotel berbintang, dan hasilnya sama. Sprei tidak diganti setiap hari.

Kalau kamu nggak percaya bisa cek videonya di sini!

Bagaimana cara mengetahui bahwa sprei di kamar hotel yang akan kita tempati tidak diganti? Sayangnya tidak ada cara khusus untuk mengetahuinya

bertanya kepada manager hotel via elitedaily.com

Memang sulit sih untuk mendeteksi sprei sudah diganti atau belum. Barangkali untuk mengecek sprei kotor bisa terlihat dari noda atau debu yang tertinggal. Tapi kalau sprei belum diganti cukup sulit sih. Salah satu caranya sebagai pencegahan, mintalah sprei baru setiap check in di hotel. Atau kamu bisa membawa alas atau sprei dari rumah. Hal ini bisa jadi tindakan preventif demi kenyamanan kamu dan pasangan. Kalau punya sih~

Apa dampak buruk dari sprei yang tidak diganti, dan kenapa hal ini bisa terjadi bahkan di hotel berbintang sekalipun?

kulitnya jadi begini sehabis menginap di bahama via elitedaily.com

Sprei adalah tempat berkumpulnya bakteri, jamur, bulu binatang, dan juga keringat manusia. Jelas hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu. Apalagi kalau yang menginap di sana sebelumnya punya penyakit kulit. Maka apabila kamu merasa gatal-gatal maka bisa jadi sprei di kamarmu belum diganti. Pernah ada seorang tamu resort di Bahamas terkena kutu yang berada di kasur, hingga kulitnya jadi gatal dan merah-merah seperti di gambar.

Hal ini sebenarnya sangat diketahui oleh manajemen hotel. Untuk efisiensi tenaga kerja dan laundry, mereka tak mengganti sprei yang masih terlihat bersih. Untuk hotel dengan ratusan kamar, sangat terbatas waktunya buat mengganti seluruh sprei di kamar sehingga sprei yang masih terlihat bersih tidak diganti. Selain itu, jika tiap hari mengganti, otomatis biaya untuk laundry pun membengkak. Hal ini bisa jadi tujuannya untuk efisiensi, namun jelas-jelas membuat tamu tidak nyaman dan beresiko tertular penyakit.

Tenang saja, tak semua hotel melakukan ini. Hanya sebagian saja kok yang nakal seperti ini. Jika kamu mau menginap di hotel, cek dulu kebersihan kamar termasuk spreinya ya. Jangan takut menginap di hotel. Semoga semua hotel memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pengunjung ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya