Pesona alam Banyuwangi memang menyimpan banyak cerita. Mulai dari keindahan yang ditawarkan hingga pesona misteri yang hingga sekarang belum terpecahkan. Keduanya bisa kamu temukan di Alas Purwo! Sebuah Taman Nasional yang indahnya epik namun memiliki berjuta misteri di dalamnya.

Bicara Alas Purwo, pikiranmu pasti akan tertuju pada sebuah hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa. Gimana sih sensasinya masuk Alas Purwo? Tanya saja mereka-mereka yang pernah menginjakkan kaki ke dalamnya. Masih banyak misteri yang belum terpecahkan di hutan yang terkenal paling angker se-Jawa ini…

Jika dilihat sekilas, indahnya Alas Purwo memang tak mungkin dipandang sebelah mata. Faktanya, Alas Purwo memang indah!

Pesonanya memang apik! via masdonie.blogspot.co.id

Terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Alas Purwo memiliki keindahan yang tak terelakkan. Memiliki luas hingga 434 Km , Taman Nasional Alas Purwo menyimpan berjuta pesona alam. Mulai dari floranya yang lebih dari 500 spesies tanaman hingga pesona binatang liar yang hidup bebas di sana.

Begitu kamu masuk ke sana, dijamin matamu bakal terbius oleh keasrian pesonanya!

Namun di balik itu, Alas Purwo selalu jadi tujuan untuk bersemedi. Bahkan, konon katanya Presiden Soekarno juga pernah semedi di sana

Advertisement

Sayangnya, yang nampak di mata tak sepenuhnya bisa dipercaya. Di balik pesona alamnya yang masih liar dan asri, Alas Purwo menyimpan berjuta misteri. Salah satu contohnya adalah fungsi Taman Nasional yang satu ini sebagai tempat bersemedi.

Kalau kamu ke sana pada malam satu Suro, kamu bakal menemui banyak orang-orang yang bersemedi di sana. Sekadar mencari wangsit atau mencari ilmu hitam. Bahkan, konon katanya Presiden pertama kita, Bung Karno, saja pernah terlihat bersemedi di sini.

Katanya, Presiden Soekarno bersemedi menemui penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul, di hutan yang memang terkenal angker ini!

Pun demikian dengan fenomena pesugihan. Menurut warga, banyak orang-orang yang minta pesugihan di sana

Makam Mbah Dowo via merdeka.com

Selaras dengan fenomena semedi yang sering kamu temui di sana, fenomena pesugihan juga bakal sering kamu temui di Alas Purwo sana. Berbondong-bondong manusia datang ke Alas Purwo di malam hari guna meminta pesugihan pada para penunggu hutan.

Di Alas Purwo terdapat 40 goa dan sebuah makam sepanjang 7 meter. Menurut warga, Goa Istana adalah yang paling sering dikunjungi. Digunakan untuk bersemedi hingga meminta pesugihan dari para penunggu Alas Purwo.

Pun demikian dengan makam sepanjang 7 meter tersebut. Disebut sebagai makam Mbah Dowo, isi dari makam tersebut bukanlah jenazah manusia. Melainkan sebuah Tombak Pusaka milik Empu Barada. Dianggap sakti dan memiliki ilmu tinggi, makam ini juga sering digunakan semedi dan memohon pesugihan!

Alas Purwo juga dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para jin seantero pulau Jawa. Pantesan suasanya bikin bulu kuduk merinding…

Jadi tempat berkumpulnya dedemit se-pulau Jawa via www.asliindonesia.net

Dari fenomena semedi dan pesugihan yang sering ditemui di sana, kamu pasti sadar bahwa Alas Purwo bukan hutan biasa. Sejak pertama kali kamu menginjakkan kakimu di dalam Alas Purwo, selain terpesona oleh indahnya, kamu juga pasti merasakan kengerian yang datangnya entah dari mana.

Kalau menurut penuturan dari warga sekitar — dikuatkan juga oleh pengakuan mereka-mereka yang sering mengunjungi Alas Purwo — Taman Nasional yang satu ini ternyata adalah tempat berkumpulnya jin dan makhluk halus seantero pulau Jawa.

Bahkan, banyak ‘orang pintar’ mengakui bahwa Alas Purwo itu berbahaya. Jika sampai salah tingkah dan menyinggung penghuni Alas Purwo, bisa-bisa kamu disesatkan hingga tak bisa kembali lagi!

Tak heran jika di sana sering ditemui penampakan. Mulai dari Genderuwo, Kuntilanak hingga Jin yang menungguinya

Penampakan genderuwo di Alas Purwo via adityaivann.wordpress.com

Tanya saja pada mereka yang pernah memasuki Taman Nasional yang satu ini. Mereka pasti mengiyakan pendapat soal kengerian yang ditimbulkan oleh Alas Purwo ini.

Di dalam Alas Purwo, sering terlihat penampakan dari penunggunya. Karena memang sebagai tempat berkumpulnya dedemit seantero Jawa, tentu banyak jenis makhluk halus yang bisa kamu temui di sana.

Mulai dari Genderuwo, Kuntilanak, Jin hingga Pocong kerap muncul di Taman Nasional terangker se-Jawa ini!

Konon, dahulu banyak orang yang hilang setelah masuk Alas Purwo. Hingga kini tak ada yang tahu apa yang terjadi dengan mereka…

Banyak yang tak bisa keluar dari hutan yang satu ini via catatanperjalanan-outdoor.blogspot.co.id

Kalau kamu mendengar cerita-cerita dari warga Banyuwangi, kamu pasti tahu betul soal cerita mereka yang masuk ke Alas Purwo dan tak keluar lagi.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, banyak orang-orang yang memasuki Alas Purwo dan tak keluar lagi. Banyak teori yang menjelaskan hal tersebut. Ada yang bilang mereka menyinggung para penunggu hutan. Mereka kemudian ditindak oleh makhluk halus yang menunggu Alas Purwo. Ada juga teori yang mengatakan bahwa mereka menikah dengan penunggu Alas Purwo. Diajak pergi meninggalkan alam manusia dan hidup di alam gaib.

Mana yang benar? Belum ada yang bisa membuktikan. Toh jasad mereka hingga sekarang tak bisa ditemukan…

Nah, hati-hati ya kalau kalian main ke Alas Purwo. Jaga baik-baik tingkah kalian di sana…