Surabaya memang kota metropolitan. Kota terbesar kedua di Indonesia. Pembangunannya memang sedang gencar dilakukan. Mulai dari apartemen, hotel, tempat wisata, dan gedung perbelanjaan. Tapi, dibalik keramaian dan gemerlap Kota Pahlawan ini, masih ada beberapa spot angkernya lho. Dan yang paling melegenda ialah, apalagi kalau bukan Rumah Hantu Darmo. Sudah pernah kesana belum? Ketemu (si)apa aja?

Rumah Hantu Darmo, sebuah urband legend paling tersohor di Surabaya. Kalau kamu tinggal di Surabaya dan nggak tahu soal yang satu ini, kamu nggak sah jadi anak Surabaya

dari luar sih begini, berani masuk? via manusialembah.blogspot.com

Rumah Hantu Darmo atau lebih akrab disebut RHD ini terletak di Jalan Puncak Permai II nomor 26, Sukomanunggal, Surabaya. Berada di sebuah komplek perumahan elit, wilayah Darmo. Jadi sudah tahu kan kenapa dikenal dengan Rumah Hantu Darmo? Lha, ‘hantu’nya dari mana? Karena yang tinggal disini adalah hantu. Hehe. Bentar, pelan-pelan aja…

Rumah ini dikenal berhantu lantaran sudah ditinggalkan penghuninya lebih dari 15 tahun. Jangan heran kalau bangunan ini jadi peringkat nomor 1 tempat angker di Surabaya

destinasi paling ngeri di Surabaya nih via www.islam-institute.com

Kabarnya, keluarga penghuni rumah dulunya dibunuh oleh jin. Sebab, mereka memiliki perjanjian dengan para makhluk halus itu yang biasa disebut pesugihan. Konon, keluarga ini akan diberikan kesuksesan dan kekayaan berlimpah jika bersedia memberikan tumbal setiap malam Jumat. Nah, tumbalnya ini harus manusia, jadi nggak bisa diganti dengan hewan.

Advertisement

Suatu ketika, keluarga ini ingin menghentikan pesugihan dan tidak memberikan tumbal lagi. Mereka lantas pergi menggunakan kapal laut pribadi (harusnya sih lewat Tanjung Perak ya), dan naasnya, di tengah perjalanan kapal ini tenggelam. Ya, sebenernya nggak ada yang tahu, kapal tadi tenggelam karena campur tangan makhluk halus atau murni kecelakaan. Tapi yang jelas sampai sekarang bangkai kapal itu belum ditemukan.

Belum kelar sampai disitu. Saat keluarga itu pergi, ternyata di rumah masih ada pembantu dan seorang baby sitter. Nah lho, nasib keduanya gimana?

pasti yang punya orang kaya banget via machalulardianto.files.wordpress.com

Kabar yang beredar sih keduanya masih di usia sekitar 25 tahun-an gitu. Setelah ditinggalkan keluarga majikannya, pembantu dan baby sitter itu pun tewas dibunuh. Dan sampai sekarang, pembunuhnya nggak juga ditemukan. Sejak saat itulah, rumah besar nan megah ini kosong. Hingga akhirnya tahun 1997, rumah ini terbakar, dan tak ada seorangpun yang tahu apa penyebabnya.

Tak hanya karena kejadian itu saja untuk kemudian rumah keren itu disebut Rumah Hantu. Pasalnya, banyak kejadian aneh yang dialami warga sekitar

penampakan kaya gini misalnya via media.ihram.asia

Pernah ada seorang warga sekitar yang berkisah. Ketika dia masih duduk di bangku kelas 2 SMP, saat masih bekerja sebagai loper koran dan hendak mengirim koran tersebut ke pelanggan di kawasan Darmo Harapan. Kala itu, waktu mendekati subuh, dia mengaku melihat penampakan seorang wanita mengenakan pakaian berwarna putih dan menunduk berjalan di persimpangan jalan Puncak Permai-Darmo Harapan, depan rumah hantu.

Ada lagi, kali ini pengalaman warga daerah lain di Surabaya. Dia mengaku datang saat malam bersama saudara yang memiliki indra keenam. Katanya, dia melihat ada sosok bertubuh besar dan ada harimau, di bagian utara dalam rumah tersebut.

Terlepas benar atau tidaknya rumor itu, masyarakat sekitar benar-benar memperbincangkannya, pasca kejadian tahun 1997 itu. Mulai dari adanya suara tangis tengah malam, sampai penampakan yang menjelma jadi seorang wanita cantik yang menggoda pengguna jalan.

Kesurupan disini tak lagi dipandang sebagai hal aneh. Ajang uji nyali malah jadi tantangan tersendiri bagi anak muda masa kini

waduh ni bocah berani lho via images.detik.com

Ada lagi nih kisah mahasiswa kepo, pengen tahu ada penampakan apa disana. Datenglah dia bareng beberapa temennya, salah satunya katanya bisa melihat makhluk halus. Baru nyampe tempat tujuan, temen yang katanya bisa “lihat” itu malah merengek meminta pulang. Di dalam mobil pun, si B terus-terusan diam. Setelah turun, baru deh dia ngomong. Katanya, selama tiba disana dan saat di mobil, ada seorang hantu yang mengikuti mereka. Terus balikinnya gimana tuh? Hiiii…

Selain jadi ajang saling tantang-menantang dan uji nyali di kalangan anak muda masa kini, rumah hantu mistis ini juga jadi tempat pacaran muda-mudi. Apa nggak ngeri?

Sampai detik ini, baik satpam komplek ataupun masyarakat setempat belum benar-benar mengetahui persis siapa pemilik dan pewaris RHD ini. Bagus sebenernya, mahal mestinya harganya

megahnya jelas tak terbantahkan via chaniezious.files.wordpress.com

Karena kayanya rumah ini bener-bener nggak ada pewarisnya (udah pada mati semua kali ya), jangan heran kalau bangunannya pun sudah mulai hancur dan berlumut. Padahal, siapapun pasti sepakat kalau rumah ini begitu megah. Jangan tercengang juga kalau pas kamu disana ada banyak orang, kebanyakan wisatawan lokal. Tempat ini memang luar biasa terkenal. Jadi destinasi “wisata” horor secara nggak sengaja gitu sih ceritanya.

Entah bener atau salah, namanya juga urband legend, legenda cuy. Siang hari deh cobain kesana, bisa jadi spot foto menarik lho!

anak-anak sekarang emang luar biasa. kalau fotonya pas malem kelihatan apa ya? via facebook.com

Sekarang nggak usah memperdebatkan bener atau salahnya legenda ini. Pertanyaannya cuma satu, kamu sudah kesana belum? Jangan ngaku AGS (Anak Gaul Surabaya) kalau belum kesana. Saat siang hari, rumah ini tak jarang berubah jadi spot foto yang menarik bagi kebanyakan fotografer. Kondisi bangunan yang sudah tak utuh, bekas kebakaran yang mirip lumut kerak mewarnai setiap dinding tua maupun tiang-tiang penyokong rumah, halaman maupun ruangan yang ditumbuhi semak liar dan tumbuhan merambat, seakan menciptakan kesan epic tersendiri bagi para pemburu foto itu.

Terlepas dari apapun, keberadaan RHD ini telah berhasil menjadi buah bibir paling terkenal bagi siapapun yang pernah singgah di Surabaya. Cobalah kemari dan rasakan atmosfernya. Kalau beruntung mungkin kamu akan bertemu salah satu “penghuni”nya. Berani nggak? Nggak nyaranin juga sih, menginformasikan aja. Hehee. Selamat menuju Rumah Hantu Darmo!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!