Disadari atau enggak, kita sudah hampir sampai di penghujung tahun. November hampir berakhir, tinggal Desember yang harus dilalui menuju tahun baru di 2017 nanti. Ada juga sebagian orang yang baru sadar, belum memanfaatkan cuti semaksimal mungkin di 2016 ini, atau bahkan ada yang belum mengambil cuti sama sekali. Ingin rasanya merayakan pergantian tahun, namun karena masuk peak season atau musim liburan, harga tiket pesawat dan hotel pun makin meninggi.

Udah, nggak usah galau, jadi orang yang visioner aja, kita lihat kemungkinan di tahun depan yuk. Kira-kira ada banyak tanggal merah nggak ya? Eh ternyata ada 15 tanggal merah lho! Nah, ternyata dari total 15 tanggal merah yang ada di 2017 nantinya, ada 11 tanggal yang bisa kamu manfaatkan untuk long weekend. Di luar Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru lho ya.. Siap-siap bikin itinerary liburanmu juga. Urus cuti juga segera!

1. Long weekend pertama, kamu bisa memanfaatkan tanggal merah di hari Selasa 28 Maret, saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939. Silahkan kemana aja, asal nggak ke Bali

anak kos pasti nggak punya kalender nih via travelmore.co.id

Karena tanggal merahnya ada di hari Selasa, kamu bisa ambil cuti di hari Senin tanggal 27 Maret, lumayan bisa liburan empat hari ‘kan? Kamu bisa berangkat liburan mulai tanggal 24 sepulang kerja atau 25 paginya, lalu pulang di tanggal 29 pagi. Karena empat hari, ke luar negeri bisa jadi awal tahun yang oke sih ya. Nggak usah jauh-jauh, ASEAN aja. Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, bisa jadi destinasi menarik untuk mengawali 2017 kamu. Walau nggak awal-awal banget sih, hehehe. Asal nggak ke Bali aja, ‘kan Nyepi, jadi pasti sepi kaya hatimu.

2. Jumat 14 April saat peringatan wafatnya Isa Al Masih bakal jadi long weekendmu selanjutnya. Dengan tambahan cuti satu hingga dua hari, rasanya oke buat ke luar Jawa, Derawan misalnya~

yang 2016 belum keturutan, 2017 bisa direncanakan ulang via pinterest.com

Advertisement

Tanggal merah di hari Jumat itu rasanya rugi kalau nggak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kamu bisa nambah cuti di hari Kamis atau bahkan Seninnya, jadi totalnya ada empat hari yang bisa kamu manfaatkan untuk liburan. Derawan bisa jadi destinasi yang layak kamu perhitungkan. Berlibur 4 hari 3 malam, sudah cukup untuk membuat suasana hatimu tak lagi muram. Bermain dengan penyu dan berenang di air laut yang jernih, akan terasa sangat menyenangkan. Karena ini masih April, kamu nabung dulu ya baik-baik, siapin anggaran. Seperti destinasi kepulauan indah lain di Indonesia bagian tengah dan timur, biaya paling besar menuju Derawan terletak pada biaya transportasinya. Jadi, jangan foya-foya dulu hidupmu ya.

3. Senin, 24 April juga ada tanggal merah perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Hanya sepuluh hari berselang dari long weekend sebelumnya. Mendaki gunung cukup menarik nampaknya, ya..

disimpen nih gambarnya, jangan lupa via assets.rappler.com

Begitu masuk bulan April, pasti males banget deh bawaannya, banyak tanggal merahnya euy. Long weekend kedua di bulan April ini bakal jatuh di hari Senin. Nggak ngambil cuti juga nggak ada masalah sih, tiga hari ini bisa kamu manfaatkan untuk memuaskan hasrat bercumbu dengan alam yang sudah lama tak tersalurkan. Main ke gunung yang nggak tinggi-tinggi banget seperti Gunung Prau di Dieng, Wonosobo misalnya. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk quality time bersama kawan lama. Gunung ini cukup jadi favorit lantaran waktu tempuh pendakian yang nggak terlalu lama dan sangat cocok untuk pemula. Satu lagi, sunrise-nya indah luar biasa.

4. Untuk kamu yang ngaku buruh, Senin 1 Mei yang diperingati sebagai Hari Buruh Internasional patut pula kamu rayakan. Mei biasanya cuacanya cerah, disarankan nambah cuti sih, hehehe…

kalau jalan-jalan ke sini menurutmu menarik nggak? via virginmojito.files.wordpress.com

Selain Juni dan Juli, Mei seringkali disebut sebagai bulan terbaik untuk traveling, lantaran cuacanya sering cerah dan belum memasuki periode puncak liburan. Tanggal 1 Mei ini menarik untuk kamu yang ingin berlibur jauh, ke Toraja misalnya. Dijamin, destinasi yang satu ini bisa bikin kamu cinta Indonesia. Tana Toraja terletak di Sulawesi Selatan, banyak traveler sepakat kalau destinasi ini wajib dikunjungi karena ke-eksotisannya. Lokasinya memang lumayan jauh dari ibukota provinsi, jadinya traveling ke Toraja selain butuh banyak biaya, butuh banyak waktu juga. Nambah cuti gih, di hari Jumat atau Selasa. Jangan lupa ke Buntu Pune, Ke’te Kesu’, Londa, Tilangan, Lemo, dan Kambira ya..

5. Kamis, 11 Mei pas Hari Raya Waisak 2561 juga bakal bisa jadi long weekend, kalau kamu ambil cuti di hari Jumatnya. Mau ke Borobudur? Boleh, asal kamu jangan lupa jaga kelakuan

Kalau tahun ini atau tahun-tahun sebelumnya kamu ingin turut serta dalam kemeriahan perayaan Waisak dan ternyata belum kesampaian, yaudah rencanakan lagi tahun depan. Perayaan Waisak ini memang terbuka untuk umum, kamu boleh ke sana, tapi niatnya yang bener. Waisak tak hanya tentang pelepasan lampion aja. Jadi, alangkah baiknya, kalau kamu datang tapi tak berbekal gadget. Berdirilah dengan takjub menyaksikan prosesi beribadah yang teramat syahdu. Kalau perlu nggak usah ikut melepaskan lampion. Nikmati perpaduan ajaib udara dingin, kabut, Borobudur, bulan purnama, dan ratusan lampion yang membentuk galaksi baru di langit. Kadang nggak semua hal wajib kamu dokumentasikan, ‘kan?

6. Masih di Bulan Mei, tanggal 25 ketika Kenaikan Isa Al Masih bisa kamu tambah cuti satu hari di Jumat, 26 Meinya. Ke Maldives-nya Indonesia, boleh juga~

destinasi impian sih ini via marischkaprudence.blogspot.com

Mei memang istimewa, kamu pilih salah satu aja kali ya long weekend-nya. Kalau kebanyakan, kasihan duitmu juga. Dengan modal cuti satu hari pada Jumat 26 Mei, kamu sudah bisa bertualang agak jauh. Yuk, ke Pulo Cinta aja, Maldives-nya Indonesia. Letaknya di Boalemo, Gorontalo, Sulawesi Utara. Dari Jakarta bisa ditempuh kurang lebih 4 jam perjalanan udara. Nggak jauh-jauh amat ‘kan ya? Percayalah, pemandangan yang menakjubkan setelah perjalanan bisa menghapus rasa lelahmu. Yang paling unik, pasirnya berbentuk hati atau cinta. Instagrammable banget!

7. Kamis, 1 Juni saat Hari Lahirnya Pancasila ternyata juga termasuk hari libur ya. Kayanya sih sudah masuk bulan puasa, traveling religi ke Masjid Terapung nggak ada salahnya lho..

kata siapa pas ramadhan nggak boleh kemana-mana via sulsel.pojoksatu.id

Tambah cuti sehari lagi di hari Jumatnya oke nih. Mumpung suasana ramadhan, semangat beribadah jadi kental-kentalnya juga harusnya. Kamu bisa pergi ke Makassar dan beribadah di masjid terapungnya. Masjid unik yang dibangun di atas Pantai Losari ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal. Saat masuk bulan puasa, akan banyak sekali warga yang berkunjung ke masjid bernama Masjid Terapung Amirul Mukminin ini untuk beribadah dan sekadar menikmati arsitekturnya yang unik tadi. Main ke Surabaya juga boleh, singgahlah di daerah wisata religi Sunan Ampel. Jadi, kemana nih perginya?

8. Hari Raya Kemerdekaan RI jatuh pada hari Kamis, 17 Agustus. Cutilah di tanggal 18 Agustus dan rayakan bersama anak-anak di destinasi impian. Kamu nggak pengen ke Papua?

karena Papua juga Indonesia via www.swatt-online.com

Kalau biasanya kemerdekaan dirayakan dengan menjejakkan kaki di puncak-puncak tertinggi Indonesia, yuk tahun depan kamu coba cara lainnya. Kalau selama ini kamu terus-terusan mengibarkan bendera di seantero Jawa, tidakkah kamu ingin menilik mereka yang ada di bagian paling timur Indonesia? Papua misalnya. Berbicara mengenai Papua, kamu bisa membayangkan keindahan pulaunya, hutan belantara dan gunung-gunung tinggi yang menjadikan Papua masih terasa seperti pulau surga yang terpelihara. Di sini, kamu bisa belajar, kalau Indonesia tak hanya Jakarta, Surabaya, dan metropolitan lainnya. Kalau kamu mengira Papua identik dengan kekerasan dan pedalaman yang tertinggal jauh, kamu bisa membuktikannya. Tambah cuti di Senin bisa kali, lima hari gitu kali ya..

9. Jumat, 1 September dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H, camping di pantai macam Seruni di Gunungkidul menarik juga nampaknya

karena Gunungkidul nggak cuma Indrayanti aja via gunungkidulku.com

Sama seperti Mei, September juga bulan yang pas untuk berlibur karena bukan musim liburan, jadi wisatawan nggak terlalu ramai. Nggak perlu nambah cuti, berangkat camping ke pantai setelah sholat Idul Adha sudah cukup kok. Cari pantai yang dekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Kalau di Jogja, kamu bisa ke Seruni misalnya, emas yang tersembunyi di Gunungkidul, begitu kata mereka. Pantai ini memiliki view yang sangat indah dan dilengkapi dengan desiran ombak pantai yang memberikan kesan romantis bagi setiap pengunjung. Suasananya tenang, lingkungannya juga masih alami. Nggak ada alasan buat nolak kemari.

10. Kamis, 21 September saat Tahun Baru Islam 1439 H, kamu bisa memanfaatkannya dengan berlibur bersama keluarga, ke Lombok bolehlah ya~

jangan sama temen melulu, sesekali liburanlah bersama keluarga via thetanjungpuratimes.com

Sesekali ajaklah anggota keluargamu berlibur bersama. Lombok tak hanya tentang gunung berapi yang bernama Rinjani, secara keseluruhan, destinasi wisata di Lombok ini merupakan favorit para wisatawan. Kamu bisa ke Pantai Kuta, Senggigi, Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan misalnya. Kamu tahu apa enaknya liburan bareng keluarga? Kamu nggak perlu keluar duit banyak, hehe. Silahkan bermalam di Central, Pasar Seni Gili Trawangan dan belanja oleh-oleh di Mataram. Menarik bukan?

11. Terakhir, di penghujung tahun ada tanggal merah di hari Jumat, 1 Desember, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kalau jatah cutimu masih banyak, pelesir ke luar negeri aja deh kayanya..

Jepang bisa jadi destinasi menarik di penghujung tahun via facebook.com

Karena ini long weekend terakhir di 2017, silahkan habiskan sisa jatah cuti yang diberikan perusahaan. Kalau cuti dan tabungan masih sama banyaknya, kamu bisa menggunakannya untuk plesir ke luar negeri seperti Jepang misalnya. Jepang memang mahal, namun bisa disiasati. Salah satunya adalah dengan persiapan yang matang dan sebisa mungkin perhitungan yang tepat. Banyak yang bisa kamu lakukan di Jepang, mulai dari menikmati indahnya Gunung Fuji, melihat sakura berguguran, belanja sampai puas di Shibuya, menjajal betapa cepatnya shinkansen, merasakan lezatnya daging Kobe, dan banyak hal seru lainnya. Pikirin dulu mau ngajak siapa.

Jadi, gimana? Mau manfaatin long weekend yang mana aja nih? Siapin yang matang mulai sekarang ya. Selamat merencanakan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya