Destinasi yang hits dan kekinian bisa dikatakan tak ada habisnya. Setelah spot-spot foto sudah mulai menjamur dan terdapat di mana-mana, kini trennya bergeser ke destinasi yang memacu adrenalin. Ya meskipun tetap tujuannya masih foto sih. Tapi setidaknya pilihan opsi tempat wisata kian beragam dan memanjakan para travelers.

Buat kamu yang mau liburan ke Jogja, banyak sekali pilihan destinasi kekinian yang bisa kamu datangi. Mulai dari spot instagrammable di Bantul sampai deretan air terjun di Gunungkidul. Kulonprogo enggan mau kalah dengan kabupaten lainnya. Ada destinasi wisata baru yang jadi andalan Kulon

Ayunan Langit Watu Jaran, berada di Desa Wisata Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Wisata ini relatif masih baru, baru beberapa bulan lalu dibuka untuk umum…

ayunan langit via www.instagram.com

Ayunan Langit Watu Jaran menawarkan sensasi ekstrem yang nggak bikin kamu tegang sekaligus tertantang. Kamu bakal bergelantungan di pinggir tebing setinggi 800 meter dengan bertumpu pada tiang pancang setinggi 10 meter. Wow! Tinggi bener ya. Pemandangan yang bisa kamu saksikan pun teramat istimewa. Bukit dan lembah hijau dengan sensasi angin yang mendebarkan bakal jadi pengalaman tak terlupakan.

Meskipun sekilas mengerikan, kamu nggak usah takut karena ayunan ini sudah sangat safety kok. Jangan takut ya…

ayunan langit kulonprogo via yogyakarta.panduanwisata.id

Advertisement

Kamu nggak udah khawatir bakal terjadi hal yang tidak diinginkan. Standar keamanan di tempat sudah terjamin karena pengunjung dilindungi dengan tali dan juga harness. Sisi adrenalin akan terpacu dan jadi pengalaman yang seru dan menantang. Kalau kamu sudah naik ini, berarti kamu pemberani. Hehehe.

Desa Wisata Purwosari mempunyai keindahan yang memukau. Dengan hadirnya ayunan ini pamor desa ini makin populer

ayunan purwosari kulonprogo via www.travelmatesjogja.com

Meski bukan yang pertama, ayunan langit ini cukup mencuri perhatian para traveler yang akan atau sedang di Jogja. Padahal sebenarnya ayunan itu dibuat hanya sebagai pelengkap desa wisata Purwosari. Namun kini pamornya justru melebihi desa itu sendiri.

Untuk masuk ke ayunan langit Watu Jaran ini dikenalan biaya yang tidak bisa dibilang murah juga. Harga tiket masuk Rp30.000, sudah termasuk biaya tiket ayunan, dan wahana lainnya termasuk caving di Goa Kidang Kencana. Goa yang berada di desa Purwosari juga. Tapi cukup layak lah ya dihargai dengan harga segitu.

Selain ayunan, ternyata ada tulisan-tulisan kekinian yang cocok buat diunggah di Instagram. Baper abis…

ditinggal rabi via www.instagram.com

Ternyata selain ayunan langit, ada beberapa spot foto maupun properti yang mendukung berswafoto di tempat ini. Ada spot foto berbentuk sapu terbang ala Harry Potter. Selain itu juga banyak tulisan-tulisan baper semacam ini. Ya buat jomblo-jomblo yang baru tersakiti cocok banget sih menenangkan diri di sini. Asal jangan lompat dari ayunan ya. Hehehe.

Nah, kalau kamu pengen datang ke sana, kamu butuh waktu kurang lebih satu jam dari Kota Jogja ke arah Kulonprogo. Jarak dari Jogja kurang lebih 30 km, ke arah Goa Kiskendo. Kamu bisa lewat arah Jalan Godean. Sampai di Goa Kiskendo lurus sedikit ke arah barat kemudian ada pertigaan ambil arah kanan arah ke Goa Kidang Kencana. Sesampainya di area Goa Kidang Kencana sudah ada plang penunjuk menuju ke Ayunan Langit.

Selamat berayun ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya