Saat bicara soal kota tujuan wisata, nama Malang pasti akan selalu masuk dalam list kunjunganmu. Ya, Malang adalah salah satu kota yang tak pernah sepi pengunjung. Selain karena memiliki tempat wisata paket lengkap, Malang juga terkenal karena memiliki kuliner yang lezat!

Nah, ngomongin kuliner Malang jelas nggak afdol kalau nggak mampir ke warung Baksonya. Nama Bakso Malang sendiri sudah terkenal di mana-mana. Mumpung kamu di Malang, coba deh mampir ke warung-warung Bakso yang ada di Malang ini. Selain kenyang, kamu juga akan disuguhi rasa yang dijamin bakal bikin kamu kangen Malang~

1. Kamu harus nyobain Bakso President. Bakso paling legendaris di kota Malang!

Jugijagijugijagijug via baksopresident.com

Ya, kamu boleh tanya siapapun yang pernah tinggal dan berkunjung ke Malang, nama Bakso President pasti pernah mereka dengan. Bakso kondang yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1977! Selain karena rasanya yang enak, kamu pun akan disuguhi dengan sensasi makan yang lain dari yang lain! Berlokasi di Jalan Batanghari nomor 5 (Belakang Hotel Savana) dan bersebelahan dengan rel kereta api, kamu akan merasakan sensasi ‘gempa’ saat kereta api melintas. Dimana lagi kamu bisa makan bakso dengan sensasi mendebarkan seperti itu?

Harga: Bervariasi, perporsi ada yang Rp. 10.000 hingga Rp. 26.000

2. Pengen nyobain bakso yang berbeda? Kalau iya, kamu wajib mampir ke Bakso Rambutan Pak Bas yang unik itu

Advertisement

Baksonya unik! via ciepo.com

Unik! Pasti kesan itu yang pertama kali muncul dalam kepalamu saat melihat bakso yang satu ini. Bentuknya nggak cuma bulat seperti bakso biasanya, namun juga memiliki bentuk yang unik seperti rambutan. Ya, bentuknya yang seperti rambutan itu didapat dari paduan antara bakso daging sapi dan irisan kulit pangsit. Untuk urusan rasa, nggak perlu ditanya lagi. Selain enak, gurih irisan kulit pangsitnya bakal membuat sensasi rasa yang beda! Terletak di jalan Danau Sentani Raya H1-B41 Sawojajar, jangan lupa mampir ke sini ya kalau traveling ke Malang!

Harga: Rp. 1000 – Rp. 10.000

3. Buat yang doyan pedes, kamu harus nyicipin Bakso Mercon Cak Kar. Cuma di sini kamu bakal nemu bakso isi cincangan cabe dengan rasa yang ajib!

Tuh cabenya! via nginepmana.com

Memang sih bakso yang satu ini tidak terletak di tengah kota. Terletak di jalan Kartanegara Barat III, Candirenggo, Singosari, tak membuat bakso Cak Kar sepi dari peminat. Jelas saja, semua pecinta kuliner bakso, terutama yang juga pecinta makanan pedas, pasti akan menyempatkan untuk mencicipinya. Di mana lagi kamu nemu bakso dengan isi cincangan cabe di dalamnya? Paduan daging yang enak dan pedasnya cabe khas Bakso Mercon Cak Kar ini jelas bikin kamu ketagihan!

Harga: Rp. 1.500 – Rp. 15.000

4. Bakso Kikil Seruni juga wajib kamu kunjungi saat tengah ke Malang. Potongan kikil dan irisan jeroannya juara

Dinamai bakso kikil karena saat penyajiannya, bakso yang satu ini dihiasi dengan potongan kikil dan irisan jeroang yang rasanya juara. Nggak cuma enak, namun gurih baksonya akan semakin mantap dengan tambahan kikilnya! Terletak di Jl. Soekarno-Hatta No. 76 B, bakso Kikil Seruni jelas bisa dengan mudah kamu cari. Kamu yang lagi di Malang, wajib kemari.

Harga: Mulai dari Rp. 12.000,-an

5. Nah, untuk urusan bakso khas Malang, kamu juga nggak boleh melupakan Bakso Kota Cak Man! Rasanya sudah diakui dimana-mana

Bikin laper~ via twitter.com

Bicara soal bakso Malang, Bakso Kota Cak Man jelas tak boleh dilupakan. 11 outlet-nya jadi bukti valid bahwa bakso yang satu ini memang sudah diakui rasanya oleh masyarakat. Belum lagi outlet-outlet lain yang tersebar di Indonesia, jelas semakin membuktikan bahwa bakso Kota ini adalah pelopor Bakso Malang! Nah, buat kamu yang ingin mencicipi di kedai aslinya kamu bisa datang langsung datang ke ruko depan SMPN 5, Jalan WR. Supratman C1 Kav. 13-14. Yuk nikmati kuliner khas Malang ini.

Harga: Mulai dari Rp. 12.000,-an

6. Adalah sebuah kewajiban untuk mencoba Bakso Bakar Pak Man saat berada di Malang. Jangan sampai kelewatan~

Sial… Jadi pingin… via stasiun-tinta.blogspot.com

Kalau bicara soal bakso bakar, bisa dibilang Bakso Bakar Pak Man adalah pelopor bakso bakar di Malang. Sejak tahun 1997, pak Man setia menyuguhkan bakso bakar yang rasanya sudah terkenal seantero Malang ini. Kamu yang ingin mencicipinya, harus mau mengantri. Rasanya yang mak nyus ini membuat warung Pak Man yang terletak di Jalan Diponegoro 19 A atau depan SMPN 2 Malang ini selalu sesak dan ramai oleh pengunjung! Maklum, pelopor bakso bakar khas Malang sih.

Harga: 1 porsi (isi 10) = Rp. 20.000, 1 porsi (isi 15) = Rp. 30.000

7. Bakso Sumsum Cak Hadi juga jangan sampai terlupakan. Sisipan sumsum sapi ditengah lembutnya bakso bikin rasanya makin mak nyus!

Buat kamu yang ingin merasakan bakso Sumsum yang oke punya, kamu wajib datang ke warung Bakso Sumsum Cak Hadi yang ada di Singosari. Kata orang-orang, baksonya bisa ‘meleleh’ di mulut. Ya, begitu kamu mengigit baksonya, sumsum yang tersembunyi di dalam bakso akan meleleh dan lumer di mulutmu. Ajib nggak tuh? Nah, buat kamu yang ingin mencobanya, silahkan mampir ke warungnya di jalan Kertanegara nomor 117, Singosari. Oh iya, jam bukanya jam 17.00 sore, ya. Namun usahakan datang sebelum jam itu. Kalau tidak, kamu bisa kalah antrian dan malah kehabisan… 🙁

Harga: Per porsi Rp. 16.000

8. Siapa sih yang nggak doyan bakso urat? Kalau kamu pecinta bakso urat, hukumnya wajib mampir ke Bakso Urat Cak Nono

Duh… enak… via amazingmalang.com

Urusan bakso, kita tak boleh melupakan bakso urta. Dan bicara soal bakso urat di Malang, jelas Bakso Urat Cak Nono yang jadi juaranya. Terletak di Jalan Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, kelezaatan bakso urat khas Cak Nono ini terdengar sampai seantero Malang. Jelas saja, disajikan bersama dengan soun dan irisan selada serta gorengan yang kriuk, siapa sih yang nggak tertarik menikmatinya?

Harga: Per porsi Rp. 8000

9. Buat kamu yang non-muslim, ada Bakso Gondhol yang wajib kamu nikmati. Terbuat dari daging babi, rasanya jelas bikin nagih!

Wuuuiiihh… via surabayanews.co.id

Nah, yang satu ini untuk urusan rasa memang jelas beda dengan yang lain. Namun, kamu yang muslim dilarang mencicipi bakso Gondhol ini. Ya, bakso Gondhol ini terbuat dari daging babi. Karena itu kamu yang muslim jangan coba-coba memakannya. Buat kamu yang ‘diperbolehkan’ menikmati daging babi, kamu bisa berkunjung ke kedainya di Jalan S. Priyo Sudarmo No. 35 Blimbing, Malang. Baksonya yang gurih serta kuahnya yang sedap bakal bikin kamu ketagihan!

Harga: Per biji Rp. 3000

Nah, buat kamu yang main ke Malang, jangan sampai nggak mencicipi “Bakso Malang” di atas, ya. 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!