Semua orang butuh liburan, baik yang kaya ataupun tak berpunya. Beberapa tahun belakangan, kita disuguhkan potret liburan mewah dari artis atau tokoh publik yang bikin iri dan geleng-geleng kepala. Ya kalau memang beneran kaya sih nggak masalah ya. Tapi kadang banyak yang bergaya liburan mahal ternyata duitnya nggak ada. Sebut saja, Sispai yang liburan ke luar negeri tapi hasil nipu sana sini, atau kasus terbaru yang selalu dibicarakan orang, First Travel. Dua orang pemilik yang berfoya-foya liburan mewah ke luar negeri tapi duitnya ambil dari duit jemaah umroh.

Miris bukan?

Yakin deh, banyak di antara kita yang sukanya pamer di media sosial. Pamer kalau sedang pergi ke suatu tempat, dan pamer kalau mempunyai barang tertentu. Kebanggaan semu itu yang bikin banyak orang jadi gelap mata. Ingin tampak kaya dan pergi ke mana-mana padahal sebenarnya duit nggak ada.

Marilah kita belajar dari orang-orang yang benar-benar kaya. Bukan cuma terkaya se-provinsi ataupun se-negara, melainkan terkaya di dunia. Bill Gates, mantan orang terkaya sedunia (kini Jeff Bezos) ini punya cara sederhana untuk mengisi waktu liburannya. Ternyata sederhana dan malah sering bergaul dengan orang miskin. Benar ya, nggak usah nunjukin kalau dia kaya, toh sedunia tahu kalau dia kaya.

Yuk intip gaya liburan manusia yang nilai kekayaannya sebesar 1.199 Trilyun ini.

Liburan nggak harus tampak glamour dan mewah. Naik kayak seperti ini sederhana tapi menyenangkan, bukan?

Advertisement

liburan bill gates via www.instagram.com

Sejak kecil, Bill Gates dan istrinya sering mengajak anaknya hiking. Memang perlu dilatih sejak kecil olahraga seperti ini. Potret ini bukti kalau Melinda konsisten mengajari anaknya hiking sejak dahulu

hiking bersama anak via www.instagram.com

Liburan andalan mereka bukan lagi liburan mewah kapal pesiar, resort mewah dan hal-hal glamour lainnya. Mereka lebih suka liburan yang bersifat menjaga kesehatan dan mengenalkan alam. Seperti liburan dengan menaiki kayak seperti ini. Simpel sekali ya

naik kayak via www.instagram.com

Bill Gates bersama istrinya, Melinda Gates dan ketiga anaknya yakni Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates dan Phoebe Adele Gates. Mereka suka berlibur dengan cara yang sederhana namun menyehatkan, seperti hiking. Mantap!

suka hiking via www.instagram.com

Foto Bill dan Melinda ketika merayakan hari pertunangannya di Afrika Timur. Selain liburan, mereka juga mengunjungi masyarakat lokal yang hidup dalam kemiskinan. Jiwa dermawannya sudah ada sejak muda ya. Coba itu Anniesa Hasibuan suruh ke Afrika Timur mau nggak?

liburan ke afrika via www.instagram.com

Di Tanzania mereka berlibur ke pantai. Heran ya, liburan milyarder emang unik dan anti mainstream. Ternyata ada misi sosial di sana

di afrika timur via www.instagram.com

Beberapa tahun kemudian, Bill Gates kembali ke Tanzania untuk melihat perkembangan masyarakat lokal di sana. Dia suka traveling dan berbaur dengan masyarakat lokal. Traveler ya begini nih seharusnya

bersama anak SD di Tanzania via www.instagram.com

Melinda nggak mau ketinggalan dengan suaminya. Ia juga berbaur dengan warga lokal saat mengunjungi India. Memang pasangan luar biasa ya

melinda ke india via www.instagram.com

Begini hobi Melinda Gates saat musim panas. Dia sering hiking bersama temannya. Lain waktu bersama keluarganya

Tak lupa, Melinda juga mengunjungi Jogja. Dia berlibur ke Indonesia sekaligus memilih untuk blusukan ke Yogyakarta untuk mempelajari teknologi pemberantasan wabah demam berdarah yang ditemukan oleh periset dari kampus UGM. Idola sih Melinda Gates!

melinda di jogja via travel.tribunnews.com

Pantas sih Bill Gates bisa kaya, istrinya dermawan dan nggak glamour. Melinda kini aktif di Bill dan Melinda Gates, yayasan sosial paling besar di dunia. Semoga inspirasi Bill dan Melinda bisa kamu tiru ya. Liburan sekedarnya dan nggak usah terlalu mewah. Betul?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya