Kalau bicara soal orang Madura, apa sih yang muncul di pikiranmu selain karapan sapi, sate dan carok? Nggak banyak orang yang tahu soal budaya dan karakter orang-orang Madura. Jika bicara soal orang Madura, yang terlintas di kepala kita paling cuma orang Madura itu emosian dan menjadikan carok sebagai budayanya! Keliatan seram ‘kan ya? Coba deh lihat berapa banyak berita perkara Madura dan caroknya. Seakan ingin menguatkan bahwa identitas Madura dan carok itu sebuah kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Namun, sejatinya orang Madura tak semenyeramkan itu kok. Carok memang bagian dari budaya mereka — harus diakui itu. Hanya saja, kalau bicara soal karakter orang Madura, mereka sebenarnya punya banyak kelebihan kok. Dari orang Madura, kita bisa belajar banyak hal~

Orang Madura itu terkenal ceplas-ceplos. Basa-basi mah buat apa…

Ngomongnya apa adanya via www.bisnismoo.com

Kalau kamu pernah punya teman orang Madura, kamu pasti tahu soal karakter mereka yang satu ini. Sejatinya, orang-orang Madura itu punya pembawaan yang ceplas-ceplos. Mereka nggak ragu mengungkapkan apa yang ada dalam kepala mereka. Karenanya omongan orang Madura sering banget dianggap kurang memperhatikan perasaan oleh orang Jawa. Wajar lah. Orang Jawa memang sering sungkanan kalau bicara dengan orang. Beda watak dengan orang Madura.

Namun kalau kamu tanya orang Madura, sebenarnya mereka nggak punya maksud seperti itu. Bagi mereka, ngomong jujur meski sedikit menyakitkan itu nggak papa. Daripada basa-basi atau bohong, ‘kan malah bikin dosa…

Awalnya mereka mungkin terlihat keras kepala dan kasar, namun lama-kelamaan bakal jadi orang paling perhatian buat kamu

Advertisement

Berbaik hati membantu via www.cewealpukat.com

Saat baru pertama kenal dengan orang Madura, kesan bahwa mereka orang yang angkuh dan keras kepala akan terpampang dengan jelas. Semakin diperkuat lagi dengan intonasi dan cara bicara mereka yang tegas dan sedikit kasar. Namun, kalau mau lebih mengenal mereka, sebenarnya orang Madura itu bisa jadi orang paling perhatian kok. Mereka adalah tipikal orang yang akan menghargai sahabatnya. Makanya, don’t judge a book by its cover, ya.

Mereka cepat beradaptasi di lingkungan baru. Lihat saja lingkunganmu, pasti ada keturunan Madura di sekitar situ

Nggak ragu bergabung saat ada kegiatan rakyat via virtualliveme.wordpress.com

Pernah nggak melihat lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Bisa saja loh ternyata ada orang Madura yang tinggal di sekitarmu tapi kamu nggak tahu. Alasannya sederhana. Orang Madura memiliki karakter cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka nggak akan canggung untuk terlibat dalam kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggalnya. Karena itu dia akan lebih cepat mengenal dan membaur bersama orang-orang sekitarnya.

Pantesan warung Sate Madura ada di mana-mana ya…

Sifatnya yang pantang menyerah membuat mereka sukses di perantauan. Sudah banyak loh contohnya

Barbershop Madura, tapi lokasinya di Makasar via donalterores.wordpress.com

Banyak loh orang Madura yang meraih kesuksesan di perantauan. Selain karena mereka bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, karakter mereka yang gigih dan nggak mudah menyerah jadi penyebabnya. Mereka tak malu mengerjakan apapun untuk bisa bertahan hidup. Yah, asal halal prinsipnya. Coba lihat saja lingkungan sekitarmu, pasti banyak kok mulai dari ‘pangkas rambut Madura’ hingga ‘Sate Madura’ yang menghiasi lingkunganmu.

Hal itu jadi bukti kegigihan mereka. Karenanya banyak orang Madura yang sukses di perantauan sana. Sebut saja Mahfud MD yang pernah jadi ketua Mahkamah Konstitusi dan Jhonny Iskandar sang pelantun ‘Bukan Pengemis Cinta’. Mereka sukses di bidangnya!

Rasa hormat mereka pada orang yang lebih tua nggak perlu disangsikan…

Hormat pada ang lebih tua via fadhilabukamil.blogspot.co.id

Salah satu kelebihan orang Madura adalah sifat mereka yang sangat menghargai orang yang lebih tua. Nggak cuma orangtua kandung loh, tapi semua orang-orang yang dianggap lebih tua dari mereka. Terutama mereka-mereka yang dianggap lebih memiliki ilmu dan lebih bijaksana. Contohnya guru atau pemuka agama di sekitar lingkungannya. Bagi orang-orang Madura, menghargai orang berilmu adalah salah satu cara mendapat berkah.

Urusan agama, orang Madura terkenal agamisnya. Banyak loh kyai yang belajar agama Islam di sana

Orang Madura agamis via www.infomadura.com

Kalau kamu nyari sosok yang agamis, orang Madura jelas masuk kriteriamu. Kalau dilihat dari sejarahnya, Madura merupakan salah satu tempat belajar ilmu agama yang tersohor seantero nusantara. Lihat saja beberapa lulusannya, banyak sosok yang nyantri di Madura dan kemudian mengamalkan ilmunya di daerah asal mereka.

Pun demikian jika dilihat dari tingkah laku orang-orang Madura. Mulai dari sifat keseharian mereka hingga sikap mereka kepada orang lain, semuanya mencerminkan sisi agamis orang Madura.

Orang Madura terkenal sangat menjunjung harga dirinya. Namun punya sifat ksatria dan minta maaf kala mereka memang salah

Harga dirinya tinggi via irsyadhebat.blogspot.co.id

Ini sih sifat orang Madura yang paling terkenal. Mereka sangat menjunjung tinggi harga diri sebagai warga asli Madura. Kalau sampai ada yang menyinggung harga dirinya, orang Madura akan membela harga dirinya mati-matian, walau nyawa yang jadi taruhan. Namun tak ragu untuk meminta maaf jika memang mereka yang salah. Keren, ‘kan? Ya, sesuai dengan prinsip budaya Madura:

“Lebih baik mati daripada menanggung malu”

Nah, gimana? Kamu jadi lebih mengenal orang-orang Madura ‘kan? Jadi jangan cuma tahu perkara carok dan satenya doang, ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya