Liburan memang kegiatan yang begitu menyenangkan. Melakukannya sendirian pun, kita tetap akan senang. Kesenangan yang solo traveling tawarkan ini menjadikannya salah satu kegiatan yang harus kita jajal minimal sekali seumur hidup.

Tapi bagaimana kalau kamu cewek? Wajar saja jika rasa waswas untuk traveling sendirian jadi lebih tinggi. Kamu pun harus lebih berhati-hati dalam memilih destinasi, karena tak semua tujuan wisata di dunia adalah tujuan yang “ramah” untuk perempuan. Apalagi untuk perempuan yang berpetualang sendirian.

Kalau kamu cewek yang punya wanderlust alias hasrat kebelet traveling, ada baiknya kamu mengecek daftar destinasi wisata di Indonesia dan dunia yang ramah buat traveler perempuan yang nggak pergi bareng teman-temannya. Destinasi apa aja sih itu? Yuk kita bedah satu persatu!

1. Thailand bukan cuma surga belanja. Masyarakatnya yang ramah bakal membuatmu nyaman dan merasa aman ketika mengunjunginya.

Surga belanja murah yang nyaman dan aman via vmptravelandtours.com

Selain terkenal dengan biaya murah, negara yang terkenal dengan gajahnya ini nyaman untuk kamu para cewek yang sedang melakukan traveling sendirian. Pemerintah Thailand juga tengah menjadikan keamanan turis, baik lokal maupun manca negara menjadi prioritas utama bagi pemerintah setempat. Jadi, jangan takut untuk berkunjung ke negara yang indah ini, selain itu, kamu bisa memborong belanjaan dengan harga terjangkau oleh para kantong traveler.

2. Rendahnya persentase tingkat kejahatan menjadikan Vietnam sebagai destinasi liburan yang wajib kamu kunjungi.

Advertisement

Berlibur sendirian ke Vietnam? siapa takut! via id.wikipedia.org

Berbeda dengan negara lainnya di kawasan Asia Tenggara, Vietnam memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Hal tersebut yang menjadikan negara terpadat no 13 di dunia ini aman untuk kamu para cewek yang ingin melakukan solo traveling. Banyak tempat yang bisa kamu datangi ketika melakukan vakansi ke Vietnam, objek wisata alam berupa pantai dan danau menjadi tempat yang asyik untuk kamu kunjungi. Selain mengunjungi Halong Bay, ketika datang ke negara seribu danau ini, kamu wajib mengunjungi wisata sejarah dari megara yang pernah mengalahkan Amerika pada perang Indocina II yang terjadi antara tahun 1957 dan 1975 ini.

3. Amsterdam. Mau jalan sendirian malam-malam pun, aman!

Tak perlu lagi ragu untuk mengunjungi Amsterdam via thetouristoflife.com

Tidak ada salahnya bagi kamu para cewek yang traveling sendirian untuk mengunjungi bekas negara yang pernah menjajah kita. Hilangkan sejenak sensivitas akibat luka lama penjajahan, mengunjungi Amsterdam bisa menjadi pilihan yang tidak bakal kamu sesali seumur hidup. Penduduknya yang menganut paham liberal, menjadikanmu nyaman untuk mengunjungi situs-situs bersejarah di negri kincir angin ini. Jangan heran jika tengah malam, kamu melihat wanita bersepeda sendirian, karena keamanan orang yang berada di wilayah negara ini telah dijamin oleh pemerintahnya.

4. Sejukkan mata, hati, dan pikiran dengan menikmati kekayaan alam New Zealand dan jangan sekalipun ragu untuk berteman dengan masyarakat sana.

Melirik lokasi syuting The Hobbit di New Zealand via exploringthearth.com

Satu lagi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan ketika solo traveling adalah New Zealand (Selandia Baru). Pulau terpencil di samudra Hindia ini terkenal sebagai lokasi syuting film box office Hollywood, seperti, The Lord of The Ring Trilogy dan The Hobbit. Selain itu, kawasan yang terkenal dengan eco tourismnya ini memiliki banyak destinasi alam yang bisa membuat mata takjub dengan keindahan alamnya. Jangan khawatir karena negara yang termasuk ke dalam persemakmuran Inggris ini aman untuk kamu para traveler cewek. Bersepeda gunung, bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati keindahan Selandia Baru.

5. Singapura, kota metropolitan dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Lagipula, siapa yang bisa menolak berbelanja?

ke singapura bareng teman-teman juga seru via www.wattanatour.com

Siapa yang tidak tahu dengan tempat yang terletak di dekat pulau Batam ini? Banyak warga Indonesia yang berbondong-bondong pergi ke negara kecil yang terkenal dengan patung Merlionnya ini, ketika musim liburan tiba. Destinasi liburan bertema modern dan wisata belanja menjadi pilihan para traveler yang sedang mengunjungi Singapura ini. Tingkat kejahatan yang rendah, menjadi salah satu faktor yang menarik para wanita untuk melakukan solo traveling ke negara ini.

6. Jika kamu ingin pergi menjelajahi negeri kita dulu, salah satu destinasi yang ramah bagimu adalah Ubud — jantung spiritual pulau dewata.

Destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara via havetheworldonastring.wordpress.com

Sekarang kita beranjak ke dalam negeri, tepatnya di Ubud, Bali. Sebagian dari kita tentu pernah berkunjung ke lokasi yang terkenal dengan sawahnya yang hijau ini, Ubud adalah sebuah daerah di Pulau Dewata yang masih kental dengan kehidupan spiritualnya yang masih kental. Tempat di mana kamu bisa merasakan kesegaran udara yang masih alami ini menjadi salah satu destinasi wisata yang nyaman bagi solo traveler wanita, jangan heran jika kamu banyak menemukan turis mancanegara wanita yang bertanya alamat kepada penduduk sekitar. Atmosfer kehidupan tradisional yang dipadu dengan nuansa modern menjadikan tempat yang menjadi lokasi syuting film “Eat, Pray, Love” ini nyaman untukmu melakukan yoga atau bermeditasi.

7. Serambi Mekah juga destinasi nyaman untuk kamu yang perempuan. Selain tidak sulit mencari kendaraan, masyarakatnya ramah dan terbuka pada orang asing.

Aceh, dengan ajaran Islamnya yang kental via anekatempatwisata.com

Kota yang pernah luluh lantak akibat bencana Tsunami pada tahun 2004 ini menjadi salah satu destinasi aman bagi kamu para wanita yang ingin melakukan solo traveling di dalam negri. Tidak sulit untuk mencari transportasi umum di sini, objek wisata mulai dari pantai hingga sejarah menyeramkannya tsunami bisa kamu nikmati di sini. Satu hal yang harus diperhatikan untuk para solo traveler wanita adalah pakaian yang kamu kenakan. Sebaiknya, kamu memakai pakaian yang lebih tertutup untuk menghormati adat istiadat masyarakat sekitar.

8. Kota kecil dengan pemandangan indah nan sejuk, Bukit Tinggi. Destinasi wisata menarik bisa kamu kunjungi hanya dengan berjalan kaki.

Indahnya lanskap bukit tinggi via en.wikipedia.org

Kota yang bisa ditempuh selama 2-3 jam dari pusat kota Padang ini menawarkan keindahan alam yang asri dan menarik untuk kamu kunjungi. Banyak juga kuliner khas yang bisa kamu cicipi di sini, wisata sejarah menjadi salah satu faktor yang membuat kota ini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Jangan khawatir, karena kota ini terkenal dengan keramahannya sehingga membuat solo traveler wanita merasa nyaman dan aman berada di kota yang terkenal dengan jam gadangnya ini. Yang menjadikan kota ini unik adalah, destinasi wisatanya yang berada tidak jauh dari pusat kota, sehingga kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata hanya dengan jalan kaki.

9. Wonosobo, kota kecil dengan udara sejuk di bawah kaki gunung Dieng. Keramahan penduduknya akan membuatmu terlena.

Asyiknya berkunjung ke Wonosobo via krokettahu.wordpress.com

Kota kecil ini sering terlewat oleh para wisatawan, Wonosobo sering dijadikan tempat singgah bagi para traveler yang ingin bertolak menikmati keindahan Dieng. Padahal, banyak objek wisata menjanjikan yang bisa dikunjungi di kota kecil ini. Tempat yang terkenal dengan keramahan masyarakatnya ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi cewek yang sedang traveling sendirian. Alun-alun bisa menjadi destinasi pelepas penat untuk kamu yang ingin traveling sendirian, menikmati sedapnya makanan ringan yang dijajakan di pinggir trotoar atau bersepeda mengelilingi kota bisa menjadi pilihan mengasyikkan yang bisa kamu lakukan

Yup, itulah daftar kota-kota indah dengan destinasi wisata ciamik serta memberikan rasa aman bagi para solo traveler cewek. Sebenarnya, aman atau tidaknya sebuah destinasi wisata itu tergantung dari sudut pandang yang kita gunakan, tidak ada perbedaan antara traveler cowok dan cewek. Tapi, kenyataan di lapangan seringkali menunjukkan fakta yang berbeda, tak jarang traveler cewek sering mendapatkan diskriminasi tertentu sehingga membuat liburan yang seharusnya asyik menjadi jauh dari ekspektasi.

Daripada liburanmu berakhir dengan mood yang rusak, tidak ada salahnya untuk menentukan destinasi liburan yang memiliki faktor keamanan dan keselamatan tinggi. Bagi kamu para cewek yang ingin melakukan solo traveling jangan ragu lagi untuk pergi ke kota-kota yang Hipwee sebutkan di atas.

Artikel ini terinspirasi dari laman: theblondeabroad.com