Siapa sih yang nggak pengen ke Bali, apalagi ke pantainya. Pantai-pantai di Bali memang terkenal bagus-bagus, turis asing pun juga banyak yang rela datang ke sana demi berjemur. Tapi Bali nggak cuma punya pantai, ada banyak tempat indah dan unik lainnya. Kamu bakal rugi banget kalau nggak datang ke tempat-tempat unik di Bali ini. Tempat yang nggak bakal kamu sangka bahkan ada di dunia ini.

Buat kamu yang suka suasana horror bisa kunjungi Taman Festival di Bali. Kerasa banget horornya.

Nggak terawat tapi malah bagus via indonesia.tripcanvas.co

Taman Festival ini dulunya adalah tempat rekreasi yang menyediakan berbagai wahana. Sayangnya, sudah belasan tahun taman ini ditinggalkan begitu saja. Sekarang Taman Festival justru jadi tujuan wisata yang unik, apalagi untuk foto. Katanya di taman ini dulunya ada sebuah kolam yang menjadi kandang buaya, tapi buaya-buaya itu sekarang sudah tidak ada. Tempat ini juga dikenal horror karena bangunannya yang terbengkalai dan tidak terawat.

Kalau kamu suka menyelam, kunjungi saja candi di bawah laut yang sempat bikin heboh ini.

beneran di bawah laut lho via www.lonelyplanet.com

Jangan mikir macam-macam dulu, candi ini bukan milik kerajaan laut apalagi peninggalan atlantis. Candi ini memang sempat bikin heboh karena banyak yang menyangka ini peninggalan arkeologi. Ternyata candi yang disebut Taman Pura ini sebenarnya adalah buatan manusia modern. Patung-patung dan bagian candi lainnya sengaja di tenggelamkan untuk konservasi. Sekarang Taman Pura juga menjadi tempat wisata yang layak banget dikunjungi. Jarang-jarang kan bisa ke candi tapi di bawah laut.

Candi di Desa Tista Karangasem yang penuh misteri bakal bikin kamu tambah penasaran.

Advertisement

Entah candi apa namanya via balipedia.id

Candi Hindu di Bali memang jadi pemandangan yang sudah biasa, tapi beda lagi dengan candi yang ada di Desa Tista. Candi ini menjadi menarik karena terlihat kurang terawat dan ditinggalkan. Candi ini bukan candi utuh karena pembangunannya tidak diselesaikan. Tidak banyak informasi tentang candi ini, bahkan nama aslinya saja tidak ada yang tahu. Kata orang sekitar, tempat ini dijaga oleh para arwah, jadi makin misterius ya.

Pantai Pasih Uug atau Broken Beach di Nusa Penida nggak kalah unik dan indah buat kamu kunjungi.

Cantik ya via trivia.id

Pantai ini punya tebing yang berlubang di bagian tengahnya, makanya disebut sebagai Broken Beach. Tapi lubang itu hanya ada dibagian bawahnya saja, sedangkan bagian atas jadi membentuk jembatan alami yang bisa kamu seberangi. Nggak cuma tebing saja, air lautnya yang sangat jernih juga bisa kamu nikmati. Kadang akan terlihat ikan pari dan penyu yang sedang berenang di laut jika dilihat dari atas. Suasana pantainya jauh dari rumah penduduk membuat pantai ini masih sangat sepi dan alami.

Pernah mengunjungi rumah bawah tanah? Kamu bisa masuk ke Goa Gala-gala buat ngerasain tinggal di bawah tanah.

Ruangan-ruangan di dalam rumah via koritoursandtravel.com

Goa Gala-Gala sebenarnya adalah rumah yang terinspirasi dari cerita Mahabarata, tempat Pandawa bersembunyi ketika akan dibunuh. Sang pembuatnya adalah Mangku Byasa, membutuhkan waktu sebelas tahun baginya yang seorang diri membuat rumah unik ini. Rumah bawah tanah ini benar-benar tersembunyi, hanya ada beberapa lubang yang mengarahkan masuk ke dalam rumah. Tapi seperti rumah pada umumnya, Goa Gala-Gala punya ruangan-ruangan sendiri seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur dan ada ruang meditasi bagi Mangku Byasa. Perabotan yang ada juga dari bebatuan yang dipahat. Rumah seperti ini sangat jarang ada di Indonesia, jadi nggak heran kalau menarik para wisatawan untuk datang.

Bali juga punya Bukit Telebbuies dengan hamparan rumput hijaunya. Siapa tahu kamu nemu Teletubbies di sini.

Dunia teletubbies via wisatabaliutara.com

Disebut Bukit Teletubbies karena bukit-bukit kecil yang terbentang ditutupi oleh rumput hijau segar, persis seperti tempat Teletubbies berada. Rumput di bukit akan menghijau ketika musim hujan, sayangnya kalau musim panas rumputnya akan kering dan menguning. Jadi sebaiknya tunggu musim hujan kalau ingin datang ke sini.

Nggak ada yang bisa mengalahkan keindahan Angle s Billabong, sungai diantara tebing yang bakal bikin kamu betah berenang.

Enaknya berenang di situ via indonesia.tripcanvas.co

Tempat ini adalah muara sungai di Nusa Penida yang diapit oleh tebing. Airnya sangat jernih dan indah ketika dilihat dari atas. Angle s Billabong menjadi istimewa bukan hanya karena pemandangan indahnya, tapi juga bagian bawahnya yang nggak kalah menarik. Air yang bening memperlihatkan dasar yang merupakan batu tapi pada beberapa bagian terdapat lubang yang membuatnya terlihat seperti kolam. Jadi seperti ada kolam di dalam sungai, kalau kamu ke sini nggak ada salahnya untuk berenang ke dalamnya.

Kamu bisa merasakan nuansa masa lalu di Desa Tenganan Pengringsingan. Tradisinya lebih kental dari tempat lain di Bali.

Rumahnya juga rumah tradisional via www.balimediainfo.com

Bali yang kental dengan adat istiadatnya bisa kamu rasakan di desa Tenganan. Nggak cuma bisa menyaksikan secara langsung tradisi mereka, kamu juga akan menjumpai rumah-rumah penduduk yang berbentuk rumah tradisional. Memasuki desa ini membawamu seakan kembali ke masa lalu. Desa ini memang tidak mengikuti budaya modern seperti daerah lain di Bali. Tapi wisatawan dapat mengunjunginya dan merasakan sendiri sensasi budayanya yang unik.

Ada pesawat yang parkir di Selatan Kuta, sebelum jadi restoran kamu harus ke sini dulu.

pesawatnya ada di bawah lho via id.pinterest.com

Lagi-lagi yang terbengkalai menjadi objek yang menarik buat dikunjungi. Kebayang nggak sih ada pesawat yang berhenti di bawah tebing, apalagi dalam kondisi utuh yang berarti bukan pesawat jatuh. Pesawat ini sebenarnya memang sengaja diletakkan di situ karena awalnya direncanakan untuk membuat restoran, tapi sampai sekarang belum terwujud. Pesawat yang sudah disiapkan ditinggalkan begitu saja dan sekarang sering dikunjungi wisatawan yang ingin melihatnya langsung.

Ada lagi desa yang aneh di Bali, yakni desa orang tunarungu di Bengkala. Kalau mau ngobrol harus dengan bahasa isyarat kolok.

Warga desanya tunarungu via www.youtube.com

Kebanyakan warga di desa ini memang merupakan tunarungu, mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat kolok yang sudah ada sejak beberapa abad lalu. Banyak warga yang tunarungu dikarenakan oleh masalah genetic, jadi turun temurun. Warga yang bukan tunarungu pun juga belajar bahasa isyarat. Di sini tunarungu tidak didiskriminasi tapi justru dihormati karena mereka terkenal baik, disiplin dan jujur. Tempat ini layak kamu kunjungi kalau ke Bali untuk melihat sendiri bagaimana desa kolok ini.

Nah, ada macam-macam tempat unik di Bali yang bisa kamu datangi. Biar liburanmu nggak cuma di situ-situ aja, kamu bisa datang ke tempat-tempat itu dan merasakan sendiri sensasi keanehannya. Dijamin bakal menyesal kalau ke Bali cuma ke pantai aja, jangan mau kalah sama turis asing yang sudah sampai sana.