Berwisata itu perlu dan penting bagi kesehatan psikologi seseorang. Apalagi buat kamu yang setiap hari dihadapkan pada persoalan-persoalan hidup yang memang tak mudah diselesaikan. Mumpung akhir pekan, segarkanlah pikiran dan batinmu dengan bervakansi. Kalau nggak punya banyak waktu, kamu bisa loh main ke taman-taman lucu begitu. Ya, seenggaknya pikiranmu akan tersegarkan dengan keasrian dan keademan pengunjung taman itu.

Apalagi ‘kan sekarang di Indonesia, taman-taman cantik udah menjamur. Nah, kali ini Hipwee Travel akan mengulas beberapa taman kota yang lucu nan indah di Indonesia. Seperti apa wujudnya? Yuk, simak!

Landmark unik Taman Kota Batu. Satu-satunya taman kota di Indonesia yang punya Bianglala dan lampion lucu.

Bianglala… via www.instagram.com

Masih terbilang fresh, Taman Kota Batu yang terletak di pusat Kota Batu ini menjadi landmark baru bagi masyarakat setempat. Nggak tanggung-tanggung, alun-alun ini telah mengalami pemugaran lebih dari 4 tahun, dan inilah hasilnya. Sebuah taman kota yang sangat menarik dan nyaman bagi semua orang yang mengunjunginya. Taman kota ini memiliki beberapa lampion lucu yang menambah indah malammu di Kota Batu, Malang. Juga, taman ini menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang memiliki bianglala loh! Asyik nggak tuh? Nggak perlu ke mol, berduaan sama kekasih halalmu di bianglala jauh lebih romantis!

Taman Bungkul, Surabaya yang telah diakui dunia. Mampirlah ke sini, kamu nggak akan percaya bahwa ini ada di Indonesia!

Kalau malam lebih cantik! via www.pegipegi.com

Advertisement

Arek Suroboyo patut bangga nih dengan taman yang dibangun di Jalan Raya Darmo ini. Soalnya, taman ini pernah menyabet gelar sebagai “The 2013 Asian Townscape Sector Award” dari PBB! Bujug! Beragam fasilitas tersedia di taman ini, apalagi ada free wi-fi! Kebersihan taman juga ini nggak perlu kamu ragukan lagi. Makanya jangan heran kalau banyak masyarakat yang main ke taman ini, bahkan ada pula yang piknik loh!

Mau berfoto di asri dan indahnya bunga Bougenville? Mampirlah ke Taman Bukit Bougenvil di Singkawang ini!

Dragon is exist! via pontianaktravel.com

Taman ini patut kamu kunjungi kalau sedang melintas di Kota Singkawang. Karena di sinilah kamu bisa menikmati indahnya bunga-bunga Bougenville dengan beraneka jenisnya yang berwarna-warni. Apalagi di taman ini terdapat kawasan hutan homogen yang dipadati oleh pohon gaharu. Sejuk banget main di taman ini. Ya, seenggaknya biarkan paru-parumu menghirup udara segarlah, ya!

Mau ke taman bunga? Mampirlah ke sebelah timur Kota Manado pada bulan Juni-Juli. Kota Bunga Tomohon selalu mengadakan festival bunga setiap tahunnya.

Tournament of Flower, Tomohon. via www.tomohon.info

Terletak kurang lebih 22 km dari Manado, Kota Bunga Tomohon memiliki taman yang memamerkan beragam jenis bunga yang memesona. Setiap tahunnya, pada bulan Juni-Juli, kamu akan disuguhi sebuah festival bunga terakbar di kota ini. Penasaran, ‘kan?

Bukan cuma pantai dan keindahan alam, Taman Kota Pecangakan Bali ini juga punya pemandangan yang nggak kalah indah loh. Patung Mahabarata yang berdiri kokoh di sebuah fountain.

Jangan bengong, Mbak~ via www.instagram.com

Taman yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Jembrana, Bali ini memiliki air mancur yang mengelilingi patung Dewa Ruci loh. Selain patung jelmaan Bima, ada juga patung-patung tokoh wayang dalam cerita Mahabarata, seperti Drupadi, Kresna, Sengkuni, Arjuna, dan masih banyak lagi. Menariknya, taman ini berada di area perkantoran. Jadi, buat kamu yang capek kerja, bisa mampir sini bentar nih. Lumayanlah buat istirahat, udaranya juga cukup sejuk kok dengan pepohonan yang rindang.

 

Setelah puas bermain air di pesisir Lombok, refleksikan dirimu di Taman Kota Giri Menang saja. Siapa tahu di sinilah jodohmu berada. :p

Boleh nunggu jodoh sambil mandangin ini tugu kok. :p via lombokpromo.wordpress.com

Sama seperti Bali, Lombok juga nggak cuma pantai yang bisa diadu. Lombok juga punya taman kota yang asyik untuk melepas galau lelah. Di Taman Kota Giri Menang, kamu bisa menikmati indahnya kota Lombok bagian barat dengan khidmat. Karena di taman ini, kamu akan disuguhi sebuah tugu berwarna-warni yang bisa menenangkan hati.  Taman yang berada di Kecamatan Gerung ini juga memiliki banyak fasilitas umum, seperti lapangan voli, basket, tempat berburu kuliner, air mancur, dan sebagainya. Ya, kali aja ketemu jodoh pas lagi di taman. :p

Nggak perlu jauh-jauh ke Myanmar cuma buat lihat Pagoda Shwedagon. Ke Taman Alam Lumbini aja sudah cukup kok.

View taman dari samping Pagoda. via www.skyscrapercity.com

Pengin lihat Pagoda Shwedagon di Myanmar? Nggak usah repot-repot bikin visa buat ke sana, Gaes! Kamu bisa nikmati sepuasnya Pagoda Shwedagon itu di Indonesia! Tepatnya di Desa Tongkoh, Karo, Sumatera Utara. Lebih tepatnya lagi, replika Pagoda Shwedagon. Eits, meski replika, bangunan ini menjadi pagoda terbesar dan termegah di Indonesia loh! Apalagi taman di sekitar area pagoda ini. Beuh! Cantiknya bukan main!

Buat kamu yang mau jogging, sekaligus wisata sejarah juga bisa loh. Taman Hutan Juanda Bandung ini bisa jadi pilihanmu!

Taman wisata Juanda. via plus.google.com

Dibilang indah, iya. Dibilang keren, iya. Dibilang capek, iya. Taman Hutan Raya Ir. Juanda yang terletak di Jalan Dago Atas ini memberikan paket lengkap bagi masyarakat setempat atau buat kamu yang sekadar mampir berwisata. Selain buat jogging, taman ini juga bisa buat wisata sejarah loh. Ada goa Belanda dan Jepang loh. Taman ini dipenuhi dengan lebih dari 2.500 aneka flora dan fauna, seperti tupai, musang, dan beragam burung yang hidup bebas.

Sebelum bertolak dari Bandung, sempatkanlah berselfie cantik di Taman Bunga Begonia ini. Jangan dirusak, plis!

Cantik kaleeeee~ via hellobandungku.com

Masih di Bandung, mampirlah ke Taman Bunga Begonia. Terletak di kawasan dataran tinggi Lembang, taman ini memamerkan berbagai jenis bunga yang cantik-banget-loh! Bunga Balinea yang berasal dari Pulau Dewata menjadi salah satu daya tarik masyarakat yang memang pecinta flora atau sekadar pengin foto buat diposting ke sosial media. Plis, kali ini jangan dirusak, ya! 🙁

Ya, itulah taman kota terindah dan terkeren di Indonesia. Mana menurutmu yang paling oke? Eh, apa di kotamu ada taman yang lebih indah dan keren? Tulis di kolom komentar ya. 🙂