Sejak munculnya blog sebagai buku harian di dunia maya, banyak traveler yang mulai beralih dari buku catatan ke blog untuk berbagi cerita perjalanan mereka. Makin berkembangnya media blog bagi pejalan membuat mereka tidak lagi hanya berbagi cerita tapi juga tips untuk pembacanya agar bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

Untuk para traveler pemula, tentu saja kehadiran blog ini sangat berguna, baik untuk membuat itinerary maupun menentukan anggaran perjalanan.

Apa saja travel blog asli Indonesia yang wajib kamu baca sebelum berpergian? Simak artikel Hipwee berikut ini.

1. The Naked Traveler: www.thenakedtraveler.com

Trinity (kanan) dan salah satu pembaca serial The Naked Traveler via adhiestmaniest.blogspot.com

Trinity adalah travel blogger pertama Indonesia yang menyebarkan virus “haus jalan-jalan ke tempat asing”. Tidak hanya menulis blog, Trinty yang dulunya seorang karyawan swasta juga telah menelurkan 8 buku traveling yang semuanya jadi best seller.

Advertisement

Terlepas dari predikatnya sebagai pionir travel blogger, blog Trinity memang informatif dan enak untuk dibaca. Ia mengulas hal-hal sederhana yang selama ini menggelitik rasa ingin tahu, namun terlalu malas untuk mencari jawabannya. Seperti: “Apakah benar Jamaica hanya berisi orang-orang gimbal yang mabuk ganja?” — Trinity dengan ringan mengulasnya.

Konten blog Trinity tentang Jamaika via naked-traveler.com

Saat ini Trinity baru saja kembali perjalanan keliling dunia dan sedang mempersiapkan buku terbarunya. Jika kamu ingin mengetahui perkembangan penulisan buku dan rencana perjalanannya yang lain, kamu bisa follow akun Twitter-nya di @TrinityTraveler.

2. Pergi Dulu: www.pergidulu.com

Adam dan Susan Poskitt via travel.detik.com

Pergi Dulu adalah website yang dikelola oleh Adam dan Susan Poskitt, sepasang suami Istri beda kewarganegaraan dengan tujuan utama:

To help others that don t travel so much, learn about how we travel and how they might like to travel in the future.

Blog ini sebagian besar ditulis oleh Susan dalam bahasa Indonesia beberapa ada yang ditulis oleh Adam menggunakan bahasa Inggris. Tulisan mereka sangat menarik untuk dibaca. Simpel tetapi runtut. Apalagi untuk informasi akses ke tempat yang mereka kunjungi. Mereka juga rajin membalas komen dari pembaca sehingga blog ini sangat interaktif.

Informasi yang runut dan enak dibaca via pergidulu.com

Ingin mengenalkan komunitas travel blogger Indonesia, Adam dan Susan mengulas profil beberapa travel blogger Indonesia setiap bulannya. Saat ini sudah ada 12 travel blogger yang profilnya dibahas di blog yang mereka kelola ini.

Tempat yang sudah dikunjungi? Banyak sekali. Dari mulai keliling Indonesia, Asia, Australia, hingga Eropa. Mereka kerap mengangkat hal unik di tempat tersebut sebagai topik utama dan tidak jarang hal unik tersebut menjadi jembatan untuk menceritakan pengalaman perjalanan mereka.

Penasaran dengan tulisan dan perjalanan mereka? Langsung saja cek ke www.pergidulu.com dan follow twitter mereka @PergiDulu.

3. Dua Ransel: www.duaransel.com

Ryan dan Dina via www.duaransel.com

Melalui blog Dua Ransel, sepasang suami istri, Ryan dan Dina menceritakan pengalaman mereka hidup secara nomaden. Dengan bermodalkan ransel masing-masing, mereka telah mengunjungi 40 negara sejak tahun 2009.

Membaca blog ini enak! Ryan dan Dina mengkategorikan negara yang telah mereka kunjungi sesuai dengan benuanya. Selain itu, travel tips dan informasi lain juga memiliki kategori sendiri. Jadi, kamu sangat mudah untuk mengakses tulisannya.

Screen Capture: Tulisan dikategorikan sesuai dengan benua

Ryan dan Dina suka membagi-bagikan kartu pos dari negara yang mereka kunjungi secara cuma-cuma. Tapi harus sabar, antreannya panjang. Melalui blog ini, Ryan dan Dina juga mengadakan turnamen foto perjalanan, lho untuk para pembacanya. Ingin ikutan? Silakan cek infonya di www.duaransel.com dan follow twitter mereka @DuaRansel.

4. Marischka Prue: www.marischkaprudence.blogspot.com

Marischka Prudence via direktori.indonesiakreatif.net

Meninggalkan karirnya di dunia media untuk memenuhi mimpi sebagai traveler sepertinya merupakan keputusan yang tepat bagi wanita yang kerap disapa Prue ini. Melalu blog ini pula lah Prue berbagi pengalamannya berkeliling dunia.

Prue aktif di blog ini sejak September 2012. Prue lebih banyak bercerita mengenai perjalanannya melalui foto esai. Tidak terlalu banyak tulisan, tapi foto-fotonya yang menakjubkan sepertinya sudah cukup untuk membuat kita iri dan ingin segera pergi ke tempat tersebut. Biarpun sedikit, tulisan Prue sangat enak untuk dibaca dan mudah untuk dimengerti kok!

Foto-foto Prue sangat menakjubkan!

Oh iya, Prue sering mengadakan open trip lho untuk para pembaca yang ingin berpergian bersamanya. Silakan cek di www.marischkaprudence.blogspot.com dan follow twitternya di @Marischkaprue.

5. Agustinus Wibowo: www.agustinuswibowo.wordpress.com

Agustinus Wibowo via idwriters.com

Agustinus berhasil membawa travel blog naik satu tingkat, tidak hanya mencatat tetapi juga memaknai perjalanan. Perjalanannya ke berbagai negara di Asia Selatan dan Asia Tengah dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Berkelana ke Negeri-negeri Stan dan Titik Nol. Berkelana ke Negeri-negeri Stan berisi perjalanannya ke Afghanistan, Kazkhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Turkmenistan. Sedangkan Titik Nol berisikan perjalanannya ke India, Tibet, dan Nepal.

Saat berkelana ke suatu negara, Agustinus tidak menceritakan secara keseluruhan dalam 1 post-nya. Ia membaginya menjadi beberapa bagian untuk menceritakan kejadian yang dialaminya secara utuh dan lengkap.

Seperti saat ia kehilangan dompetnya atau pengalamannya mengikuti perayaan Indra Jatra di Nepal. Membaca tulisan Agustinus seakan membaca novel. Begitu runtut, hidup, dan indah. Penggunaan kata-katanya tidak sulit tetapi tetap menyentuh. Yakin, kamu tidak akan bosan karena ceritanya sangat mengalir.

Cerita Agustinus tentang kehilangan dompetnya via agustinuswibowo.wordpress.com

Catatan perjalanan Agustinus telah diterbitkan menjadi 3 buah buku, yaitu Selimut Debu, Garis Batas, dan Titik Nol. Mungkin sebelum membeli bukunya, kamu bisa nikmati dulu tulisannya di www.agustinuswibowo.wordpress.com dan follow twitternya @avgustin88.

6. Journal Kinchan: www.journalkinchan.blogspot.com

Maharsi Wahyu via journalkinchan.blogspot.com

Wanita bernama asli Maharsi Wahyu ini terpilih menjadi blogger wanita terbaik pada event Skyscanner Bloscar Travel 2013 bersama blognya Journal Kinchan. Aktivitas dalam blog ini sebenarnya sudah dimulai sejak Desember 2008.

Saat itu, Maharsi sering bercerita mengenai perjalanannya menyusuri tempat-tempat wisata yang unik dan indah di Yogyakarta; lengkap dengan wisata kulinernya. Namun setelah melaksanakan KKN di Jailolo, Halmahera, pada 2011, Maharsi memulai cerita serial di blognya dengan tajuk Bumi Halmahera.

Cerita serial Maharsi mengenai Bumi Halmahera

Satu tahun terakhir yang Maharsi habiskan dengan mengabdi di Pulau Bawean sebagai Pengajar Muda angkatan VI, membuatnya banyak menulis keindahan alam dan masyarakat di pulau tersebut. Tulisannya sangat enak untuk dibaca. Benar-benar terasa seperti Maharsi sendiri yang bercerita langsung pada kita.

Pengalamannya sebagai Pengajar Muda juga ditumpahkan dengan apik sehingga kita dapat dengan mudah tersentuh akan setiap peristiwa dan percakapannya. Langsung cek www.journalkinchan.blogspot.com untuk menikmati pengalaman Maharsi lainnya dan follow twitternya di @maharsii.

7. Lostpacker: www.lostpacker.com

Sutiknyo Si Lostpacker via travelbloggersindonesia.com

Kalau Journal Kinchan terpilih menjadi blogger wanita terbaik 2013, Lostpacker -ah yang terpilih menjadi blogger pria terbaik 2013 di event yang sama. Blog yang dikelola oleh Sutiknyo ini memang sangat rapi dan memudahkan pengunjung untuk membaca.

Tulisannya juga semakin menarik karena dilengkapi foto-foto yang sangat bagus. Wajar kalau Sutiknyo dinobatkan menjadi brand ambassador for travel photography oleh Sigma, merek lensa ternama.

#LihatIndonesia via lostpacker.com

Akhir 2013 lalu, Sutiknyo menggagas proyek #LihatIndonesia sebagai cerita serial di blognya. Melalui proyek tersebut, Sutiknyo berusaha melihat kembali Pulau Jawa, Bali, dan Lombok dari sisi yang berbeda dan memilih road trip (perjalanan lewat jalur darat) sebagai konsep perjalanannya. Ingin tahu cerita dalam proyek #LihatIndonesia lebih lanjut? Kunjungi blognya di www.lostpacker.com dan follow twitternya di @lostpacker.

8. Farchan Noor Rachman: www.efenerr.com

Farchan Noor Rachman via travelmatekamu.com

Berbeda dengan pejalan lain yang sibuk mencari tempat-tempat paling “wow” untuk dibagi, Farchan Noor Rachman justru memandang perjalanan sebagai proses personal demi menemukan diri sendiri. Farchan yang juga berprofesi sebagai PNS ini memaknai perjalanan secara lebih luas, dengan tidak mengkotakkan diri hanya pada tempat-tempat wisata.

“Blog ini adalah bahwa traveling bukan sekedar itinerary yang bisa ditiru, karena traveling adalah cara masing-masing.”

Di blog-nya, Farchan membagi tulisannya kedalam 5 kategori: Bepergian, Makanan, Tokoh, Portfolio dan Lain-Lain. Dalam salah satu tulisannya Farchan mengulas tentang keunikan kedai kopi di sebuah pasar tradisional yang cukup populer di kalangan anak hipster ibukota. Terlihat ‘kan bagaimana Farchan memandang perjalanan bukan sekedar gunung, laut dan taman hiburan saja? Tempat sesederhana pasar pun bisa jadi tujuan yang menarik.

Perjalanan Farchan ke Pasar Santa via efenerr.com

Pengalaman Farchan sebagai PNS pun jadi bumbu yang menarik dalam tulisan-tulisannya. Jika kamu ingin tahu lebih banyak soal cerita perjalanan Farchan, kamu bisa membuka blog-nya langsung di www.efeneer.com atau follow Twitter-nya @efeneer.

9. Whatever I’m Backpacker: www.whateverbackpacker.com

Adis “Si Gembel” via www.whateverbackpacker.com

Isi blog dari Adis atau dia biasanya menyebut dirinya Si Gembel ini memang agak sedikit unik dan nyeleneh. Bahasa yang digunakan benar-benar sesukanya dan sangat sehari-hari. Tapi justru itu yang jadi keunggulannya. Perjalanan dia terasa dekat bagi pembaca.

Kumpulan tips perjalanan di kategori Tips Si Gembel via www.whateverbackpacker.com

Biarpun nyeleneh, tapi tips-tips yang diberikan oleh Adis di setiap post-nya sangat berguna, lho, untuk para backpacker pemula. Seperti saat dia ke Jepang dan bagaimana dia menerapkan urban camping sebagai alternatif untuk menghemat biaya penginapan yang mahal. Atau saat dia ke Thailand dan menjelaskan pentingnya menjalin pertemanan saat sedang backpacking dengan sesama backpacker.

Intinya, membaca blog Si Gembel ini sangat menyenangkan. Kamu juga bisa ikut merasakan kesenangannya di www.whateverbackpacker.com dan follow twitternya di @takdos.

Selamat membaca dan tergoda untuk segera merencanakan perjalananmu selanjutnya, ya!