Pernah nggak sih, kamu lihat sebuah mobil yang parkir dengan memakan banyak sekali lahan? Dan nggak jarang, hal itu membuat macet dan menyisakan banyak ruang kosong, yang sebenarnya bisa dipakai untuk parkir mobil yang lain. Sepintas memang sepele, tapi ketika kamu sedang belajar mengemudi mobil, ada baiknya kamu belajar pula tentang cara parkir yang benar. Sebab, kenyamanan parkir mobilmu adalah kenyamanan milik bersama. Nah, kali ini Hipwee Travel akan memberikan tips parkir mobil yang aman dan nyaman bagi sesama pengguna jalan.

Buat kamu yang hendak mampir ke warung pinggir jalan dengan ruas jalan yang terlalu sempit. Inilah caranya untuk parkir serong atau miring

Serong miring via www.asapmobil.com

Rasanya, parkir serong atau miring ini masih terhitung mudah, ya? Perhatikan saja gambar ini, tentu kamu sudah paham bagaimana caranya. hehe

Ketika kamu memilih liburan ke puncak dan lahan parkir yang tersedia berupa tanjakan. Begini cara mengatasinya

Nanjak via facebook.com

Jangan dipikir parkir di jalanan yang menanjak itu gampang. Bagaimana kalau rem tanganmu tidak berfungsi dengan maksimal?

Advertisement

Ada beragam cara untuk parkir di tanjakan. Seperti pada gambar, kamu bisa sedikit membelokkan stirmu ke arah luar/dalam. Jadi, kalau kenapa-napa, mobilmu akan terganjal trotoar atau merosot ke rerumputan (pinggir jalan). Ingat, ini berlaku kalau jalanannya lebar, ya! Selain itu ada juga cara lain, yakni dengan memasukkan gigi 1. Tapi ingat, pas mau jalan, jangan lupa netralin dulu, ya! Atau juga, kamu bisa dengan cara lawas tapi aman. Yup, ganjal ban mobilmu dengan batu. hehe

Sepulang dari puncak, dan kamu pengin mampir untuk beli Tales Bogor. Cara parkirnya sama dengan ketika kamu berhenti di jalanan menanjak

Nurun via facebook.com

Sama seperti ketika kamu parkir di jalanan yang menanjak, parkir di jalan menurun pun bisa kamu lakukan dengan cara membelokkan sedikit stir mobilmu. Dan lagi, ini cuma berlaku untuk jalanan yang lebar, ya.

Kalau parkir berjajar tentu sudah tahu, ‘kan, caranya? Pastinya, maksimalkanlah penggunaan kaca spionmu

Sebelum memasuki tempat parkir, pastikan ruang parkir tersebut cukup untuk mobilmu. Pastinya, gunakan selalu kaca spionmu agar posisi parkirmu sesuai dengan garis batas yang sudah ada.

Mungkin buat pemula, nyetir mobil itu nggak gampang. Coba deh, parkir paralel, bisa nggak?

Paralel. via facebook.com

Konon, kata pengemudi mobil yang baru belajar, parkir paralel-lah yang paling susah. Ya, kalau buat yang udah jago sih nggak masalah. Nah, buat kamu nih yang pengin belajar parkir paralel, begini caranya:

1. Pastikan ada ruang yang pas buat mobilmu masuk dalam parkiran. Seenggaknya ada jarak sekitar semeter buat ruang mobilmu.

2. Mundurlah perlahan dengan memerhatikan sudut bagian belakang mobilmu, lalu putar stir ke sisi arah tempat parkir.

3. Saat mobilmu sudah memasuki spot parkir dengan kemiringan 45 derajat, luruskan stirmu, dan mundur perlahan.

4. Nah, kalau kamu rasa mobilmu sudah hampir mendekati trotoar, putar stirmu ke arah luar, dan mundur lebih perlahan.

5. Setelah memasuki spot parkir, putar lagi stirmu ke arah dalam, untuk meluruskan posisi mobil.

6. Selesai deh. Oh, ya, kalau perlu, ulangi lagi cara tersebut, sampai kamu mendapatkan posisi mobilmu memiliki ruang jarak yang sama antara mobil depan dan belakangmu. Biar aman!

Nah, itulah tips parkir mobil yang aman dan nyaman bagi sesama pengguna jalan. So, jadilah pengemudi yang bijak, ya! Jangan asal biar nggak terjadi kecelakaan yang tak diinginkan.