Ada kabar gembira bagi kalian yang tinggal di Jakarta. Pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2016 lalu, PT Transportasi Jakarta meluncurkan dua bus vintage series di Balai Kota DKI Jakarta. Sebuah terobosan baru yang diluncurkan oleh Pemprov Jakarta demi mengenang kejayaan Bus Pengangkut Penumpang Djakarta pada tahun 1920-an.

Nah, buat kalian yang berada di Jakarta, nostalgia yuk sama Bus PPD zaman dulu~

Memiliki model yang ‘jadul’, bus vintage ini akan membawamu merasakan suasana transportasi Jakarta tempo dulu

Yang membedakan bus ini dengan bus-bus lain yang ada di Jakarta jelas terletak pada modelnya. Jika bus-bus lain di Jakarta dibuat dengan desain yang cukup modern, bus yang baru diluncurkan oleh Gubernur DKI ini bernuansa vintage. Mulai dari warna hingga modelnya dibuat semirip mungkin dengan Bus Pengangkut Penumpang Djakarta yang pernah merajai transportasi Ibu Kota beberapa dekade yang lalu.

Bus vintage ini ada diluncurkan demi mengenang kejayaan bus PPD zaman dulu, transportasi paling hits Jakarta tempo dulu

Bus Transjakarta desain Vintage hadir di koridor 1,5 dan 6. Ke depan akan ada versi bus tingkatnya.

A photo posted by Ahok BasukiTPurnama (@basukibtp) on

“Kita ingin mengenang peran PPD pada saat mereka masih bisa melayani penduduk Jakarta,” Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono

Advertisement

Tema vintage yang jadi daya tarik bus tersebut sebenarnya tidak dipilih secara asal. Bus yang baru diluncurkan di Jakarta ini memilih model bus PPD berwarna biru sebagai inspirasinya. Alasannya demi mengenang masa kejayaan bus PPD tersebut.

Sebelum era transportasi modern seperti kereta api komuter hingga busway, bus PPD ini pernah menjadi primadona transportasi warga Jakarta. PPD sendiri merupakan perusahaan transportasi Jakarta yang berdiri sejak tahun 1920. Ia mengurusi masalah transportasi di Jakarta dan pernah menjadi pilihan utama kecintaan warga Jakarta.

Jangan salah, meski bentukannya rada ‘jadul’ namun urusan kenyamanan kamu nggak perlu khawatir. Bus ini bikinan Mercedes-Benz, loh~

Mercedes nih via xplor.xl.co.id

Memang sih bentukannya jadul banget. Nuansa vintage benar-benar terasa saat kamu melihat bus ini untuk pertama kali. Nah, karena mendengar kata vintage, mungkin kamu akan sedikit mempertanyakan soal kenyamanan. Maklum lah, bus zaman dulu kan nggak begitu nyaman. Tapi untuk bus vintage Jakarta ini kamu nggak perlu khawatir. Urusan kenyamanan bukanlah masalah. Biar jadul, namun bus ini buatan Mercedes-Benz, loh. Layaknya bus buatan Mercedes-Benz lainnya, kenyamanan jelas mereka perhatikan~

Program bus vintage ini sebenarnya termasuk dalam peremajaan armada transportasi Jakarta. PEMDA meluncurkan 116 bus baru untuk warga Jakarta

Bagian dari program pemerintah nih via beritatrans.com

Demi mempernyaman transportasi warga Jakarta, Pemerintah DKI memang tengah serius menggarap sektor transportasi busnya. Terbukti, dari program bus vintage ini yang sejatinya adalah bagian dari program peremajaan dan penambahan armada transportasi Jakarta. Pemerintah DKI bahkan sampai meluncurkan 116 bus baru untuk warga Jakarta. Bahkan, rencananya malah akan dibikin versi tingkat untuk bus vintage ini. Keren nggak tuh.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati bus vintage ini, silahkan datang ke koridor 1, 5 dan 6. Rute yang pas untuk mengenang Jakarta tempo dulu

Kamu yang sedang berada di Jakarta wajib mencoba bus vintage ini. Rutenya juga sudah jelas kok. Bus vintage ini akan keliling dari koridor 1, 5 dan 6. Jadi kamu yang mau main ke Monas, Senayan, Ancol hingga Kuningan bisa kok menggunakan bus ini biar semakin lengkap suasana nostalgia bersama Jakarta tempo dulunya. Jangan sampai dilewatkan, ya. Kapan lagi kamu nemu angkutan bernuansa vintage.
Yah, sementara ini sih bus vintage ini masih dibatasi dua unit saja. Jadi kalau mau menikmati suasana vintage-nya kamu mungkin akan mengantri. Tapi tenang, rencananya pihak Pemda akan menambah jumlah unit bus vintage ini kok. Biar nostalgiamu semakin sempurna, jangan sampai nggak nyoba bus vintage ini ya.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!