“Ma, aku minggu depan nggak pulang ke rumah ya. Aku mau naik gunung.”

“Lah, naik gunung? Ntar kamu capek, kulitmu item, kusam, keringetan, jerawatan,  dan bla… bla… blaa…” 

*kamu pun langsung jadi patung*

Naik gunung memang kegiatan yang sedang digandrungi anak muda saat ini. Memang, kegiatan itu punya tantangannya tersendiri. Jalanan yang terjal, kondisi air yang terbatas, hingga barang bawaan yang berat menjadi tantangan. Tapi tetap saja hal ini tidak menyurutkan niatmu. Keindahan yang luar biasa di atas ketinggian bahkan bisa membuatmu, yang awalnya ogah panas-panasan, ketagihan.

Tapi tahukah kamu bahwa kamu bisa tampil sama cantiknya dengan pemandangan yang kamu lihat di ketinggian? Ya, tak perlu high heels, pakaian formal, atau lipstik untuk tetap menjadi cantik. Sebelumnya Hipwee pernah memberikan tips umum naik gunung buat para cewek. Sekarang, Hipwee akan memberikan yang lebih spesifik lagi: ini tips make up dan dress up saat naik gunung agar kecantikanmu tak luntur. Penasaran? Simak ulasan berikut ini!

1. Tetap tampil dengan wajah bersih di atas gunung itu gak dosa kok. Nano spray (atau bahkan botol berisi air mineral) bisa jadi solusi agar wajahmu tetap bersih.

nano spray praktis untuk tampil segar via herditaayu.blogspot.com

Hal yang paling menjadi dilema bagi para cewek yang sedang mendaki gunung adalah keterbatasan sumber air. Ini membuatmu terpaksa harus betah dengan wajah yang kering. Biasanya yang bisa kamu andalkan untuk membersihkan wajah hanyalah tisu basah. Namun, sekarang tampil dengan wajah segar sudah bukan hal yang mustahil. Kamu bisa menggunakan nano spray atau botol kosongan yang diisi air mineral.

Advertisement

Gak perlu menghabiskan banyak air untuk membuat wajahmu segar, karena kamu hanya butuh kurang lebih 50 ml air. Nah, tanpa harus takut buang-buang air wajahmu bisa tetap segar dan cerah deh.

2. Naik gunung gak kudu tampil kusam! Sedikit pulasan BB cream akan tetap menjaga wajahmu kelihatan cemerlang.

BB cream lebih praktis dari pada pake bedak via itsapplesandorangesblog.com

Perjalanan naik gunung boleh panas. Jalan menanjak juga boleh banyak, beban tas juga boleh berat, tapi wajah gak boleh kusam. Tanpa harus bawa banyak alat mekap, kamu bisa hanya gunkan BB (Blemless Balm) cream untuk membuat wajahmu jadi lebih cemerlang. Krim ini bisa menjadi solusi paling praktis untuk membuat wajahmu jadi lebih cantik dengan sekali usap. Dengan krim ini kamu juga gak perlu lagi lama-lama di tenda pakai bedak dan foundation. Selain itu krim ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melindungi dari sinar matahari dan menghambat penuaan pada kulit.

Dari sekian banyak merek, kamu bisa pilih merek yang mengandung SPF yang tinggi agar kulitmu terlindung dari matahari. Pastikan kamu sudah membersihkan wajahmu dengan tisu basah terlebih dulu ya. Wajahmu bisa kayak artis korea tanpa perlu banyak ritual mekap.

3.Panas boleh saja mengisi perjalananmu, tapi pastikan bibirmu tetap cerah dan tak pecah-pecah dengan lip balm bervitamin E.

Pake lip gloss warna cerah via cmeythasari.wordpress.com

Terik matahari di atas gunung bisa membuat kulit bibirmu kering. Apalagi ditambah dengan suhu dingin yang ekstrem. Nah, daripada mengeluhkan keadaan, kamu bisa menggunakan benda mungil bernama lip balm. Lip balm bisa membuat bibirmu jadi tetap lembab dan terhindar dari pecah-pecah. Selain itu, pilihlan lip balm yang berwarna cerah dan mengandung vitamin E agar bibirmu tampak lebih cerah dan sehat. Bahkan, sekarang ada beberapa merek yang juga mengandung sunscreen lho.

Kamu gak perlu lagi khawatir terlihat pucat di kamera, karena dengan lip balm berwarna cerah kamu justru bisa terlihat ceria dengan bibir yang cerah. Siap mendaki gunung lagi?

4. Pakai eyeliner di gunung mungkin akan membuat teman-temanmu heran. Tapi dengan ini, kamu bisa menyiasati mata panda akibat mendaki.

Pakai eyeliner di gunung? via janandjot.wordpress.com

Pakai eyeliner di gunung? Yang benar saja? Ribet banget kali?

Mungkin gak sedikit teman-temanmu yang heran saat kamu menggunakan eyeliner. Padahal, pakai eyeliner juga gak susah kok. Selain itu barang ini bentuknya juga kecil, jadi gak terlalu memenuhi tas carrier mu.

Sebelumnya Hipwee pernah berikan tips memakani eyeliner secara singkat. Jadi sebelum mendaki pastikan kamu sudah terbiasa menggunakan alat mekap ini. Disarankan menggunakan eyeliner bentuk pensil karena benda ini gak akan menimbulkan noda belepotan jika kamu tak bisa langsung sekali jadi dalam memulaskannya. Dengan ini, usaha dandanmu jadi lebih praktis. Pilihlah pensil eyeliner yang berkualitas, berformula lembut, dan terbuat dari bahan yang aman bagi matamu. Nah, tanpa perlu ribet dan bawa beban berat, matamu bisa tampak lebih cantik dan “hidup” hanya dengan goresan pensil eyeliner favoritmu.

5. Model pakaian gunung memang hanya begitu saja. Tapi, kamu tetap bisa tampil cantik dengan kombinasi warna.

Pilih baju warna cerah via s1093.photobucket.com

Kecantikan nggak selalu identik dengan dress pesta yang anggun. Namun, tampil cantik saat di gunung juga bukan hal yang tidak mungkin kok.

Kamu mungkin harus “pasrah” dengan model pakaian gunung yang tak terlalu bervariasi, namun kamu tetap bisa memilih warna pakaian yang cerah. Pilihlah pakaian seperti biru, merah, hijau, oranye, atau pink. Selain jauh dari kesan suram, ini juga membuatmu lebih mudah ditemukan saat tepisah dari rombongan (walau semoga tidak terjadi). Nah, sekarang saatnya pilih-pilih outdoor wear pilihanmu!

6. Jangan mimpi pakai sepatu cantik saat mendaki, karena hal ini menyiksa diri sendiri. Kiatnya, pilihlah sepatu gunung dengan warna yang cerah.

Sepatu yang warna warni via www.outdoorgearlab.com

Jangan mimpi mau pakai sepatu flat yang lucu-lucu di atas gunung. Jangan juga berkhayal pakai sendal karet yang nyaman untuk jalan-jalan. Medan di atas gunung memang harus dilewati dengan alas kaki yang sesuai, jadi sandal atau sepatu gunung wajib jadi alas kakimu saat mendaki.

Sepatu gunung bisa membuat kecantikanmu lebih paripurna jika kamu tepat dalam memilihnya. Jadi, pilihlah warna yang sesuai dengan warna favoritmu. Dengan ini kepribadianmu yang biasa tetap bisa terlihat dari penampilanmu. Bukankah kecantikan adalah soal memproyeksikan kepribadian? 😀

7. Tak harus bawa topi lebar yang bikin berat. Buff dengan motif floral bisa kamu kenakan agar tetap tetap cantik tanpa kepanasan.

Tampil cantik di atas gunung sama sekali bukan hal yang mustahil jika kamu punya aksesoris bernama buff. Buff adalah kain semi kaos serbaguna yang bisa kamu pakai untuk apa saja, misalnya bandana dan pelindung leher. Selain bisa menjaga rambutmu agar tetap rapi, benda satu ini juga membuat penampilanmu sebagai pendaki gunung lebih sempurna. Mau tampil feminin? Pakai saja buff bermotif floral.

Tak perlu membawa topi rotan besar yang bisa membuat carriermu lebih berat. Buff cukup untuk melindungi kepala dan rambutmu. Jangan heran deh kalau kamu mendapatkan julukan pendaki cantik di atas ketinggian!

8. Kamu pun bisa tetap anggun dengan jilbab di atas gunung. Agar tak melulu pakai jilbab yang itu-itu saja, pilih jilbab yang bermotif bunga atau polos warna cerah.

Pilih jilbab yang bunga-bunga via instagram.com

Naik gunung dengan menggunakan jilbab juga bisa jadi nilai plus tersendiri. Tanpa harus pakai topi gunung, kamu sudah bisa terhindar dari udara dingin. Selain itu, jilbab juga bisa membuat penampilanmu jadi lebih anggun di atas gunung. Jika sesuai dengan kepribadianmu, pilihlah jilbab yang bermotif floral atau jilbab polos dengan warna yang cerah. Dengan begitu, penampilanmu akan terlihat lebih ceria.

Tapi ingat, saat mendaki gunung bukanlah waktu yang tepat untuk mengenakan jilbab dengan cara yang rumit. Kalau bisa pakailah jilbab langsung atau pashmina yang bisa dipakai tanpa banyak jarum. Meskipun keringat bercucuran, keanggunanmu tidak akan luntur.

Kamu gak harus tampil kusam walau air di perjalanan terbatas. Kamu juga gak harus tampil berantakan walau kondisi alam tak terlalu mendukung untuk berdandan. Sekarang, kamu bisa menerapkan hal-hal praktis seperti ini untuk tetap terlihat cantik di atas awan. Gak ada salahnya ‘kan menikmati keindahan alam dengan penampilan yang menawan?

Semoga perjalananmu menyenangkan!