Pariwisata di Indonesia makin hari terus berkembang. Minat wisata masyarakat makin meningkat. Kunjungan turis asing ke Indonesia di tahun 2015 pun bisa mencapai lebih dari 10 juta. Sungguh bikin bangga! Travellers, kamu tentunya harus merasa jadi bagian dari wisatawan yang membuat pariwisata di Indonesia makin moncer.

Tahun 2016 ini jelas diharapkan untuk lebih baik dari tahun lalu, ya kan?. Kamu juga berharap bisa travelling lebih banyak, mungkin juga lebih jauh. Nah, pastikan travelling kamu tetap di Indonesia saja ya. Kamu wajib tahu kalau sekarang banyak daerah di Indonesia yang sedang gencar mengembangkan pariwisatanya. Dengan hobimu yang suka vakansi, kenapa kamu tak sekalian coba bantu untuk promosikan dan kembangkan daerah-daerah ini.

Nah, dari penerawangan Hipwee, ada 7 destinasi di Indonesia yang akan naik daun di tahun 2016. Hei Kakak cantik, kamu wajib jelajahi destinasi ini, ya!

1. Kalau Indonesia Timur punya Raja Ampat, Indonesia Barat punya Anambas yang cantiknya merupakan permata di teras Indonesia

Pesona Anambas yang makin didamba traveller. via www.tipsbackpackerlio.com

Pada tahun 2013 lalu, CNN menobatkan kepulauan Anambas sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Hebat kan? Tapi, kamu tahukah dimana Anambas? Anambas terletak manis di teras utara Indonesia, di provinsi Kepulauan Riau. Ibukotanya adalah Tarempa. Di sini, kamu akan disuguhi lanskap yang ibaratnya sepotong surga cantik yang jatuh di bumi. Kamu akan menjumpai gugusan pulau berbatu granit yang dikelilingi pasir putih sehingga memunculkan lautan hijau toska yang semarak. Di pulau-pulaunya, kamu akan menjumpai barisan vegetasi pohon kelapa sepanjang 8 kilometer, garis pantai sejauh 2 kilometer, serta sejumlah pulau yang menjadi habitat penyu. Alam bawah lautnya pun terbaik! Kamu bisa merasakan beragam titik menyelam dengan aneka biota laut.

Advertisement

Anambas kini telah dilirik para travellers sebagai destinasi impian. Berita bagusnya, akses transportasi sudah mulai lancar. Pulau-pulau yang termasyhur kemolekannya diantaranya Pulau Penjalin, Pulau Bawah, Pulau Rongkat, Pulau Siantan. Percayalah, keindahannya setara dengan Raja Ampat yang telah terkenal seseantero jagat itu.

Ajak Adek kesana, Bang!

2. Tak usah escape jauh dari Jakarta dan Bandung, ada Sukabumi yang sanggup memenuhi hasrat wisata dan petualanganmu yang menggebu-gebu

Serunya arung jeram di Sungai Citarik Sukabumi. Berani coba? via www.rencanaliburan.com

Sukabumi mulai ramai jadi buah bibir dalam perbincangan di kalangan travellers. Kamu perlu tahu bahwa Sukabumi itu kabupaten terluas di Jawa Barat yang tentunya menyimpan aneka destinasi wisata apik yang bisa membuat takjub. Alam oke, petualangan mantap dan budayanya pun keren. Kamu tentu tahu Pelabuhan Ratu, nah awalnya wisata Sukabumi dikenalnya dari destinasi ini. Padahal, destinasi yang jauh lebih seru di Sukabumi terpapar cantik semisal Pantai Ujung Genteng yang berpasir putih, Pantai Cimaja yang ombaknya jadi kesayangan para surfer, Situ Gunung yang selalu juara bagi pecinta fotografi, Sungai Citarik yang jadi buruan para peminat wisata petualangan Arung Jeram serta Goa Cibuni yang menantang adrenalin di lorong gelap perut bumi.

Nah, kamu juga wajib ke Geopark Ciletuh! Lanskap unik geologi kelas internasional ini menyimpan banyak air terjun yang bisa membuatmu terus terkagum. Sebut saja Curug Cimarinjung, Curug Nyelempet, Curug Awang, Curug Cikanteh dan ada beberapa lagi. Pecinta budaya pun tak ketinggalan, ada Kampung Ciptagelar yang teguh menjaga keluhuran tradisi otentik Sunda. So, karena cuma 5 jam dari Jakarta dan 3 jam dari Bandung, angkat ranselmu dan nikmati betapa cakepnya Sukabumi secara langsung.

3. Bagi yang biasa menanyakan, Apa sih bagusnya Kebumen? kamu harus lihat sendiri. Yakin, pasti takjub dengan betapa kerennya Kebumen!

Asyiknya Rumah Pohon Bukit Pentulu Indah untuk menyaksikan lanskap purba. via www.facebook.com/kebumenkeren

Yang biasa kamu tinggal tidur saat pergi ke Jogja dengan kereta api, sekarang saatnya kamu turun di Stasiun Kebumen atau Gombong. Kabupaten di pesisir selatan Jawa Tengah ini akan menyambutmu dengan pesona alam yang mengejutkan. Abaikan dulu gambaranmu tentang pantai-pantai di Kebumen yang berpasir hitam. Datanglah ke Kawasan Karst Gombong Selatan, yang menyuguhkan deretan-deretan pantai berpasir putih dan coklat didekap sayang oleh lanskap perbukitan menakjubkan. Sebutlah Pantai Menganti yang disebut New Zealand-nya Indonesia, ada juga Pantai Karang Agung yang punya karang ikonik setinggi 40 meter, ada Pantai Karang Pengantin yang berada pada ceruk goa yang manis. Kamu juga wajib jelajahi goa-goa di Kawasan Karst Gombong Selatan yang spektakuler, seperti Goa Barat, goa 100 air terjun dan Goa Petruk.

Suasana lain Kebumen yang mengagumkan juga bisa kamu temui di kawasan Jurassic Cagar Geologi Karangsambung. Cobalah naik ke rumah pohon di Bukit Pentulu Indah untuk menikmati lanskap terbaik. Kamu juga bisa menyanjung arsitektur benteng kuno segi delapan satu-satunya di Indonesia, Benteng Van Der Wijck yang jadi lokasi syuting The Raid 2. Okay Gaes! Yuk cuss ke Kebumen dan buktikan kalau sungguh Kebumen keren.

4. Tak cuma di timur Bali ada Lombok yang cantik, di barat Bali ada Banyuwangi yang sanggup memikat para penggandrung destinasi yang paripurna alam dan budayanya

Kawah Ijen yang epic. Pesona Banyuwangi. via www.diasporaiqbal.blogspot.co.id

Banyuwangi adalah tetangga setia Bali di sebelah barat. Selama ini, kamu yang berdarmawisata ke Bali lewat jalan darat tentunya melewati Banyuwangi untuk bisa menyeberang. Nah, kalau tahu sejatinya pesona Banyuwangi, kamu pun harus mampir atau fokus mengeksplorasi daerah yang terletak paling timur Pulau Jawa ini. Kamu wajib tahu, betapa kerennya prestasi Banyuwangi dalam pengelolaan wisata sampai diganjar prestasi internasional. Awal 2016 lalu, Banyuwangi menyabet UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism dari badan PBB yang mengurusi pariwisata. Sungguh bikin terharu.

Nah, kemana saja kalau ke Banyuwangi? Datanglah ke Kawah Ijen yang masyhur dengan blue fire dan warna kawah yang hijau toska. Eksplorasi pantai-pantainya juga sungguh menantang, catat saja Pantai Plengkung dengan ombaknya yang jadi surga peselancar, Pantai Pulau Merah, Pantai Teluk Hijau, Pantai Wedi Ireng yang berpasir putih. Kamu juga perlu menjelajahi Desa Osing Kemiren untuk tahu uniknya tradisi Banyuwangi. Nah, daerah yang terkenal sebagai Sunrise of Java ini tampaknya adalah yang harus segera kamu kunjungi tahun ini.

5. Instagrammer pasti akrab dengan cantiknya Tanah Laut, padang rumputnya serasa ada di negeri antah berantah. Padahal ini di Kalimantan lho….

Anyesnya tiduran di rerumputan Bukit Rimpi, Tanah Laut. Mau dek? via www.zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Jangan sangka Kalimantan hanya memiliki rimbunan hutan tropis yang lebat, yang sekarang banyak dilubangi oleh pertambangan batu bara dan perkebunan sawit. Di Tanah Laut, sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan, terhampar cantik savana yang menghampari manis lekukan-lekukan perbukitan. Setahun belakangan ini, unggahan padang savana daerah Pelaihari dan Bukit Rimpi cukup mengundang takjub para instagrammer. Sebagian berharap bisa mendatanginya sebagai wisata yang menarik di Kalimantan. Tak ada salahnya, kamu juga patut berburu pesona di daerah yang terletak di pojok tenggara pulau Kalimantan yang besar.

Di Tanah Laut, kamu juga bisa menelusur asyiknya Labirin Pelaihari di Agrowisata BP3T Tamabang Ulang. Pasti kamu tak menyangka di Tanah Laut ada lokasi seunik ini. Terus, kamu juga bisa menikmati berbagai pantai menarik seperti Pantai Tanjung Dewa. Satu lagi yang tak boleh terlupa adalah saksikanlah pertunjukan kerbau rawa liar di Banua Raya. Bagaimana? Menarik bukan? Boleh juga sisi lain Kalimantan ini dikunjungi.

6. Klop sudah! Sambil mengagumi sempurnanya gerhana matahari total tahun ini, Ternate menyuguhkan jejak kesultanan agung Indonesia Timur dan panorama alam yang bikin terkagum

Pesona Danau Laguna yang manis berharmoni dengan Maitara dan Tidore. via www.triptrus.com

Catat ya, tanggal 9 Maret 2016, Indonesia akan menjadi saksi gerhana matahari total. Beruntungnya, kamu bisa menyaksikannya di berbagai daerah di Indonesia. Nah, salah satu titik terbaik untuk melihat detik demi detik gerhana dari mulau meredup, gelap total dan terang kembali adalah di Ternate. Asyiknya, pulau mungil yang terletak di Maluku Utara ini menyuguhimu tak sekedar momen anggun gerhana, tapi bebarengan perayaan Festival Legu Gam Kesultanan Ternate yang telah berlangsung ratusan tahun. Tentu sungguh menarik bukan, kamu akan menyaksikan jejak sejarah dan atraksi tradisi dari kesultanan yang masyhur di Indonesia Timur dengan momen istimewa nan langka yang ditunggu masyarakat Indonesia.

Menjelajahi Ternate juga berarti menjelajahi pesona alamnya yang sangat menawan. Tengoklah Pantai Sulamadaha yang bisa bikin perahu seakan melayang di atas air. Kamu juga perlu melihat manisnya panorama Laguna Ternate yang sungguh epic. Nah, tak ada salahnya kalau kamu iseng untuk ambil uang seribumu lalu cocokkan dengan panorama yang kamu lihat. Bisakah kamu melihat gambar pada uang seribu itu kenyataannya persis dengan yang ada di hadapanmu?

7. Jangan takut pada Pulau Seram! Pesonanya malah akan membuatmu mendekat dan ketagihan

Pantai Ora yang asyik untuk honeymoon bersama pasangan halalmu. via www.diasporaiqbal.blogspot.co.id

Namanya memang gahar: Pulau Seram. Namun, kamu justru akan mendapatkan yang berkebalikan 180 derajat dengan panorama yang disuguhkan. Pulau Seram adalah pulau besar yang lokasinya ada di hadapan Pulau Ambon yang mungil. Cukup dengan kapal cepat, kamu tiga jam bisa menyeberang dari Ambon. Adalah Pantai Ora yang membuat Pulau Seram mulai dilirik sebagai destinasi impian para travellers. Pantai yang terletak di pesisir utara Pulau Seram ini memang dikenal sebagai Maldives-nya Indonesia . Pondok kayu bertengger manis di atas perairan tenang yang didekap sayang pegunungan tinggi nan ikonik. Saking romantisnya, saya aja menjalankan honeymoon dengan pasangan halal di pantai cantik ini. Kalau kamu gimana?

Tentu, saking luasnya Pulau Seram, pesonanya tak sekedar Ora semata. Di tetangganya saja ada Kampung Sawai yang menawarkan panorama laut yang tak kalah beningnya dan konservasi hutan yang kaya keanekaragaman burung. Kamu juga bisa menjelajahi lebat dan menantangnya Taman Nasional Manusela yang kaya flora fauna lengkap dengan bertakzim dengan kampung-kampung adat tradisionalnya.

Sebenarnya destinasi keren yang sedang naik daun di Indonesia itu sangat banyak. Kamu bisa menjumpainya di seantero Nusantara. Di sini, Hipwee hanya sekedar menerawang. Nah, sebenarnya yang paling penting dan nge-hits di tahun ini ialah perihal: kalau destinasi naik pelaminan gimana? Kamu sudah dapat belum? Duuh