Menjelajah berbagai belahan dunia tentu menjadi dambaan bagi setiap orang, termasuk kamu yang beragama Islam. Namun statusmu sebagai seorang Muslim bisa membawa berbagai tantangan. Misalnya saja ketersediaan makanan halal, keterbatasan tempat ibadah yang nyaman, bahkan bisa jadi ketakutanmu pada bagaimana masyarakat di kota tempatmu berkunjung akan memperlakukanmu.

Tapi hal-hal di atas tak seharusnya menyurutkan semangatmu untuk melangkahkan kaki ke tempat yang lebih jauh. Untuk membantumu, dalam artikel ini Hipwee akan memberi tahu berbagai tips yang akan membantu para traveler muslim untuk membuat petualanganmu nyaman, lancar, dan menyenangkan:

1. Riset Mendalam Dulu Tentang Tempat yang Ingin Kamu Tuju. Ini Agar Kamu Lancar Melaksanakan Perintah Agamamu.

Lakukanlah riset sebelum memutuskan berangkat via yestotravel.wordpress.com

Sebagai seorang traveler muslim, riset yang perlu kamu lakukan mungkin terasa sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan traveler non-muslim. Misalnya saja, kamu tidak hanya perlu mencari tahu tentang harga makanan di negara setempat tapi juga perlu mengetahui kandungan dari makanan tersebut: apakah makanan terkait mengandung zat yang diharamkan atau tidak.

Selain itu, bagi traveler pria beragama muslim yang ingin berkunjung lebih dari seminggu, informasi seputar keberadaan masjid demi menjalankan Shalat Jumat menjadi hal esensial yang perlu diketahui. Tahukah kamu bahwa sekarang sudah ada app Android untuk itu? Yup, app-nya sendiri bisa kamu unduh di sini.

2. Jika Tempat yang Kamu Kunjungi Tak Punya Mayoritas Islam, Jangan Lupa Unduh App Arah Kiblat Untuk Kelancaran Ibadahmu Di Sana

Advertisement

Download aplikasi qiblat untuk memudahkan shalat via shabrinazhafira.wordpress.com

Di beberapa negara yang notabene bukanlah negara Islam, informasi seputar arah kiblat bisa jadi barang langka yang dibutuhkan keberadaannya. Misalnya saja ketika kamu memutuskan berlibur ke Bangkok, di sana akan sulit ditemukan penginapan yang di dalamnya tersedia informasi petunjuk arah kiblat. Padahal untuk tetap bisa memenuhi kewajiban agama yang satu ini, sebagai umat Muslim kita perlu mengetahui arah kiblat yang tepat. Maka dari itu sebelum pergi ada baiknya kamu mengunduh aplikasi penunjuk arah kiblat yang kini banyak tersedia baik bagi kamu pengguna iOS, android, atau bahkan BlackBerry. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut bisa mempermudah kamu menjalankan ibadah shalat meskipun tidak tersedia penunjuk kiblat.

3. Jaga Kebaikan Makanan yang Masuk ke Tubuhmu. Tentu Tuhan Tak Sembarangan Ketika Memerintahkan Kita Hanya Makan Makanan Halal.

Selektif dalam menentukan makanan via nasikhudinisme.com

Menemukan makanan halal juga menjadi tantangan tersendiri bagi kamu pengelana Muslim. Namun asal kamu tahu tips dan trik mengenali makanan yang halal dan tidak, tidak perlu pusing memikirkan soal isi perut. Salah satu trik yang bisa Hipwee berikan adalah mengenali kandungan makanan dari kandungan yang tertera pada bungkus makanan. Misalnya:

Di Korea

돼지 고기  = Ham = babi

Di Jepang

豚肉 = Butaniku = babi

Di Thailand

เนื้อหมู = Neụ̄̂x h̄mū = babi

Jangan ragu mencatat istilah-istilah itu, atau mencocokkan dengan huruf yang tertera pada bungkus makanan dan buku menu tempatmu makan.

4. Daging Babi/Anjing Punya Aroma Tersendiri. Mintalah Temanmu yang Biasa Memakannya Untuk Mendeteksi Aroma Ini.

Minta tolong teman untuk mendeteksi aroma makanan via faraelsha.blogspot.com

Salah satu keuntungan memiliki teman yang lain agama adalah dia bisa memakan makanan yang bisa jadi haram untukmu. Nah, jika sedang berpergian bersama, minta mereka untuk mendeteksi apakah daging yang ingin kamu beli masuk nominasi daging haram tersebut. Aroma dan tekstur daging babi, anjing, sapi, dan ayam jelas berbeda. Jadi dengan deteksi dini dari yang biasa memakan, peluang makan makanan tak halal bisa diperkecil.

5. Jika Masih Ragu, Makan Saja di Restoran Vegetarian. Mengganjal Perutmu di Sini Adalah Pilihan yang Aman.

Resto vegetarian juga bisa jadi pilihan via defence.pk

Jika masih merasa tak yakin dengan kandungan makanan yang tersedia di berbagai restoran pada destinasi liburanmu, ada baiknya kamu menyambangi restauran khusus vegetarian. Jenis restoran ini bisa dibilang paling aman bagi kamu yang punya masalah kesehatan dan butuh makanan halal. Ada banyak restauran vegetarian yang tersebar di berbagai negara. Jangan takut untuk mencoba berbagai makanan vegetarian karena umumnya rasanya enak lho.

6. Sesuaikan Warna Jilbab Dengan Kondisi Cuaca Negara Destinasimu. Jika Ingin Berkunjung Ke Negara Bercuaca Panas, Hindari Jilbab Warna Gelap.

jilbab warna terang via suzannita.com

Salah satu keuntungan melakukan riset sebelum berpergian adalah bisa mengetahui cuaca yang akan kamu hadapi kala sedang traveling ke sana. Cuaca merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui guna mempersiapkan segala keperluan. Mengetahui cuaca apa yang akan dihadapi membantu kita untuk menentukan jenis outfit apa yang perlu dibawa.

Nah bagi kamu yang menggunakan hijab, sesuaikan warnanya dengan cuaca di destinasimu nantinya. Di beberapa negara seperti Singapura, Vietnam, atau Malaysia pilihan warna jilbab berwarna gelap bukanlah pilihan yang tepat. Warna gelap seperti itu cenderung menyerap panas dan bisa menimbulkan rasa tak nyaman. Yup, jilbab berwarna terang justru bisa membuatmu semakin leluasa berpetualang.

7. Tak Perlu Bak Rasulullah yang Harus Mengganjal Perut Dengan Batu. Bawa Saja Camilan Untuk Menunda Rasa Laparmu.

Daripada jajan pinggir jalan lebih baik beli camilan via hintatiwi.wordpress.com

Ketika sedang traveling biasanya kita terbiasa untuk jajan di pinggir jalan. Namun pada kenyataannya tidak semua makanan di pinggir jalan bisa dimakan. Baik karena alasan kebersihan ataupun kandungan makanan hal tersebut perlu diperhatikan.

Maka itu untuk mengantisipasi ada baiknya kamu menyimpan camilan yang dibeli dari minimarket yang sudah kamu ketahui kandungan di dalamnya. Selain lebih sehat, hal tersebut meminimalisir kemungkinan memakanan makanan yang tidak seharusnya.

8. Simpan Baju Sifon-mu dan Kenakan Pakaian Katun. Sangat Nyaman, Namun Tetap Bisa Membuatmu Tampak Santun.

Baju bahan katun yang nyaman dan santun via twitter.com

Bahan sifon umumnya digunakan untuk membuat baju wanita. Meskipun bahan ini tergolong bahan yang nyaman dipakai karena terasa enteng, namun ada baiknya untuk urusan traveling kamu menyimpannya terlebih dahulu. Alasannya adalah karena baju seperti itu tidak menyerap keringat. Pada saat traveling, biasanya kita cenderung melakukan aktivitas outdoor yang mengeluarkan banyak keringat. Untuk membuat tubuh tetap terasa nyaman mengenakan pakaian dengan bahan katun dapat menjadi pilihan yang tepat.

9. Traveling Dengan Hijab Membutuhkan Asupan Air Putih Yang Tinggi, Penuhi itu Untuk Menghindari Dehidrasi.

konsumsi air putih ditingkatkan via noveanna.com

Aktivitas outdoor ketika traveling pasti membuat tubuhmu membutuhkan asupan cairan ekstra dibandingkan dengan hari-hari biasa. Maka dari itu minumlah air yang lebih banyak untuk menghindari situasi kekurangan cairan. Dengan meminum air putih lebih banyak, hal ini menjaga stamina tubuhmu lebih terjaga dan juga lebih segar.

10. Jangan Pernah Ragu Untuk Mengenakan Jilbab Ketika Berpergian: Banyak Orang Luar yang Justru Akan Merasa Lebih Hormat Ketika Melihatmu Berhijab

Dian Pelangi di Paris via blog.dianpelangi.com

“Aku mau pergi ke sana, tapi pasti orang-orang bakal aneh kalau lihat aku pakai jilbab…”

Jangan takut! Mengenakan jilbab bukanlah halangan bagi kamu bepergian. Kemungkinan yang lebih besar justru adalah kamu mendapat rasa hormat dan segan dari orang-orang yang melihatmu. Jangan kaget saat nanti tidak akan ada orang di jalan yang bersiul atau suit-suit mengganggumu. Sebagian besar orang akan mengagumi penampilanmu yang mengedepankan kesopanan.

Tak perlu ragu dimusuhi karena kamu adalah seorang Muslim. Justru buktikan pada mereka: bukankah Islam adalah agama yang cinta damai?

Statusmu sebagai Muslim atau Muslimah tak seharusnya membuatmu ragu untuk berkelana. Bukankah Rasulullah sendiri yang bersabda: pergilah sejauh-jauhnya [untuk memiliki pengetahuan baru], bahkan ke negeri China jika perlu?