Cirebon memang tak pernah kehilangan taji untuk diulas. Berbagai ulasan mengenai Kota Udang ini sudah cukup marak. Destinasi wisata alam, buatan, hingga kuliner yang bisa bikin ketagihan pun ada di kota ini. Kota yang memiliki beragam moda transportasi ini memang layak untuk kamu kunjungi. Pelabuhan, stasiun, terminal, armada angkut darat, semuanya ada di sini. So, nggak ada alasan ‘nggak ada kendaraan’ buat ke Kota Intan ini.

Sebelumnya Hipwee Travel sudah membahas beragam wisata kuliner di Kota Cirebon. Kali ini kamu perlu mengangkat ranselmu untuk berkunjung ke Cirebon setelah menyimak daftar destinasi yang bisa kamu nikmati di Kota Tilang Intan ini. Yuk!

Mengenal budaya zaman dulu dengan mengunjungi situs sejarah di Kota Cirebon, Keraton Kasepuhan. Akulturasi berbagai etnis budaya ada di sini juga loh.

Keraton Kasepuhan. via www.alselacinda.com

Keraton ini merupakan salah satu destinasi utama bagi para pelancong yang sedang berlibur ke Cirebon. Sebuah akulturasi tersaji dalam penampakan Keraton Kasepuhan ini. Keraton yang terletak di Jalan Jagasatru ini melibatkan kebudayaan Sunda, Jawa, Hindu, Cina, India, Arab, dan Eropa. Dua patung macan putih yang berdiri tegar di depan keraton menjadi bukti bahwa Cirebon senantiasa menjadi titisan Kerajaan Padjajaran. Sebuah gapura bermotif pura pun kokoh berdiri di depan. Dan sebagainya. Penasaran? Mampir ke Kota Udang makanya!

Mengenal kebudayaan Indonesia, mengenal Cagar budaya Taman Sari Goa Sunyaragi yang memesona.

Cagar budaya. via www.antaranews.com

Advertisement

Cagar budaya yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja. Taman Sari Goa Sunyaragi menjadi situs sejarah yang populer di masyarakat Cirebon. Nggak jarang juga wisatawan luar kota bertandang destinasi yang masih bagian dari Keraton Pakungwati yang kini bernama Keraton Kasepuhan. Awalnya, Taman Sari Goa Sunyaragi ini merupakan taman air dengan berbagai hiasan seperti air terjun, patung-patung gajah, patung Sunti, dan patung Garuda. Ya, kalau buat foto-foto mah keren! hehe

Satu lagi cagar budaya yang melengkapi wisata sejarah kota Cirebon. Mampirlah ke kediaman wakil Sultan Cirebon, Keraton Kanoman.

Gerbang masuk Keraton Kanoman. via pejalansore.com

Keraton Kanoman. Dulu obyek ini digunakan sebagai tempat kediaman wakil sultan. Lokasinya berada di jalan Winaon, kampung Kanoman, Lemah Wungkuk, Cirebon. Di keraton yang berdiri di atas tanah seluas 6 hektar ini, masih tersimpan barang-barang bersejarah, termasuk diantaranya dua kereta kencana yang cukup populer yaitu kereta Paksi Naga Liman dan Jempana. Tiket masuk ke keraton ini lebih murah dari keraton Kasepuhan.

Wisata religi di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon. Jalan-jalan yang bikin kita selalu ingat Tuhan

wisata religi di cirebon via www.disparbud.jabarprov.go.id

Di Keraton Kasepuhan kamu bisa berkunjung ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon. Sebuah perpaduan wisata sejarah dan religi di kota udang. Di halaman masjid konon terdapan sumber air yang sama dengan sumber air zamzam. Masjisd yang berdiri di jaman Sunan Gunung Jati ini bahkan diklaim sebagai penyembuh penyakit yang mujarab. Wow. Tertarik mencoba?

Ke Cirebon tak lengkap rasanya tanpa ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, sang ulama Cirebon

ziarah makam sunan gunung jati via disporbudpar.cirebonkota.go.id

Nama Cirebon tak akan masyhur tanpa dedikasi Sunan Gunung Jati, salah satu wali songo yang berperan besar menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Kamu tentu harus dateng ke makam Sunan Gunung Jati untuk menuntaskan wisata ziarahmu di sana. Makam ini cukup unik karena arsitekturnya seperti perpaduan antara 3 budaya yakni Jawa, Arab dan China. Wah menarik ya! Kapan-kapan agendakan ke sana ya, Gaes!

Tak Jauh dari Cirebon, Museum Linggarjati di Kuningan jadi salah satu tonggak sejarah penting bangsa Indonesia!

museum linggarjati kuningan via us.images.detik.com

Salah satu sejarah penting Bangsa Indonesia adalah diakuinya kemerdekaan Indonesia oleh Belanda secara de facto pada tahun 1946. Nah, pengakuan itu disampaikan dalam Perjanjian Linggarjati. Kamu dapat mengunjungi tempat perundingan ini di Kuningan, sekitar satu jam dari Cirebon. Kini tempat itu sudah menjadi Museum Linggarjati yang berada di kaki Gunung Ciremai. Sesuai namanya, museum ini memang berisi tentang dokumentasi sejarah maupun peralatan waktu itu. Seru ya…

Itu dia wisata sejarah di Cirebon dan sekitarnya. Seru kan, ya. Memang sesekali kamu perlu coba wisata sejarah, sih. Nggak melulu wisata alam saja. Toh, kamu nanti bisa dapat pengalaman dan pengetahuan penting dari masa lalu yang tentu bermanfaat buatmu.

Cirebon bersiap menilangmu menyambutmu, Travelers!