Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja. Oleh karenanya, hari libur nasional dan juga cuti merupakan sebuah anugerah yang tak terkira. Maklum saja sih, beban kerja sudah sedemikian berat sehingga bisa bikin pikiran lelah dan juga stress. Untuk itu, liburan sangat penting untuk mengembalikan semangat bekerja lagi. Hehehe.

Bicara tentang cuti, ternyata ada banyak negara yang punya jumlah hari cuti yang lebih banyak dari Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia punya 12 hari yang bisa diambil untuk cuti setiap tahunnya dan punya 16 hari libur nasional tahun 2017 ini. Sebenarnya lumayan banyak lho ya. Tapi ternyata masih ada negara yang jauh punya lebih banyak cuti. Penasaran? Yuk simak sama-sama.

Negara Eropa terbilang sangat royal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk itulah rekor cuti tahunan terlama jatuh kepada Finlandia!

finlandia via javitour.com

Finlandia dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang terbaik di dunia. Mereka sangat concern untuk menjaga kualitas sumber daya manusianya salah satunya dengan memperbanyak jatah waktu cuti. Total cuti yang mereka dapatkan sebanyak 38 hari dalam setahun. Itu belum ditambah dengan libur nasional tahun 2017 yang sebanyak 13 hari lho ya. Total 51 hari dalam setahun mereka bisa berlibur dari rutinitas harian. Wah mantap!

Negara yang punya cuti terbanyak selanjutnya adalah Brasil dengan 30 hari cuti. Luar biasa ya, cuti aja total sebulan sendiri…

rio de janeiro, brasil via www.ultimatechase.com

Advertisement

Brasil memang terkenal dengan libur, pantai dan pesta. Mereka punya jatah cuti yang terbilang cukup fenomenal yakni 30 hari. Luar biasa bukan, libur aja sampai sebulan. Selain 30 hari cuti tersebut, ada juga libur nasional sebanyak 11 hari di tahun 2017 ini. Total liburnya sebanyak 41 hari lho. Betah pasti ya kalau kerja di sana.

Prancis sama seperti dengan Brasil, punya jatah cuti tahunan selama 30 hari. Makanya orang Eropa kalau liburan pas musim panas lama banget ya…

prancis via feed.merdeka.com

Prancis punya jatah cuti tahunan selama 30 hari alias sebulan. Itu belum ditambah dengan libur nasional selama 11 hari di negara Napoleon tersebut. Lumayan banget lah ya total 41 hari yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur. Pantesan orang Prancis dan Eropa pada umumnya relatif lama ya kalau berlibur ke Asia. Liburnya panjang banget…

Negara-negara Eropa memang sangat memanjakan warganya. Inggris pun juga punya cuti tahunan yang cukup panjang, yakni 28 hari. Nikmat sekali ya…

Cuti tahunan di Inggris Raya cukup lama, 28 hari. Ditambah dengan libur nasional sebanyak 15 hari, total ada 43 hari yang bisa dinikmati untuk berlibur. Hanya saja, libur nasionalnya berbeda-beda tiap negara bagian. Nggak masalah, yang penting cutinya lama. Hehehe.

Negara Skandinavia memang terkenal akan kehebatannya mengelola sumber daya manusia. Tetangga Finlandia, Swedia pun juga punya cuti tahunan yang lama, 25 hari

swedia via onweekend.co

Negara-negara Skandinavia memang terkesan kemudahan warganya untuk berlibur. Selain memberikan cuti melahirkan yang sangat panjang yakni 420 hari atau setahun lebih! Itupun perusahaan tetap harus membayar gajinya sebesar 80 %. Nggak cuma ibunya, ayahnya pun dapat cuti yang juga lumayan panjang. Gokil banget ‘kan Swedia!

Ternyata nggak cuma cuti melahirkan saja, cuti tahunan di Swedia juga cukup panjang waktunya yakni 25 hari. Ditambah libur nasional sebanyak 13 hari, makin lengkap deh kebahagiaan warga Swedia. Pengen banget deh tinggal di sana. Hehehe.

Jerman juga negara yang memberikan cuti tahunan panjang, sebanyak 24 hari dengan libur nasional sebanyak 19 hari. Wow! Spanyol juga nggak mau kalah. Meskipun cuti tahunannya cuma 22 hari, tapi libur nasionalnya ada 36 hari! Juaranya Spanyol sih ini, 58 hari total liburnya.

Bagi kita orang Indonesia, punya 12 hari cuti tahunan dengan 16 libur nasional sudah cukup banyak kok. Percuma juga ‘kan kalau libur panjang tapi nggak punya uang? Hehehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya