Di era Instagram seperti sekarang, kemampuan fotografi dan editing-nya sangat bermanfaat sekali. Banyak selebgram lahir dengan menawarkan foto-foto (yang tentu saja editan dengan berbagai aplikasi) dan diikuti oleh ribuan penggemar. Sah-sah saja memang jika memang hasil fotonya sendiri dan bukan milik orang lain. Boleh-boleh aja asal tidak melakukan rekayasa biar terlihat pernah traveling ke suatu tempat, padahal editan semata. Kamu pernah ketemu orang semacam ini?

Belum lama ini, ada seorang seleb instagram yang cukup populer tertangkap basah mengedit gambar seakan-akan dia traveling ke tempat itu. Padahal dia tidak ke sana. Hal ini terungkap gara-gara ada beberapa kejanggalan di foto instagramnya. Penasaran seperti apa kejanggalannya, yuk ah simak aja sama-sama.

Selebgram yang cukup populer di bidang fashion, kecantikan dan traveling, Amelia Liana, dituduh melakukan rekayasa di album Instagramnya…

Fotonya di New York City via www.dailymail.co.uk

Amelia Liana, seorang influencer Instagram dengan pengikut 458 ribu followers. Dengan follower sebanyak itu (entah asli atau fake) dia adalah termasuk selebgram yang cukup populer. Hal ini dapat dilihat dari foto-fotonya yang diambil dari berbagai kota dan destinasi wisata terkenal di dunia. Selebgram ini menuliskan bio, fashion, beauty and travel blogger. Artinya ia memang punya passion di bidang busana, kecantikan dan juga perjalanan. Terlihat sangat mengagumkan, bukan?

Namun sayang, ia melakukan kesalahan yang cukup fatal. Ada beberapa fotonya dianggap sebagai foto palsu dan hasil rekayasa karena ada satu kejanggalan yang sangat kentara…

freedom of tower via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Cobalah perhatikan di gambar sebelumnya. Tampak Amelia Liana sedang berdiri di balik kaca di mana terlihat Kota New York yang sangat indah. Ada yang janggal di foto yang diunggah pada 25 Mei 2017 tersebut yakni tidak adanya Freedom Tower di New York. Dalam fotonya, ia sedang melihat pamandangan kota dari Rockerfeller, tetapi Freedom Tower yang sudah ada sejak empat tahun lalu tak terlihat. Banyak yang menganalisis bahwa foto ini hanya rekayasa digital. Foto Amelia di bingkai kaca dan ditumpangtindihkan ke foto New York yang lama. Hingga muncul banyak komentar ‘Fake Photo‘ di akun Instagram Amelia @amelialiana tersebut. Duh, kok sampai sebegininya ya.

Nggak cuma 1 foto itu yang jadi masalah. Ada satu foto Amelia Liana ketika sedang mengunjungi Taj Mahal di India. Foto itu terlihat sangat janggal, mulai dari tidak adanya turis, bayangannya yang terpotong hingga salah satu menara Taj Mahal yang bengkok…

banyak banget yang aneh ya via www.dailymail.co.uk

Di foto ini lebih aneh lagi. Perhatikan lingkaran merah di mana banyak keanehan yang bisa disaksikan sendiri di foto ini. Ada gambar burung yang seakan ditambahkan di sana. Menara di sebelah kanan juga bengkok. Anehnya lagi tidak ada wisatawan yang terlihat memadati Taj Mahal, padahal setiap hari ribuan wisatawan berkunjung ke sana. Oh iya ada satu lagi, bayangan Amelia terputus dan tidak utuh sampai ke kolam. Mencurigakan sekali bukan? Patut diketahui bahwa Taj Mahal juga sedang perbaikan sehingga ada rangka-rangka pembangunan Taj Mahal yang tidak tampak ada di foto tersebut. Dari penjelasan ini sangat gamblang kalau foto ini juga hasil editan yang terlampau merekayasa. Diduga Amelia menempelkan fotonya pada foto destinasi wisata yang populer.

Masih ada lagi foto lain yang terindikasi rekayasa. Contohnya foto es krim yang dipotret seakan-akan di jalanan New York ini. Harusnya es krimnya bakalan meleleh…

harusnya sih meleleh es nya via www.instagram.com

Foto Amelia membawa es krim di New York ini juga kontroversial. Ia berfoto dengan es krim yang masih utuh dan sangat menggiurkan. Padahal ada seorang yang berkomentar bahwa tidak ada toko es krim di tempat itu. Sangat aneh ‘kan, harusnya es krimnya sudah meleleh. Dan dia seringkali berfoto dengan gaya membawa es krim yang sangat tidak logis itu.

“Tak masalah kalau kamu mengedit fotomu di Instagram, tapi jangan sampai kamu membohongi follower kamu. Itu hanya akan menunjukkan dirimu sangat terobsesi dengan gaya hidup ‘instagrammable’…” tulis salah seorang user Instagram.

Menanggapi hal tersebut Amelia berujar bahwa ia punya banyak followers loyal dan tak pernah sekalipun ia membohongi mereka dengan berfoto di tempat yang tidak ia datangi.

‘I do strive to present my photographs in the best possible way but always remain faithful to my followers by taking my pictures in real locations.’
‘Saya berusaha menyajikan foto-foto menarik dan tetap setia kepada pengikut saya dengan berfoto di lokasi yang nyata,’ sanggah Amelia Liana.

Jadi siapa yang benar? Kamu bisa simpulkan sendiri lah ya. Semoga gaya hidup Instagram nggak membuat kita menghalalkan segala cara demi foto yang bagus. Edit nggak apa-apa, asal nggak fake aja sih ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya