Biasanya, sebuah film yang bikin penasaran adalah film yang diangkat dari kisah nyata. Sebab sebagai penonton, kita akan cari tahu, bagaimana kisah nyata itu sebenarnya, dan membandingkannya dengan visualisasinya dalam film.

Nah, banyak pula sineas Indonesia yang mengangkat kisah nyata menjadi film layar lebar. Nggak sedikit film-film itu mendapat sambutan yang cukup baik dari penonton. Apalagi kalau film itu berkisah tentang urban legend! Horor bercampur asmara. Duh, pasti asyik nih. Tapi nggak cuma film esek-esek sampah, ya!

Berikut ini Hipwee Travel akan suguhkan buat kamu yang penasaran dengan beberapa film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata. Cekidot!

Masih ingat film Si Manis Jembatan Ancol? Kisah legendaris dari tanah Batavia yang diangkat jadi film horor.

Mariam! via www.bintang.com

Nggak cuma film Hollywood, Indonesia juga punya film horror yang diangkat dari kisah nyata loh. Salah satu film paling fenomenal yang selalu terkenang oleh masyarakat Indonesia adalah Si Manis Jembatan Ancol. Siapa sih yang nggak tahu film ini? Film yang dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozy Syahputra ini diangkat dari kisah nyata seorang wanita yang terbunuh di sekitar jembatan Ancol. Adalah Siti Ariah, seorang gadis berusia 16 tahun yang tewas dibunuh, dan jasadnya dibuang di sekitar Danau Sunter, nggak jauh dari Jembatan Ancol. Konon katanya, masih sering nampak loh si gadis manis ini. ~

Masih dari Jakarta, penulis skenario Ery Sofid mengizinkan Sutradara Koya Pagayo untuk menggarap film horor Hantu Jeruk Purut. Pernah nonton?

Advertisement

Pastor tanpa kepala. via www.penampakan.org

Film yang rilis tahun 2006 ini diilhami dari kisah nyata dari TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Konon, menurut pengakuan warga setempat, mereka kerap melihat sosok Pastor tanpa kepala dan sosok Kuntilanak (asisten Pastor ketika masih hidup) yang sliweran di sekitar TPU. Nggak terlalu mengganggu sih, tapi….siapa sih yang nggak serem lihat penampakan seperti itu?

Film Ratu Pantai Selatan, urban legend dari Parangkusumo yang melegenda. Masih ingat film ini?

Ilustrasi Nyi Roro Kidul. via plus.google.com

Satu lagi film nasional yang sudah melegenda. Mungkin semua orang nggak akan pernah lupa dengan film ini. Film yang rilis pada tahun 1980 ini mengangkat kisah urban legend dari pantai laut selatan, Parangkusumo yang disutradarai Ackyl Anwary. Dibintangi oleh Susana Cicilia, Drg. Fadli, dan Farida Pasha, film ini sukses menjadi film legenda terbaik sepanjang masa. Yang masih ingat film ini, coba tulis di kolom komentar.

Dari arwah gentayangan sampai hilangnya pedagang nasi goreng, diangkatlah kisah ini menjadi film horor dengan judul Rumah Pondok Indah.

Cover DVD film Rumah Pondok Indah. via trendygalih.com

Film horor yang rilis 10 tahun lalu ini rupanya juga diangkat dari kisah nyata sebuah rumah di bilangan Pondok Indah, Jakarta yang terkenal angker. Hasil tangan dingin sutradara Rudy Soedjarwo ini mengisahkan sebuah keluarga kecil yang kerap diganggu oleh makhluk halus bernama Maya yang merasuki tubuh si anak dalam keluarga ini. hiiii!

Dulu, rumah ini terletak di jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mungkin kamu yang sering main ke sana, pernah denger cerita tentang seorang pedagang nasi goreng yang hilang di depan rumah ini pada malam hari, secara misterius.

Masih di Jakarta, pernah nonton film Terowongan Casablanca? Kisah ini beneran ada di Casablanca loh!

Casablanca! via photo.liputan6.com

Film yang rilis pada 2007 ini mencoba mengangkat kisah nyata dari misteri terowongan Casablanca. Seorang wanita yang tengah mengandung yang tewas dibunuh di bawah terowongan. Lebih asyik nonton langsung daripada diceritain. Biar degdegannya lebih seru! :p

Datangnya dari Bandung, film Hantu Pohon Boneka ternyata terinspirasi dari kisah sebuah pohon dengan banyak boneka di sekitarnya. Ini nyata!

Film yang dibintangi Nana Mirdad dan Stuart Collin ini konon katanya diadopsi dari urban legend Kota Bandung. Sebuah pohon yang terletak di Jalan Babakan, Siliwangi, Bandung itu menjadi sumber inspirasi Nayato Fio Nuala dalam menelurkan film yang dirilis pada 2014 lalu.

Konon, pohon itu merupakan tempat tinggal arwah anak kecil korban tabrak lari. Supaya arwah ini nggak mengganggu orang-orang sekitar, disematkanlah beberapa boneka di pohon itu.

Masih dari Bandung, kamu pernah lihat Rumah Gurita nggak? Keangkeran rumah itulah yang diangkat jadi film Rumah Gurita.

Rumah Gurita…. via penulispro.net

Pada Oktober 2014, film Rumah Gurita mulai tayang di bioskop di seluruh Indonesia. Film horor yang dibintangi oleh Shandy Aulia, Boy William, Kemal Palevi, dan Maria Sabta ini ternyata bukan film biasa! Diangkat dari kisah nyata sebuah rumah misterius di Bandung, yang ‘dicengkram’ sebuah gurita raksasa.

Nah, itulah tujuh film Indonesia yang tingkat kehororannya boleh kamu bandingin sama film barat. Ya, mungkin secara kualitas grafik lebih bagus produksi Hollywood. Tapi, plis, support your local movie! 🙂

Kalau urban legend dari daerah tempat tinggalmu, ada yang layak untuk diangkat ke layar lebar nggak sih? Share di kolom komentar, ya!

Atau kamu mau tau cerita horor lainnya? Kepoin aja langsung @sarawijayanto di akun migmenya.