Dunia tengah berduka. Italia, salah satu negara destinasi wisata bertaraf internasional itu baru saja dilanda bencana. Gempa berkekuatan 6.2 SR mengguncang Italia Tengah di saat warganya terlelap tidur. Gempa besar tersebut terjadi pukul 03.36 pagi waktu setempat, 24 Agustus lalu. Dampak gempa itu pun terlihat jelas di beberapa kota di Italia Tengah seperti Kota Amatrice, Arquata, Accumoli, dan Pescara del Tronto.

Bencana yang tak disangka-sangka, datang saat subuh menjelang

Bangunan di Italia Tengah sebelum dan sesudah gempa via www.boredpanda.com

Sebanyak 291 nyawa melayang akibat musibah ini. Sejumlah turis asing yang tengah mengunjungi daerah ini juga menjadi korban. Nggak cuma itu, ratusan orang juga terluka akibat terkena reruntuhan. Kepiluan jelas tergambar di wajah mereka yang selamat. Dan masih banyak yang belum ditemukan karena masih terhimpit di bawah puing-puing bangunan. Ribuan personil pun dikerahkan untuk mencari korban-korban yang masih tertimbun runtuhan bangunan.

Puluhan gempa susulan masih menghantui masyarakat Italia Tengah di tengah reruntuhan

Bangunan bersejarah sebelum dan sesudah gempa via www.boredpanda.com

Setelah gempa meluluhlantakkan beberapa kota di Italia Tengah tersebut, masyarakat yang selamat masih dihantui gempa-gempa susulan. Gempa susulan tersebut di antaranya juga memiliki kekuatan yang cukup besar sehingga membangkitkan trauma masyarakat yang baru saja dilanda bencana itu. Gempa yang berpusat di area hutan dekat Lazio, desa di Accumuli, bahkan terasa hingga Roma yang jauhnya 161 kilometer. Semoga korban gempa ditabahkan ya 🙁

Dibangun pada abad pertengahan, ratusan bangunan bersejarah tak luput dari kehancuran

Advertisement

Gereja peninggalan sejarah sebelum dan sesudah gempa via www.boredpanda.com

Nggak cuma masyarakat yang menjadi korban dalam bencana yang terjadi di Italia Tengah ini. Ratusan bangunan bersejarah pun juga turut rusak bahkan hancur. Berbagai peninggalan abad pertengahan berupa bangunan itu pun sudah tak berbentuk. Hal ini dikarenakan banyak bangunan tua yang merupakan “unreinforced masonry building” atau bangunan batu bata sederhana tanpa besi tulangan yang mudah rusak atau rubuh saat diguncang gempa kuat. Sayang banget peninggalan sejarahnya juga ikut jadi korban. Padahal Italia termasuk ke dalam negara dengan peninggalan sejarah paling banyak di dunia.

Amatrice, salah satu kota terindah di Italia yang hanya menyisakan reruntuhan setelah gempa

kota Amatrice Sebelum dan Sesudah Gempa via static01.nyt.com

Di antara beberapa kota yang terkena dampak gempa 24 Agustus lalu, Amatrice adalah kota yang mengalami kerusakan paling parah. Kota ini juga memakan korban terbanyak. Bahkan separuh kota ini “hilang” ditelan gempa. Pada tahun 2015, Amatrice masuk dalam daftar tempat paling indah di Italia. Di kota ini terdapat gereja-geraja peninggalan abad ke-14 yang menjadikan kota ini ramai dikunjungi wisatawan.

Nggak cuma bangunan bersejarahnya, kota Amatrice juga terkenal akan pastanya. Spagetti dan bucatini merupakan kuliner wajib yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke sana. Apalagi dengan saus Amatriciana, kuliner tersebut menjadi buruan para wisatawan. Bahkan festival pasta diadakan di kota ini setiap tahunnya dan tahun ini seharusnya menjadi festival emas karena sudah menginjak 50 tahun.

50 tahun perayaan pasta dan saus Amatrice yang terkenal seantero dunia hanya tinggal rencana

Amatrice sebelum dan sesudah gempa yang menggunacang Italia 24 Agustus lalu via www.boredpanda.com

Amatrice merupakan kota kecil di kawasan pegunungan Italia dengan populasi hanya sekira 2.500. Meskipun kota kecil, setiap tahun Amatrice dikunjungi banyak wisatawan karena di sana banyak sekali festival makanan dan juga memiliki pemandangan yang indah. Festival of the Spaghetti all’Amatriciana tahun ini merupakan festival emas yang ditunggu-tunggu. Perayaan ke-5o ini dijadwalkan dari tanggal 26 hingga 28 Agustus. Namun sayang, bencana mendahului festival tersebut. Dan pada akhirnya, perayaan tersebut tinggal rencana 🙁

Semoga para korban ditabahkan dan yang masih hilang segera ditemukan. Pemerintah Italia pun harus bekerja keras untuk menyelamatkan peninggalan sejarah yang masih tersisa, agar Italia kembali menjadi destinasi yang terkenal akan bangunan bersejarahnya. Aamiin.