Kamu tahu nggak ke mana perginya pesawat yang rusak dan sudah tidak terpakai? Sebagian ternyata ada yang dijual lho. Kalau kamu warga Jogja, pasti pernah dengar tempat makan yang menggunakan body pesawat, atau bagian-bagian pesawat yang sangat unik dan otentik. Namanya The Captain Urban Lounge, sebuah cafe berkonsep unik dengan beberapa bagian pesawat. Pernah coba?

Nah, Klaten nggak mau ketinggalan sama Jogja. Bukan meniru konsep cafe ala pesawat. Di sana ada pesawat yang dimanfaatkan untuk fungsi lain, yakni bioskop mini! Letaknya pun nggak tanggung-tanggung, di tempat pemancingan ikan. Gokil ‘kan? Yuk daripada penasaran, kita kepoin pesawat yang unik ini.

Bandara Adi Sumitro, sebuah tempat wisata dan pemancingan di Klaten, jadi persinggahan pesawat buatan tahun 1980 bekas milik Batavia Air ini. Kini pesawat itu berfungsi menjadi bioskop!

pesawat bioskop mini via jateng.tribunnews.com

Bandara ini bukan bandara yang sebenarnya ya, melainkan hanya julukan untuk tempat wisata pemancingan di Taman Air 100 Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Di tengah-tengah wahana pemancingan dan rumah makan, terdapat 1 bangkai pesawat yang kini disulap jadi destinasi hits untuk anak muda maupun keluarga. Pesawat Boeing 737-200 mantannya Batavia Air ini kini jadi bioskop mini lho. Kamu bisa menyaksikan film-film seru di sini. Lucu juga ya konsepnya!

Interiornya pun masih seperti pesawat terbang. Hanya saja ada layar yang digunakan untuk memutarkan film di dalam pesawat. Seru juga ya kayanya…

seru juga kayanya via travel.detik.com

Advertisement

Dilansir dari Detik Travel, pesawat Boeing 737-200 itu diperoleh dari Bandara Soekarno-Hatta. Jam terbang pesawat itu sudah habis (grounded) sehingga tidak digunakan untuk terbang lagi sedangkan mesin pesawat pun telah dilepas. Bagian interior dalam pesawat pun masih utuh dan digunakan sebagai tempat menonton film pendek. Pesawat dibagi menjadi tiga ruangan, yaitu kokpit, ruang pemutaran film 3D, dan ruang pemutaran teater alam. Sayangnya bukan film bioskop paling hits yang baru rilis. Hehehe.

Biayanya juga relatif terjangkau. Pengunjung dikenakan biaya Rp 10 ribu untuk bisa menonton teater alam. Sedangkan untuk menonton film 3D, pengunjung dikenakan biaya Rp 20 ribu dengan durasi masing-masing film sekitar 20 menit. Ya lumayan lah buat refreshing di akhir pekan.

Selain pesawat, ada berbagai fasilitas dan wahana yang tersedia di Taman Air 100 Janti. Ada pemancingan, rumah makan, kolam renang, bianglala hingga waterboom. Mantap!

bagus ya pesawatnya via jateng.merdeka.com

Selain pesawat yang bisa digunakan untuk menonton film, ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Mulai dari pemancingan ikan, kolam renang, bianglala, mobil gowes, kereta odong-odong hingga waterboom. Cocok banget sih buat liburan keluarga. Kalau lapar banyak sekali rumah makan yang tersedia di sana. Jadi nggak perlu khawatir deh kalau mau liburan di sana seharian. Sudah lengkap, murah lagi. Kalau ke Klaten, harus mampir ke destinasi yang masih hits ini sih…

Kamu yang tinggal di Klaten, cocok lah liburan akhir pekan nonton bioskop di pesawat. Atau kamu yang berencana pergi ke Jogja atau Solo, bisa lah mampir bentar ke sana. Yuk liburan ke Klaten!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya