Belum lama ini, dunia trasportasi udara kembali diguncang kabar mencengangkan. Sebuah pesawat milik maskapai Egypt Air dinyatakan hilang dari radar. Pesawat yang mempunyai rute Paris-Kairo tersebut menghilang di daerah Laut Mediterania, tak jauh dari daratan Yunani. Pencarian besar-besaran pun kemudian dilakukan di kawasan selatan sebuah pulau di Yunani, Karpathos. Yunani menjadi negara yang paling intens membantu Mesir dalam mencari keberadaan pesawat tersebut. Sedangkan Perancis menawarkan kapal dan pesawat untuk menemukan pesawat yang membawa 56 penumpang tersebut.

Di mana pun itu, kecelakaan adalah hal yang tak diinginkan. Akan menjadi sesuatu yang mengerikan jika hal tersebut menimpa sanak saudara kita, atau bahkan kita sendiri. Semoga kita dijauhkan dengan hal tersebut.

Bukan bermaksud menakut-nakuti kamu, kali ini Hipwee Travel mau ngasih informasi soal kecelakaan-kecelakaan pesawat paling seram yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Simak ya!

1. Hingga saat ini, keberadaan Malaysia Airlines Penerbangan 370 masih misterius.

Malaysia Airlines via www.topinfopost.com

Sabtu, 8 Maret 2014, sebuah pesawat Malaysia Airlines yang dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Beijing hilang entah kemana. Pesawat yang berpenumpang 227 orang tersebut hilang kontak satu jam setelah take off dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Advertisement

Upaya pencarian pun langsung digelar oleh beberapa negara. Upaya pencarian dan penyelamatan gabungan tersebut pun menjadi upaya terbesar sepanjang sejarah. Awalnya pencarian dilakukan di Teluk Thailand dan Laut Tiongkok Selatan. Namun karena hasil nihil, wilayah pencariannya diperluas hingga Selat Malaka dan Laut Andaman.

Hingga saat ini, bangkai pesawat pesawat Boeing 777-200ER itu masih belum ditemukan.

2. Hilangnya Adam Air 574 di Laut Mejene pernah kejutkan Indonesia. Ibu pertiwi berduka.

Ilustrasi via tampo.co

Indonesia pernah beberapa kali berduka karena peristiwa kecelakaan pesawat. Salah satunya yang masih kita ingat adalah kecelakaan Adam Air penerbangan 574 pada tahun baru 2007. Pesawat tersebut hilang di perairan Majene, Sulawesi Barat.

Hingga saat ini bangkainya pesawat tak pernah ditemukan secara utuh, Seluruh penumpang dan awak pesawat yang total berjumlah 102 orang pun tak beda nasibnya. Mereka dinyatakan tewas dan jumlah tersebut menjadi angkat kematian tertinggi pada kecelakaan penerbangan yang melibatkan pesawat Boeing 737-400.

Satu tahun kemudian, setelah dilakukan investigasi intensif, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan bahwa cuaca buruk jadi biang keladinya. KNKT mengeluarkan pernyataan bahwa pesawat miring dan kemudian turun deras sebelum akhirnya menabrak laut.

Tahun baru yang sungguh menyeramkan bagi keluarga korban. Our thought are with you.

 

3. Akibat kristal es, Air France Flight 447 jatuh di Samudera Atlantik. Sebanyak 228 jiwa dinyatakan tewas.

Puing pesawat via i.dailymail.co.uk

Serupa dengan yang terjadi pada Adam Air 574, sebuah pesawat Air France Flight 447 yang mengalami kecelakaan pada 1 Juni 2009 juga diakibatkan kondisi alam. Berdasarkan investigasi para peneliti dari Perancis, kristal es membuat kerusakan sistem pesawat yang difungsikan untuk menentukan kecepatan.

Pada peristiwa genting tersebut, pilot ditenggarai tidak bisa menangani kerusakan tersebut. Mesin pesawat tiba-tiba mati di udara. Beberapa detik kemudian jatuh menghantam laut di Samudera Atlantik. Akibatnya, sebanyak 228 penumpang dan awak pesawat dinyatakan tewas.

4. Pesawat Trans World Airlines (TWA) Flight 800 meledak di langit New York.

Bangkai pesawat. via cdn.news12.com

Ledakan di langit New York pada Rabu malam, 17 Juli 1996, bukanlah ledakan kembang api. Peristiwa menyeramkan tersebut menggegerkan  Melainkan sebuah catatan kelam bagi dunia transportasi udara Amerika Serikat yang . Sebuah pesawat yang baru beberapa menit take off dari Bandara John F. Kennedy, New York, meledak. Sebanyak 230 orang penumpang dan awak pesawat tak selamat pada tragedi tersebut.

Setelah menjalani empat tahun investigasi, penyebab meledaknya pesawat akhirnya diketahui oleh pihak terkait. Mereka mengemukakan bahwa korsleting listrik di salah satu tangki bahan bakar jadi sebab utama.

 

5. Dua tahun sebelum meledaknya TWA Flight 800, sebuah kecelakaan US Air 427 di Pittsburgh tewaskan 132 jiwa.

Kepingan pesawat via www.post-gazette.com

Sebelum melakukan pendaratan di Bandara Internasional Pittsburgh, pesawat US Air 427 mengalami turbulensi. Peristiwa turbulensi pada pesawat memang kerap kita temui. Tapi malang bagi pesawat US Air 427. Pesawat tersebut langsung jatuh ke darat dengan kecepatan yang mengerikan, yaitu 300 mil per jam.

Kita tentu bisa membayangkan sendiri – meskipun sulit – bagaimana detik-detik jatuhnya pesawat. Hancur berkeping-keping. Sebanyak 132 jiwa menemui ajalnya pada tragedi 8 September 1994 tersebut. Investigasi pun dilakukan dan baru diketahui hasilnya setelah 4 tahun. Penyelidikan menghasilkan simpulan bahwa kecelakaan tersebut akibat kesalahan pilot.

6. Sebanyak 290 jiwa melayang akibat misil nyasar yang mendarat di badan pesawat IR 655.

Mengenang IR655 via www.wwwebart.com

Salah satu kecelakaan penerbangan paling parah di dunia pernah terjadi di Selat Hormuz, Teluk Persia. Tak seperti tragedi lain, penyebab kecelakaan IR 655 rute Teheran-Dubai tak lain akibat tembakan misil yang berasal dari militer Amerika Serikat. Kapal perang AS tersebut dikabarkan salah mengidentifikasi pesawat. Pihak militer Amerika Serikat mengira IR 655 itu pesawat tempur F-14 Tomcat Iran.

Sejak insiden tersebut, hubungan multilateral antara Iran dan Amerika Serikat tak pernah adem. Kedua negara selalu tegang. Pemerintah Iran menuding Amerika Serikat sengaja menembak jatuh IR 655. Sedangkan Amerika Serikat, meskipun pasca insiden salah tembak tersebut telah menyatakan penyesalan, tapi sampai saat ini belum pernah menyatakan bertanggung jawab secara resmi, membayar ganti rugi maupun meminta maaf secara resmi kepada Iran.

7. Kelebihan beban, pesawat kargo di Kongo hantam pasar yang sedang ramai pengunjung.

Nabrak pasar 🙁 via www.aljazeera.com

Kecelakaan pesawat Air Africa pada 1996 jadi salah satu kecelakaan pesawat yang paling mengerikan. Meskipun tak banyak informasi tentang kecelakaan ini, namun kelebihan beban muatan ditenggarai jadi penyebab jatuhnya pesawat kargo tersebut di Kongo.

Saat tinggal take off, kabarnya pesawat tidak  mencapai kecepatan yang maksimal untuk lepas landas. Namun yang menjadi kesalahan adalah pilot tetap memaksakan diri untuk terbang. Pada akhirnya, pesawat jatuh dan menabrak kerumunan di sekitar lapangan udara. Pesawat meledak bagai bola api. Meskipun enam awak pesawat selamat, tapi hampir 300 orang tewas dan 253 luka parah. Ini adalah jumlah terbesar kematian kecelakaan pesawat kargo yang terjadi di darat.

8. Hilangnya Flight 19 menjadi awal munculnya mitos keangkeran Segitiga Bermuda.

Hilang di Segitiga Bermuda via www.bermuda-attractions.com

Mitos tentang angkernya kawasan Segitiga Bermuda  di utara Samudera Atlantik sudah dikenal seluruh dunia. Kawasan tersebut bahkan tenar dengan nama segitiga setan. Hipwee yakin enggak bakal ada yang kepengen coba-coba lewat sana.

Namun tahukah kamu bagaimana awalnya muncul mitos tersebut? Sebelum sejumlah kapal dan pesawat lenyap tanpa jejak, ternyata pesawat Flight 19 mengawali kisah-kisah selanjutnya. Pada tahun 1945, pesawat Flight 19 yang mengudara untuk menjalankan sebuah misi tak pernah kembali setelah melewati kawasan tersebut. Sejak saat itu mitos Segitiga Bermuda dijuluki kawasan segitiga setan.

Takdiri hidup dan mati kita memang hanya Tuhan yang tahu. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal buruk. Aamiin…