Kabar gembira untuk kita semua, event paling romantis di Indonesia sudah dirilis. Event itu adalah Dieng Culture Festival 2017. Acara seru ini bakal diadakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017 nanti. Meskipun masih sekitar 4 bulan lagi, namun animonya sudah mulai tinggi. Maklum, tiket yang terbatas tak sesuai dengan permintaan yang begitu tinggi.

Buat kamu yang belum tahu apa itu Dieng Culture Festival (duh, kemana aja), Hipwee Travel bakal mengulasnya buat kamu semua. Habis baca ini pasti jadi mupeng pengen ke sana. Hehehe.

Dieng Culture Festival (DCF) adalah event yang dilaksanakan setahun sekali. Acara ini adalah sebuah upaya melestarikan budaya yang ada di Dataran Tinggi Dieng…

Diadakan pertama kali tahun 2010 silam, tahun ini adalah penyelenggaraan kali ke delapan. Dari yang awalnya cuma sekedar event sederhana dari masyarakat Dieng, kini gaung Dieng Culture Festival melambung sampai ke mancanegara. Tak kurang 20.000 pengunjung memadati Dataran Tinggi Dieng setiap DCF dilaksanakan. Wah seru sekali ya!

Dalam hajatan 3 hari, begitu banyak acara yang seru di sana. Salah satunya Jazz Atas Awan yang mengagumkan!

jazz atas awan

Kalau kamu suka musik jazz, nah DCF 2017 ini paling cocok buat kamu. Bayangkan, kamu bakal nonton jazz di atas gunung berketinggian 2000 meter dengan dibungkus kabut tipis Dieng. Dingin banget lagi. Bulan Agustus adalah puncak musim kemarau yang justru suhunya sangat dingin, bisa minus lho. Tapi apalah artinya dingin jika ditemani musik jazz nan syahdu, dan juga kamu. Iya, kamu…

Sembari mendengarkan lantunan Jazz Atas Awan, kamu akan berkesempatan untuk melepaskan lampion beserta doa-doamu ke langit. Romantis abis…

Dieng Culture Festival via www.facebook.com

Ya Allah dekatkanlah jodoh hamba…

Mungkin itu yang akan jadi doamu pas melepas lampion sewaktu DCF 2017 nanti. Tentang jodoh, karir, kesehatan, prestasi dan sebagainya. Kapan lagi melepaskan lampion bareng-bareng diiringi musik Jazz Atas Awan yang memabukkan. Tahun lalu, ribuan orang melepas lampion diiringi lagu sendu dari Anji.

Oh Tuhan, ku cinta dia

Ku sayang dia, rindu dia, inginkan dia

Utuhkanlah rasa cinta di hatiku

Hanya padanya, untuk dia

Nggak cuma event DCF-nya yang kece, tempat wisata di Dieng juga wajib kamu sambangi. Udah dapat festival keren, destinasi wisatanya pun mantap!

Selain di venue utama, banyak juga destinasi yang bisa kita tuju selama 3 hari 2 malam di Dieng. Ada Kawah Sikidang, Telaga Warna, Bukit Ratapan Angin dan juga Bukit Sikunir yang sunrise-nya memukau. Dua tahun terakhir, ada juga bukit pangonan yang hits dengan padang rumputnya. Selain wisata itu masih banyak wisata lain yang tersebar seantero Dieng. Cuma memang dengan waktu terbatas, mungkin lebih baik 4-5 tempat itu saja yang didatangi.

Terakhir, acara puncak Dieng Culture Festival adalah pemotongan rambut gimbal. Anak-anak Dieng yang berambut gimbal akan dipotong rambutnya pada event ini…

cukur rambut gimbal di candi arjuna via www.instagram.com

Pada awalnya ritual pemotongan ini memang sakral di Dieng. Ada anak-anak keturunan Dieng yang mempunyai rambut gimbal yang akan dipotong dalam sebuah ritual. Si anak boleh meminta apapun sebagai ganti kesediannya dicukur rambut gimbalnya. Kadang ada yang minta sepeda, kulkas, sepeda bahkan ada yang cuma minta es lilin! Nah, ritual ini dimasukkan acara Dieng Culture Festival yang rutin setiap tahun. Seru banget sih melihat budaya unik di Dieng secara eksklusif begini.

Bagaimana cara gabungnya? Kamu bisa pergi ke sana namun lebih baik ikutan biro travel aja, karena akan sangat ramai nanti di sana…

sampai jumpa di dieng via www.instagram.com

Kamu bisa berangkat sendiri ke sana. Mulai dari cari tiket sendiri, urus transport sendiri, nyari penginapan sendiri, sampai berangkat sendiri. Duh, jones banget ya. Bisa tapi kamu akan sedikit kesulitan mengingat akomodasi akan segera habis bahkan beberapa bulan sebelum acara. Transport pun sulit karena kepadatan arus ke Dieng. Kalau kamu sudah terbiasa dengan kerempongan seperti itu, ya mending berangkat sendiri aja.

Tapi kalau memang nggak ada waktu dan sulit untuk mengurus tetek bengek seperti itu, mending ikut biro travel saja yang bekerjasama dengan Dieng Culture Festival. Karena akomodasi, tiket hingga transportasi sudah disiapkan jauh-jauh hari oleh mereka. Biaya pun nggak jauh beda kok sama kalau berangkat sendiri. Benefitnya adalah ketika ikut trip rame-rame, siapa tahu jodohmu ketemu di sana. Hehehe. Amin amin amin.

Jadi, masih rela tahun ini nggak ke sana lagi. Kalau sudah punya pasangan, asyik sih kalau diajak ke Dieng Culture Festival, festival paling romantis di Indonesia!