Kamu sudah tahu belum kalau tanggal 9 Maret 2016 besok terjadi Gerhana Matahari Total? Indonesia beruntung dilewati oleh fenomena alam yang langka dan unik ini lho. Kamu perlu tahu bahwa gerhana matahari total akan melintasi berbagai daerah di Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Sebagian daerah lain akan menerima gerhana matahari sebagian.

Namanya travelling masa sekarang, gerhana sekalipun bisa jadi alasan orang untuk mengunjungi suatu destinasi. Jelas beda banget dengan zaman lampau. Orang-orang dulu takut dengan kemunculan gerhana. Ya, di Jawa dan sebagian daerah lain di Indonesia mitosnya gerhana terjadi karena Batara Kala menelan matahari saat dendam kepada Dewa Matahari. Anak-anak kecil dan ibu hamil ditakuti untuk masuk ke rumah agar terhindar dari murka Batara Kala. Hayoo, siapa yang dulu takut dengan gerhana?

Tertarik dengan wisata gerhana matahari total dong! Jarang-jarang kan kamu bisa menikmati wisata unik ini kan. Nah, Hipwee Travel memberikanmu referensi sebaiknya travelling kemana untuk melihat momen gerhana matahari total.

Biasanya kamu melihat cantiknya Jembatan Ampera di malam hari, momen gerhana matahari total akan membuat ikon Palembang ini lebih dramatis

Jembatan Ampera akan jadi pusat pesona Gerhana Matahari Total di Palembang via www.diasporaiqbal.blogspot.co.id

Palembang menjadi kota yang beruntung dilintasi gerhana matahari total selama 1 menit 52 detik. Kamu cobalah datang ke Jembatan Ampera untuk bergabung dengan kemeriahan masyarakat Palembang menikmati gerhana. Uniknya, inilah saat Jembatan Ampera ditutup, sesuatu yang sangat jarang sekali terjadi bukan.

Advertisement

Jangan lupa lengkapi travelling gerhanamu ke Palembang dengan kuliner khas yang akan membuat wisatamu makin mantap. Siapa sih yang nggak mau menyantap Pempek, Model, Mie Celor, Martabak Har, Pindang, Tekwan. Duh jadi ngiler. Setelah gerhana, kamu bisa pelesir ke destinasi wisata di Palembang seperti Benteng Kutobesak, Bukit Sriguntang, Pulau Kemaro, Masjid Cheng Ho dan bungkus cantiknya tenun songket Palembang langsung dari pengrajinnya di Kampung 30 Ilir.

Belitung, Pulau Laskar Pelangi yang akan makin manis untuk dijelajahi saat gerhana matahari

Pantai Tanjung Kelayang yang jadi favorit wisatawan gerhana di Belitung. via www.diasporaiqbal.blogspot.co.id

Melihat keindahan pantai-pantai di Belitung saat cerah saja sudah bikin kamu terpesona, apalagi saat gerhana matahari dijamin jadi pengalaman kamu tak terlupakan sepanjang hidup. Gerhana matahari bisa disaksikan di Belitung selama 2 menit 10 detik. Momen sunrise yang cantik di pantai-pantai Belitung Timur seperti di Pantai Serdang dan Pantai Olipier bisa dilanjutkan dengan menyaksikan gerhana matahari total di pagi hari.

Lengkapi travelling-mu di negeri Laskar Pelangi ini dengan jelajahi pantai-pantai berbatu granit raksasa seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi dan Pulau Lengkuas. Kamu juga perlu mampir ke Museum Kata Andrea Hirata dan Sekolah Laskar Pelangi. Oh ya, Belitung telah siap menyambut wisatawan pemburu gerhana matahari dengan rangkaian acara budaya yang sangat menarik kamu saksikan.

Ingin rasakan sensasi menikmati Gerhana Matahari Total di jantung tropis Kalimantan, datanglah ke Palangkaraya

Pusat reintroduksi Orang Utan di Nyaru Menteng. Pesona Palangkaraya. via www.orangutan.or.id

Pedalaman Kalimantan pun tak mau kalah menyambut momen istimewa gerhana matahari. Tapi tenang, pedalaman yang dimaksud bukan yang di tengah hutan, tapi di kota yang terletak di jantung Kalimantan, yakni Palangkaraya. Ibukota Kalimantan Tengah ini akan dilintasi gerhana matahari total selama 2 menit 29 detik. Kamu pasti jarang kan tahu wisata keren di Palangkaraya. Nah, momen gerhana ini bisa jadi ajang kamu bersemangat travelling ke Palangkaraya.

Ada Bukit Tangkiling yang jadi tempat terbaik menyaksikan gerhana sekalian panorama sunrise. Kamu menjelajahi Taman Nasional Sebangau untuk melihat asrinya hutan tropis. Penting juga, kamu berkunjung ke Betang, rumah tradisional Dayak yang banyak tersebar di sekitaran kota. Kamu juga bisa melihat reintroduksi orang utan di Nyaru Menteng.

Gimana Palangkaraya? Menarik juga kan untuk dikunjungi.

Tak biasanya kamu berkunjung ke Palu, mumpung gerhana matahari total, ada alasan kamu menyambangi kota ini 

Jembatan Kuning yang jadi ikon Kota Palu jadi saksi gerhana matahari total. via www.aktual.com

Ada yang tahu Palu? Bukan nama alat pertukangan lho, Palu ini adalah ibukota Sulawesi Tengah. Jika berkunjung ke Palu tanggal 9 Maret 2016, kamu akan menjumpai gerhana matahari total berdurasi 2 menit 4 detik. Kamu akan disuguhi panorama menawan Teluk Talise dan jembatan lengkung Palu IV yang berangsur-angsur gelap setelah sunrise saat gerhana matahari total. Sungguh dramatis nan epic.

Nah, setelah momen gerhana, kamu perlu menjenguk eksotisnya Sinkhole Pusentase yang jernih di Donggala, 45 menit dari Palu. Atau, ingin lebih menantang, kamu bisa melanjutkan travelling-mu ke Taman Nasional Lore Lindu yang menyimpan lestarinya hutan dan pusaka budaya megalitikum yang sangat unik. Bagi peminat diving, bisa lanjut ke Togean yang menyuguhkan panorama alam bawah laut spektakuler, yang disebut tak kalah dengan Raja Ampat. Wow!

Di Ternate, Gerhana Matahari Total sangat spesial. Dirangkai dengan festival budaya terbesar di Indonesia Timur lho

Jernihnya Pantai Sulamadaha. Pesona Ternate yang kudu kamu kunjungi. via www.pegipegi.com

Semakin ke timur, gerhana matahari akan dinikmati semakin lama dan dramatis. Datanglah ke Ternate, kamu akan menyaksikan gelap total di pagi hari selama 2 menit 39 detik. Kota terbesar di Maluku Utara ini telah menyiapkan wisata gerhana matahari total yang dipadukan dengan Festival Legu Gam. Festival yang sudah berlangsung sejak Kesultanan Ternate ini menyuguhkan tradisi, kuliner dan keramahan masyarakat Ternate. Dijamin seru pokoknya.

Di Ternate, lengkapilah travelling gerhanamu dengan menjelajah pesona alam Pantai Sulamadaha yang bisa bikin perahu mengambang, Batu Angus yang jadi jejak gahar Gunung Gamalama, Laguna Ternate yang mengingatkanmu pada uang seribuan, dan jelajah benteng-benteng peninggalan bangsa Eropa di Ternate. Jangan lupa main juga ke Kedaton Kesultanan Ternate untuk tahu jejak kemasyhuran

Oh ya, ada satu daerah di Maluku Utara yang jadi lokasi paling lama melihat Gerhana Matahari Total, yakni di Maba. Daerah di Halmahera Timur ini akan mendapatkan gerhana matahari total selama 3 menit 10 detik. Kalau tertarik, kamu bisa terbang dari Ternate selama setengah jam. Di Maba, kamu akan bergabung dengan peneliti astronomi dunia yang berkumpul meneliti gerhana matahari total tahun 2016 ini.

Penting buatmu yang ingin menyaksikan gerhana matahari total: Kamu wajib bangun pagi! Waktu gerhana matahari 2016 ini adalah di pagi hari. Sudah jauh-jauh datang ke destinasi gerhana, eh kamu ketinggalan momen langka ini. Jangan sampai, ya! Kan rugi…

Oh ya, jangan saksikan gerhana matahari dengan mata telanjang bulat. Itu bahaya, gaes! Saksikanlahlah menggunakan kacamata khusus, teropong atau sekalian bisa juga bidik momen dramatis ini dengan kameramu. Mengabadikan momen gerhana matahari total itu bisa menghasilkan foto yang keren.

Packing ranselmu, travellers!

Credit Feature Image:

http://www.abc.net.au