Fenomena langit selalu menarik untuk disaksikan. Apalagi jika dari daerah atau negaramu kebagian untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut. Pasti ingin segera mengagendakan waktunya untuk jadi saksi fenomena langit yang belum tentu datang lagi beberapa bulan atau tahun ke depan. Jadi kalau ada kesempatan, kamu harus menyaksikannya dengan mata kepala sendiri bukan?

Nah, salah satu fenomena langit yang bakal datang menyapa warga Indonesia adalah gerhana bulan sebagian. Menurut pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika, gerhana bulan sebagian (parsial) akan dapat disaksikan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2017. Penasaran dengan fenomena langit ini? Yuk kita simak sama-sama ulasannya.

Malam ini, tanggal 7-8 Agustus 2017, Indonesia bakal ‘kebagian’ gerhana bulan sebagian. Kita bisa menyaksikannya kalau cuaca cerah…

gerhana sebagian via www.gurupendidikan.co.id

Kabar gembira bagi pecinta astronomi, malam ini kalian bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak sampai ke bulan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kamu semua dapat menyaksikan gerhana bulan mulai pukul 22.48 WIB pada hari Senin, 7 Agustus 2017. Gerhana sebagian sendiri dimulai pukul 00.22 WIB.

Sementara itu puncak gerhana terjadi pukul 01.20 WIB pada hari Selasa, 8 Agustus 2017. Gerhana sebagian akan berakhir pada 02.18 WIB. Sedangkan gerhana akan berakhir seluruhnya pada 03.52 WIB, Selasa 8 Agustus. Cukup lama ya, prosesnya sendiri lebih dari 5 jam.

Buat kamu yang hobi fotografi dan juga traveling, kamu bisa menyaksikannya di gunung atau perbukitan. Biar dapat foto yang kece…

Advertisement

di pantai lebih seru via www.gannett-cdn.com

Jika malam hari ini cerah, kamu bisa menyaksikan gerhana bulan sebagian ini. Buat pendaki gunung, fotografer, ataupun traveler nggak boleh melewatkan momen ini malam nanti. Ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu gunakan untuk melihat gerhana bulan sebagian ini. Bisa ke bukit, gunung ataupun pantai yang jauh dari perkotaan sehingga langitnya cerah. Misal Gunung Api Purba Nglanggeran di Jogja, Gunung Prau di Wonosobo, atau Gunung Bromo.

Pantai-pantai di selatan Gunungkidul juga menarik buat pengamatan bulan. Cobain deh Pantai Wediombo, Bukit Kosakora yang menghadap laut, atau Pantai Indrayanti. Kalau kamu ke Jawa Timur, deretan pantai di pesisir Malang hingga Jember bagus banget buat melihat bulan.

Hindari daerah perkotaan yang polusinya cukup tinggi. Mending cari tempat seru di atas bukit ataupun tepi pantai sekalian camping di tempat-tempat yang sudah disebutkan tadi. Kamu punya waktu cukup panjang kok untuk menangkap fenomena gerhana bulan sebagian ini.

Oke, siapkan amunisi untuk memotret gerhana bulan sebagian. Jadilah saksi fenomena astronomi yang keren banget ini. Oh iya, tahun ini cuma gerhana bulan sebagian ini yang bisa kita amati. Ada gerhana bulan total pada 21 Agustus 2017, tapi tak terlihat dari Indonesia. Untuk itu, kini saatnya berburu foto terbaik gerhana bulan sebagian!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya