Selain dikenal dengan Jalan Malioboro, Kraton, dan Gudegnya, Yogyakarta sangat identik dengan Gunung Merapi. Meskipun sering menghadirkan bencana, gunung api paling aktif di Indonesia itu tetap menjadi ikon pariwisata Jogja sejak lama.

Banyak yang bilang, berkunjung ke Jogja nggak akan lengkap kalau belum berkunjung ke Merapi. Nah, kali ini Hipwee Travel mau berbagi tips buat kamu yang ingin menikmati keindahan Merapi tanpa harus capek-capek mendaki. Disimak baik-baik ya!

Berkunjunglah ke Kaliurang. Kamu bisa melihat kegagahan Merapi sambil menikmati udara segar khas pedesaan yang menyejukkan hati dan pikiran.

Merapi keren banget ya kalau dilihat dari sudut ini via www.initempatwisata.com

Kaliurang merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat Merapi dari dekat. Selain berada sangat dekat dengan Merapi, Kaliurang selalu jadi tujuan wisata setiap akhir pekan karena punya udara yang sejuk dan segar. Sambil melihat wujud Merapi dari dekat, kamu juga bisa mencicipi berbagai wisata kuliner di sana, salah satunya adalah tempe jadah khas Kaliurang. Selain kuliner, Kaliurang juga ada berbagai macam spot wisata seperti Tlogo Putri, Gardu Pandang Merapi, Goa Jepang, dan juga Taman Wisata Plawan Turgo.

Biar kunjunganmu ke Kaliurang semakin berkesan, mampirlah ke Museum Vulkanik Merapi. Perkaya pengetahuanmu dengan mempelajari sejarah letusan Merapi.

Selain beberapa spot yang disebutkan di atas, di Kaliurang juga ada Museum Vulkanik Merapi. Di museum ini, kamu nggak cuma bisa melihat Merapi, tapi juga mempelajari sejarah terbentuknya Merapi dan juga sejarah letusan-letusan dari dulu sampai sekarang. Informasi itu semakin jelas karena dilengkapi dengan foto-foto dan miniatur letusan Merapi dari tahun ke tahun. Di sana juga ada beberapa benda sisa letusan Merapi 2010. Museum ini berada di Jalan Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Selain santai-santai dan menambah pengetahuan di museum, kamu bisa menjelajah sisa letusan Merapi tahun 2010 lewat paket wisata Lava Tour Merapi dengan jip.

Advertisement

Memacu adrenalin lewat lava tour Merapi via www.yogya-backpacker.com

Letusan maha dahsyat yang terjadi pada 2010 nggak cuma menjadi musibah buat warga sekitar, tapi juga jadi berkah. Sisa-sisa letusan itu dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya adalah wisata Lava Tour Merapi. Lewat wisata ini, kamu diajak menyusuri sisa-sisa letusan Merapi dengan jip terbuka berkapasistas lima orang. Wisata ini cocok buat kamu yang suka memacu adrenalin. Ada banyak paket yang ditawarkan. Harga paket itu mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 800.000, tergantung objek yang dikunjungi dan durasi penjelajahan.

Kalau sudah ikut lava tour Merapi, jangan lupa mampir ke Desa Turgo. Kamu bisa melihat sisa-sisa kedahsyatan Merapi di House of Memory.

Yaampun, gelas kaca gitu sampe meleleh. Kebayang kan gimana panasnya awan panas Merapi via www.travelusmuliawan.com

Perjalanan lava tour Merapi nggak lengkap kalau belum mampir ke Desa Turgo. Di sana ada museum mini bernama House of Memory yang didirikan di sebuah rumah korban letusan Merapi 2010. Di dalam rumah itu ada berbagai macam koleksi barang yang jadi saksi bisu letusan Merapi dan juga foto-foto mengerikan seputar letusan Merapi. Koleksi barang itu di antaranya adalah gelas-gelas kaca yang meleleh, peralatan dapur yang hancur, tulang belulang binatang yang hangus terbakar, dan masih banyak koleksi lainnya.

Kalau melihat Merapi dari selatan sudah biasa, cobalah tengok keindahannya dari sisi utara. Ketep Pass di Kabupaten Magelang adalah tempat paling pas.

Nggak cuma melihat Merapi dari dekat, tapi bisa sambil belajar juga via travel.kompas.com

Ketep Pass merupakan spot wisata berupa gardu pandang untuk melihat wujud Gunung Merapi dari sisi utara. Objek wisata ini terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Selain mempunyai gardu pandang, Ketep Pass juga punya Volcano Centre yang berisi segala macam info baik berupa tulisan, foto, maupun diorama tentang sejarah Merapi. Di sana juga ada bioskop mini yang memutar dokumenter sejarah letusan Merapi. Udara yang dingin akan bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Itulah tadi beberapa spot terbaik untuk menikmati keindahan Merapi. Gimana, tertarik berkunjung? Semoga kunjunganmu ke spot-spot itu bisa membuatmu lebih mengenal seluk beluk Merapi, nggak cuma wujudnya aja. Dan yang pasti, semoga momen liburanmu semakin berkesan!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!