Gympie-gympie? Namanya imut sih. Tapi kalau kamu udah tau efek dari tanaman satu ini, dijamin deh kamu nggak bakal pernah berharap buat ketemu sama doi. Jadi kalau kamu suka berkelana ke dalam hutan, apalagi di Maluku, kudu hati-hati! Perhatiin baik-baik ya bentuknya. Mana tau kamu nggak sengaja nemuin si Gympie-Gympie. Dipake buat ngebersihin habis buang air di hutan kan berabe! Kamu nggak bakal bisa bayangin gimana sakitnya kalau nyentuh tumbuhan satu ini. Nggak ada apa-apanya deh sama kisah percintaan kamu. Eh.

Tanaman ini adanya di Maluku sama Australia, racunnya nggak kalah sama kenangan mantan

Tanaman Mematikan Di Dunia via www.odditycentral.com

Gympie-gympie biasanya ditemukan di hutan hujan tropis. Indonesia-Australia. Di Indonesia sendiri tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropis Maluku. Gympie-gympie dengan nama latin Denderocnide Moroides ini bisa tumbuh 1-2 meter. Dan kamu harus tau kalau tanaman satu ini masuk ke dalam deretan tanaman paling beracun di dunia! Yaps, saking berbahayanya, gympie-gympie ini bisa membunuh anjing, kuda, bahkan manusia dengan hanya menyentuhnya! Amit-amit deh!

Daunnya sih kayak hati, tapi ya gitu. Hati yang gemar menyakiti 🙁

Permukaan Daun Gympie-Gympie via media.treehugger.com

Daun dari Gympie-Gympie ini lebar dan berbentuk hati. Lucu sih, tapi bentuknya doang. Efeknya sih nggak lucu sama sekali Kalau kamu perhatiin, di permukaan daunnya ada ribuan duri atau bulu kecil yang menyengat, dengan bentuk mirip jarum suntik. Jangankan menyentuh, berdiri di dekat tumbuhan ini aja, bisa bikin kamu kesakitan. Rambut-rambut halus yang menyebar di udara bakal masuk ke hidung saat kamu bernafas. Hasilnya? Gatal-gatal yang teramat sangat, munculnya ruam-ruam di kulit, bersin, hingga mimisan yang mengerikan. Kebayang nggak tuh kalau sampai kesentuh?

Kecuali akar, setiap bagian Gympie-Gympie Mematikan, yah lagi-lagi kayak kenangan

Advertisement

si daun berbentuk hati yang mematikan via snaplant.com

Yah, bagaikan setiap sudut kota yang ada kenangan mantan, tumbuhan ini juga mematikan di setiap bagiannya, kecuali akar. Nggak cuma daunnya yang mematikan, batang dan buahnya yang berwarna pink atau ungu juga nggak kalah beracunnya. Jika kamu beruntung, kamu masih bisa hidup setelah menyentuh Gympie-Gympie. Tapi ya gitu, sakit yang luar biasa bakal kamu rasain beberapa bulan. Bahkan terulang kembali setelah bertahun-tahun. Ngerii!!

Sampai sekarang nggak ada obat buat nyembuhin efek si Gympie-Gympie, kalau kena siap-siap kesakitan tiap hari

Jangan coba-coba sentuh via scontent.cdninstagram.com

Rasanya abis nyentuh tanaman mematikan ini adalah rasa terbakar yang luar biasa. Seperti dibakar dengan cairan asam panas dan listrik secara bersamaan. Sakitnya bakal bertambah setengah jam berikutnya. Lebih menyakitkan lagi dan lagi. Setelah itu akan terjadi pembengkakan di tubuh kamu yang nggak kalah menyakitkannya. Jika kejadiannya parah, efek Gympie-Gympie ini bisa menyebabkan shock hingga kematian. Bahkan sempat ada orang yang terkena tanaman ini nggak sanggup nahan rasa sakit berkepanjangan dan milih buat bunuh diri. Soalnya sampai saat ini pun belum ada obat untuk efek yang diberikan si tanaman beracun ini. Sedangkan sakit yang ditimbulkan selama berbulan-bulan membuat kamu ngerasa dibunuh secara perlahan!

Nggak Cuma pas tanaman ini hidup, meskipun udah mati Gympie-Gympie masih tetap bisa menyakiti

Duri yang menyuntikkan Moroidin via 2.bp.blogspot.com

Meskipun Gympie-gympie disimpan ratusan tahun, tanaman ini tetap akan menyengat. Sengatan yang berasal dari rambut-rambut halus di permukaan daun dan batangnya disebut moroidin. Si moroidin inilah yang membuat kamu ngerasa dibunuh secara perlahan dengan rasa sakit yang disuntikkannya ke dalam kulit saat kamu menyentuh rambut-rambut halus tersebut. Jika bulu-bulu halus tersebut tidak dicabut dari kulit, maka dia akan tetap menyuntikkan racun itu selama setahun. Jangan sampe deh nyentuh Gympie-Gympie. Ampun!

Udah kebayang belum rasa sakitnya? Jadi pilih mana, nahan sakit diputusin pacar atau nahan sakit kena Gympie-Gympie?