Indonesia emang udah terkenal kemana-mana tentang destinasi wisatanya. Mulai dari wisata alam hingga bawah laut. Paket komplit yang dititipkan Tuhan pada kita. Saking kayanya, terdapat beberapa destinasi wisata yang dijuluki dengan kata “Seribu”. Yeps, meskipun kalau dihitung-hitung nggak nyampe seribu, tapi beberapa destinasi ini pantes dapat julukan itu karna emang memiliki banyak destinasi. Apa aja sih?

Nggak cuma terkenal sama kota Serambi Mekah dan Samannya, Aceh juga Kota Seribu Warung Kopi

Kopi khas Aceh via thetanjungpuratimes.com

Nggak Cuma keindahan alam dan budayanya yang bikin Aceh terkenal, tapi kopinya juga. Kalau kamu melancong ke negeri Serambi Mekah itu jangan lupa nyicipin kopinya ya! Coba tebak kopi apa yang paling terkenal asal Aceh? Yeps, kopi Gayo yang udah terkenal hingga ke mancanegara. Baru-baru ini Aceh bahkan menggelar Festival Kopi Internasional, tepatnya bulan Mei lalu. Jadi nggak heran jika Aceh juga dijuluki Kota 1000 Warung Kopi. Karena di setiap sudut kota bakal pasti ada warung kopi. Beda racikan tentu beda rasa, bukan?

Keelokan alam dan budaya Minangkabau akan terasa kental saat kamu berkunjung ke Solok Selatan, Negeri Seribu Rumah Gadang

Rumah Gadang Solok Selatan via wisatanagari.co.id

Hayo provinsi mana yang rumah adatnya disebut Rumah Gadang? Sumatera Barat pastinya. Masakannya yang selalu menggugah selera udah nggak perlu diragukan lagi dan ada dimana-dimana. Keindahan alam dan budaya Minangkabaunya juga nggak kalah terkenal. Nah, jika kamu berkunjung ke sini, jangan lupa datang ke salah satu destinasi. Solok Selatan, terkenal dengan negeri 1000 Rumah Gadang tepatnya di Koto Baru. Deretan rumah bagonjong ini berdiri gagah di kanan kiri jalan. Seolah menyambut pengunjung yang datang. Pokoknya kamu bakal ngerasain gimana suasana perkampungan Minangkabau masa lampau. Rancak bana!

Jangan pernah lupakan kota Banjarmasin, kota seribu sungai…

Advertisement

Pasar Terapung di kota seribu sungai via 4.bp.blogspot.com

Masih inget sama iklan salah satu stasiun televisi swasta yang ada pasar terapungnya? Tahu tempatnya ada dimana? Benar, Banjarmasin, merupakan kota yang terkenal dengan wisata pasar terapung! Hal ini karena Banjarmasin merupakan kota seribu sungai. Meskipun nggak nyampe 1000, tapi sungai yang ada di kota ini emang banyak banget. Makanya, sungai-sungai itupun akhirnya menjadi salah satu tumpuan masyarakat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Mulai dari transportasi hingga jual beli.

Bahkan hingga sekarang kota Banjarmasin masih menjadi gerbang kegiatan ekonomi nasional dan memiliki pelabuhan besar. Bagi kamu yang pengen ngerasain berbelanja di atas sungai, maka kamu bisa datang ke destinasi terkenal ini. Pasar terapung Muara Kuin dan pasar terapung Lok Baintan.

Dari namanya aja kamu bisa tau, kalau Lawang Sewu pantas dijuluki Bangunan Seribu Pintu

Wisata horor lawang sewu via travelconnex.files.wordpress.com

Kalau kamu pencinta wisata horor, pasti udah pernah ke sini dong? Salah satu destinasi wisata andalan yang ada di Semarang ini emang jadi salah satu list wisatawan yang berkunjung. Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Seperti namanya, Lawang Sewu terkenal dengan banyaknya pintu dan jendela yang ada di bangunan itu. Hingga saat ini bangunan tesebut masih berdiri dengan gagahnya. Cobain sensasi mistisnya ya!

Kalimantan nggak cuma terkenal sama sungai dan pantai. Pengen ngerasain wisata kota, datang aja ke Singkawang, Kota Seribu Kelenteng

Salah satu vihara di Singkawang via 4.bp.blogspot.com

Kota Singkawang merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Barat. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu bakal nemuin banyak vihara atau kelenteng yang bertebaran di kota ini. Dengan keindahan masing-masing vihara, kamu pasti akan terpesona. Umat budha di kota ini emang terbilang ramai. Apalagi jika kamu datang pada perayaan Cap Go Meh atau Imlek, kota seribu vihara ini akan terlihat semakin eksotis!

Soal rumah ibadah, Lombok juga nggak mau kalah. Pulau Seribu Masjid adalah julukannya

Pulau seribu masjid! via 4.bp.blogspot.com

Selain terkenal dengan keindahan pantainya dan gunung tentunya, Lombok juga memiliki gelar Pulau Seribu Masjid. Hal ini dikarenakan banyaknya rumah ibadah umat muslim yang ada di pulau ini. Jadi nggak perlu kuatir kalau pengen traveling ke sini. Karna ini juga, Lombok dianugrahi sebagi destinasi wisata halal dunia pada akhir 2015 lalu. Pokoknya pulau Lombok punya destinasi kompit deh. Keren ya!

Pengen wisata ke goa-goa eksotis? Datang aja ke kota Seribu Satu Goa, Pacitan pastinya!

Goa Gong Pacitan via i.ytimg.com

Julukan yang pantas memang untuk Pacitan. Berjuta pesona keindahan pariwisata alam yang disuguhkan nggak jarang bikin kamu tercengang. Destinasi yang udah disediain alam sejak dulu kala dan kini kamu tinggal mengaguminya. Makanya nggak sedikit wisatawan domestik maupun luar negeri yang berkunjung ke slah satu kabupaten di Jawa Timur ini untuk menikmati keindahan goa-goanya. Goa yang paling terkenal adalah goa Gong. Bahkan goa ini mendapat gelar goa terindah se-Asia Tenggara! Tapi nggak cuma goa Gong loh. Goa Tabuhan, goa Kalak dan goa Luweng Jaran juga nggak kalah menariknya. Yuk!

Wisata air dengan pulau-pulau yang indah, mana lagi kalau bukan Kepulauan Seribu

Indahnya kepulauan seribu via s.kaskus.id

Destinasi wisata terdekat dengan ibukota emang Kepulauan Seribu tempatnya. Kamu yang mumet sama hiruk pikuk Jakarta tentu pernah dengar bahkan udah ngunjungin destinasi satu ini. Di Kepulauan Seribu, kamu bisa ngunjungin pulau-pulau yang memiliki keindahan masing-masing. Misalnya pulau Tidung dengan pesona laut birunya, pulau Semak Daun dengan kehidupan bawah lautnya, pulau Bira dengan olahraga airnya, pulau Pari dengan pasir putihnya, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang belum pernah ke sini, tentu nggak boleh ngelewatin destinasi satu ini! Dijamin puaasss.

Jadi “wisata seribu” mana nih yang udah kamu kunjungin?