Tidak bisa dipungkiri, bepergian merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan disela rutinitas yang melelahkan. Tidak hanya memberikan pengalaman dan hiburan, kegiatan ini juga bisa memberikanmu semangat untuk kembali menjalani rutinitas.

Tapi apakah kamu tahu bahwa bepergian juga bisa bermanfaat untuk kehidupan cintamu dengan pasangan? Kenapa sih kamu perlu mulai mempertimbangkan untuk memasukkan traveling bersama dalam daftar kegiatan wajib untuk kamu dan pasanganmu?

1. Mendekatkan Hubungan Lewat Pengalaman Unik

Pengalaman unik bersama pasangan via www.travelinsurance4all.com

Traveling bersama akan memberikan kalian pengalaman yang tidak biasa kalian rasakan sehari-hari. Kamu dan dia bisa saja tersesat, salah naik transportasi umum, atau mencicipi makanan dari suatu daerah yang rasanya ajaib. Ini tentu berbeda dengan kencan ke mall atau ke bioskop.

Punya pengalaman unik bersama akan membuat kamu dan pasangan lebih memiliki ikatan yang kuat. Saat kalian mengalami perbedaan pandangan pengalaman ini bisa kalian kembali ingat dan mampu meredakan amarah yang sedang menggelegak.

2. Kamu Bisa Tahu Kebiasaan Nyeleneh Pasangan

Advertisement

Kebiasaan aneh pasangan via zuidoost.timbooktwo.netdna-cdn.com

Bepergian bersama memberikan kamu kesempatan untuk lebih mengenal pasangan. Menghadapi perjalanan berdua akan mengeluarkan kebiasaan-kebiasaannya yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Bagaimana tampangnya saat kelelahan duduk lama di bus, bagaimana dia menahan lapar ditengah pertahanan panjang, apakah dia sanggup tidak mandi berhari-hari saat kalian sedang camping — semua itu hanya mungkin kamu ketahui jika bepergian bersama dengannya dalam waktu yang cukup lama.

3. Apakah Kalian Bisa Tetap Bersama Diluar Zona Nyaman?

Berada diluar zona nyaman via farm8.staticflickr.com

Apabila hubungan kalian selama ini seperti jalan tol yang mulus, maka traveling bersama bisa jadi alternatif untuk mengecek seberapa jauh kecocokan kalian. Sebuah perjalanan akan membawa kalian keluar dari zona nyaman, menempatkan kamu dan pasangan dalam situasi yang menantang.

Diluar semua kenyamanan dan kemudahan yang sudah kalian kenal, apakah kalian bisa bertahan ditengah berbagai kejutan perjalanan? Apakah hubungan yang sudah dibangun selama ini cukup kuat untuk terus berkembang walau diluar kebiasaan?

4. Mengecek Kecocokan Saat Menghadapi Masalah

Mengetahui kecocokan menghadapi masalah via static.oprah.com

Walau sudah pernah bertengkar dan menyelesaikan masalah sebelumnya, namun percayalah pengalaman rekonsilisasi waktu traveling akan jauh berbeda. Kamu dan pasanganmu akan menghadapi berbagai ketidak cocokan yang muncul dari tekanan dalam perjalanan. Perjalanan panjang biasanya memunculkan ketegangan akibat kelelahan dan stress.

Mengetahui kecocokan via youqueen.com

Ditengah kelelahan, keharusan untuk beradaptasi dengan situasi baru dan ketidak sepakatan yang kalian hadapi — bagaimana respon kalian untuk menyelesaikan masalah? Masih mampukah kalian bicara dengan kepala dingin, atau justru saling membentak penuh emosi? Kalau kalian bisa menyelesaikan masalah yang ditemui ditengah perjalanan, maka bisa hampir dipastikan kalian mampu menghadapi masalah dalam kehidupan sekari-hari.

5. Sarana Untuk Jatuh Cinta Lagi

Jatuh cinta lagi via lifepressmagazin.com

Kalau kamu dan pasanganmu sudah memasuki tahap saling bosan satu sama lain, traveling bersama bisa menawarkan kesegaran baru untuk kalian. Cobalah bepergian berdua saja selama beberapa saat. Kalau tidak memungkinkan menginap, pilih saja kota terdekat dari kota asalmu kemudian habiskan seharian disana.

Perjalanan mendekatkan kalian via thinkwingman.com

Kebersamaan saat traveling akan membuat kalian sesaat melupakan rutinitas yang membuat kalian penat dan bosan. Mencoba pengalaman-pengalaman baru akan memperlihatkan sisi “petualang” pasanganmu yang barangkali tidak kamu temukan sehari-hari. Dalam sebuah perjalanan, seseorang biasanya akan menjadi lebih spontan dan lepas. Lewat traveling kamu bisa kembali menemukan perasaan tertarik yang sempat hilang kepada pasangan. Jika ini dilakukan secara rutin, dijamin kalian akan selalu jatuh cinta setiap saat.

6. Kalian Bisa Gak Sih Bersama Dalam Waktu yang Lama?

Bersama dalam waktu lama via www.duaransel.com

Kalau kamu dan pasanganmu bisa bepergian berdua dalam waktu yang cukup lama, kalian bisa menilai apakah kalian sanggup menghabiskan waktu bersama dengan kehadiran satu sama lain. Cara ini cocok banget dicoba untuk pasangan yang ingin membawa hubungannya ke level yang lebih serius.

Pergi ke tempat baru hanya dengan satu orang yang sudah kamu kenal sebelumnya memaksa kalian untuk terus mendukung dan banyak menghabiskan waktu berdua. Nah, melalui inilah kamu bisa menilai apakah kalian bisa berdamai dengan pasangan. Apakah pasanganmu memberikan kamu ruang pribadi, atau justru ngerecokin kamu setiap saat. Apakah kalian bisa menyesuaikan kebiasaan antara satu sama lain tanpa harus saling sewot, atau malah bertengkar setiap saat.

7. Melihat Caranya Menyelesaikan Masalah

Lihat caranya menyelesaikan masalah via content.ponudadana.biz

Perjalanan tidak selalu identik dengan pengalaman menyenangkan dan tempat-tempat baru. Diluar semua foto-foto indah yang kalian unggah di media sosial, tantangan dan kesulitan pasti kalian hadapi selama perjalanan. Ditengah asyiknya menikmati pemandangan bisa jadi hujan tiba-tiba turun deras. Atau kalian bahkan bisa ketinggalan kereta yang akan membawamu dan pasangan ke kota tujuan selanjutnya.

Menyelesaikan masalah bersama via res.mindbodygreen.com

Dengan bepergian bersama pasangan, kamu bisa melihat bagaimana reaksi pasanganmu terhadap masalah dan perubahan yang kalian alami. Dia cukup bisa beradaptasi gak sih saat diharuskan membuat perubahan secara mendadak? Dia cukup luwes atau enggak sih untuk menahan emosi dan tetap menjadi teman berjalan yang baik? Kalau caramu dan dia menyelesaikan masalah klop, kalian bisa tenang untuk melanjutkan hubungan ke tahap selanjutnya.

8. Teman Berbagi Pengalaman, Masalah dan Biaya Perjalanan

Teman berbagi cerita via cf.ltkcdn.net

Pergi ke tempat baru dan menarik bersama pasangan tentu akan terasa lebih menyenangkan dibanding pergi sendirian. Kamu akan punya teman duduk selama di perjalanan. Ketika ada pemandangan yang indah atau kejadian unik di depan mata, kalian bisa langsung menikmati dan menertawakannya bersama.

Berbagi momen perjalanan via sibavtomir.ru

Sebuah perjalanan juga akan terasa lebih nyaman saat kamu tahu bahwa ada pasanganmu , orang yang kamu sayang, ada disisimu untuk menghadapi masalah bersama-sama. Selain itu, bepergian bersama juga akan menghemat biaya perjalanan. Kalian bisa berbagi sewa kamar, berbagi biaya makanan, hingga dapat diskon di obyek wisata karena membeli paket untuk pasangan. Selain menyenangkan bepergian bersama pasangan juga lebih menguntungkan, ya?

9. Kamu Bisa Tahu Caranya Mengelola Uang

Pasangan untuk memperhitungkan biaya via www.wisebread.com

Nah ini nih yang cuma bisa kamu ketahui kalau pergi dalam jangka waktu lama bersama-sama. Kalau sehari-hari kamu merasa pasanganmu adalah orang yang cukup oke mengelola uang atau bahkan sangat boros, maka tunggu sampai kalian mengalami perjalanan berdua. Perjalanan menuntutmu dan pasangan mengalokasikan dana dengan baik agar traveling kalian lancar dan nyaman.

Sebelum perjalanan dimulai, kamu sudah bisa tahu apakah dia orang yang cocok untuk berbagi keuangan bersama. Dia cukup rasional atau tidak untuk menentukan anggaran? Selama perjalanan, kamu bisa memperhatikan apakah dia konsisten mengikuti rancangan keuangan yang sudah kalian buat bersama. Kalau dia tipe pembelanja parah dan mengorbankan dana untuk perjalanan kalian, hmmmm pikir-pikir ulang deh.

10. Kalian Bisa Jadi Pengendali Mood Untuk Masing-Masing

Sekian lama bersama, kalian tentu sudah mengenali hal apa saja yang bisa mempengaruhi emosi dan mood masing-masing. Dengan pergi bersama, kamu dan pasanganmu bisa memastikan kalau kondisi emosi kalian akan tetap stabil sepanjang perjalanan.

Saat sudah mencium tanda-tanda emosi yang naik dan mood memburuk kamu bisa langsung mengusap punggung pasanganmu untuk menenangkannya. Sesekali membuatkan makanan kesukaannya agar suasana hatinya kembali baik. Perjalanan yang menyenangkan sangat ditentukan oleh kondisi hati yang tenang, bukan?

11. Menciptakan Kenangan Berdua

Kenangan indah berdua via bohemiaskincare.com

Apa yang lebih indah selain punya pengalaman yang bisa dikenang bersama pasangan? Saat kalian sudah tua nanti, serunya cerita perjalanan berdua bisa kamu jadikan bahan tertawaan dengan pasangan atau bahkan bisa kalian ceritakan ke anak cucu.

Kenangan saat tua via www.drunkinlove.se

Dibanding menghabiskan uang untuk makan di restoran mahal atau untuk beli tiket bioskop setiap ada film baru, lebih baik mulai sekarang sisihkan uang untuk melakukan perjalanan berdua. Selain memperkuat hubungan, perjalanan juga akan jadi kenangan yang tidak akan kalian lupakan.

Ada beberapa pasangan yang sudah membuktikan kekuatan traveling, loh

Dua wanita asal Indonesia yang menikah dengan pria asing, Susan “Pergi Dulu” dan Dina “Dua Ransel” sudah menjadikan perjalanan sebagai bagian penting dari kehidupan cinta mereka.

Mereka bahkan rela meninggalkan pekerjaan, rumah dan keluarga untuk memulai perjalanan bersama orang tercinta keliling dunia. Tidak hanya mendapatkan pengalaman seru tapi kedua pasangan ini juga selalu tampak kompak dan bahagia.

1. Dina dan Ryan, Dua Ransel

Dina dan Ryan mulai berkeliling dunia pada tahun 2009. Mereka meninggalkan pekerjaan, rumah yang nyaman dan keluarga untuk memulai perjalanan hanya dengan berbekal 2 buah ransel yang selalu mereka gendong kemanapun. Untuk membiayai perjalanan, Dina bekerja sebagai travel blogger sementara Matt masih bekerja untuk kantornya via internet. Hingga saat ini pasangan Dina dan Ryan sudah menjejakkan kaki ke 40 negara.

2. Adam dan Susan, Pergi Dulu

Setelah menikah di Bali pada 2012, Adam dan Susan memutuskan untuk berkeliling dunia. Perjalanan tersebut dimulai dari bulan madu selama dua bulan yang dihabiskan di Singapura, Malaysia New Zealand dan Australia. Baru-baru ini pasangan ini juga mengikuti Camino De Santiago De Compostela, sebuah perjalanan ziarah yang mengharuskan pesertanya berjalan kaki selama 5 minggu mengitari Spanyol.

Nah, setelah baca berbagai alasan diatas masih menunggu apalagi untuk mulai mengepak barangmu dan pergi traveling bersama pasangan? Yuk, segera rasakan serunya berjalan bersama orang yang kamu sayangi.