Jaman sekarang banyak sekali media yang bikin anak muda senantiasa eksis. Instagram, Path, dan masih banyak lagi sosial media yang bikin kamu mau nggak mau jadi suka foto-foto. Alhasil dunia fotografi sedang berkembang pesat akhir-akhir ini mengikuti dampak sosial media. Semua orang berusaha menjadi fotografer a la a la entah dengan kamera canggihnya atau sekadar kamera handphone-nya. Pake editan dikit juga nggak masalah lah ya~

Yuk kita bandingin jepretan orang biasa dengan jepretan fotografer profesional. Hipwee Travel merangkumnya dari situs hiburan Bored Panda. Semoga 4 gambar ini menyadarkan kalian ya kalau kita mah bagai cuilan rengginang dibanding mereka. Hahahaha.

Mungkin foto di kebun ini biasa aja ya, nggak ada yang spesial. Tapi bandingin dengan hasil bidikan fotografer dengan 2 objek di sana. Cantik banget kan jadinya?

beda banget men… via static.boredpanda.com

Kalau kamu nih dikasih pemandangan kebun macam ini ya bakal jepretnya kaya gambar pertama. Tanpa fokus, minim properti dan bersifat spontan. Kadang, kendaraan lewat atau benda yang tidak pas justru ikut terpotret. Beda nih sama yang profesional. Dia akan menambahkan objek hidup seperti ibu dan anak ini serta mengatur komposisi gambarnya secara tepat. Tak lupa, editing dan filter yang pas dibutuhkan untuk hasil mengagumkan seperti gambar ke-dua. Mau coba?

Awalnya sih cuma bekas pohon yang sudah ditebang, nggak ada yang spesial. Tapi berbeda jika ada objek anak yang seperti sedang memanggil seseorang. Mantap!

di zoom dikit aja udah beda banget via static.boredpanda.com

Advertisement

Sekilas, bekas tebangan pohon itu tidak ada artinya. Tidak ada sesuatu yang menarik yang bisa dipotret dari sana. Iya sih, tapi itu pemikiran orang awam yang sense fotografinya masih kurang. Namun buat yang sudah biasa mengkonsep sebuah foto, hasilnya tentu jauh berbeda seperti gambar yang di bawah. Tinggal zoom in, ditambah objek seorang anak, akting sedikit, edit dan jadilah foto keren itu. Luar biasa ya idenya.

Lagi-lagi foto kebun. Sekilas, tak ada sesuatu yang layak untuk diambil gambarnya ya. Namun beda saat sentuhan tangan fotografer memberikan seorang model cantik dengan bunga yang indah. Sempurna!

Memang sih, kuncinya foto jadi tampak hidup adalah dengan memberikan efek human interest di dalamnya. Memberi objek seorang perempuan dengan bunganya yang indah adalah sebuah kombinasi terbaik untuk menutupi kekurangan di latar belakang yang sebenarnya biasa saja. Buat kamu yang pemula, jangan lupa siapkan model biar gambarmu makin hidup ya. Ya kalau nggak kuat bayar model mintalah teman kamu untuk kamu foto. Hehehe.

Jalanan lengang ini sebenarnya tanpa model pun bisa dibikin bagus. Namun, dengan hadirnya anak kecil ini bikin fotonya makin bernyawa!

si anak kayak bilang merdeka via static.boredpanda.com

Dalam foto ini yang paling menonjol adalah komposisi pencahayaan untuk obyek utama. Perhatikan berkas cahaya mentari yang hadir menembus dedaunan. Sangat natural dan memberikan kesan ceria. Ditambah dengan anak yang begitu bahagia melemparkan kapas ke udara. Sebuah kombinasi yang mengagumkan yang bisa direkayasa dari sebuah jalan biasa. Menarik.

Itu dia beberapa foto yang menunjukkan kualitas fotografi antara orang biasa dengan fotografer profesional. Memang benar sih, fotografer juga memakai filter, lensa yang bagus, maupun editan photoshop untuk mempercantik gambar. Namun itu semua dilakukan demi melahirkan kualitas fotografi yang bagus dan seakan bernyawa. Mau coba? Yuk kita belajar bersama biar jadi fotografer profesional. Ya kali gambar di IG nya gitu-gitu aja, hehe.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!