Presenter sebuah reality show, Komo Ricky, mendadak jadi tenar seantero Jogja dan juga di media sosial. Pasalnya, ketika akan syuting reality show, Katakan Putus, dia justru melakukan kesalahan fatal. Dari video yang diunggah akun gosip ternama, @lambe_turah, Komo Ricky tampak naik Plengkung Gading dan menginjak-injak tepinya, alih-alih melewati tangga yang sudah disediakan. Sontak netizen pun kesal dengan kelakuan Komo Ricky.

Setelah sempat heboh, akhirnya Komo Ricky mengunggah video permohonan maaf kepada Kraton dan juga publik Jogja. Syukur deh…

Saat syuting reality show Katakan Putus, Komo Ricky tampak naik di atas Plengkung Gading. Setelah bergaya di atas plengkung, ia kemudian turun dengan cara yang tidak beretika

Dari video yang diunggah di akun Instagram @lambe_turah, tampak Komo Ricky akan syuting reality show Katakan Putus di Jogja. Saat berada di Plengkung Gading, dia justru melakukan tindakan yang kurang beretika. Ia naik ke atas Plengkung Gading, mengangkat tangannya, kemudian turun ke bawah. Sayangnya, ia turun dengan cara yang kurang sopan. Alih-alih turun lewat tangga, ia malah turun lewat tembok Plengkung Gading. Sontak hal ini mengundang kemarahan netizen karena situs ini termasuk situs yang dimiliki kraton dan memiliki nilai sejarah yang luhur.

Hal ini sampai mengundang reaksi dari putri kraton, GKR Bendara. Ia mengkritik perilaku Komo Ricky yang seakan tidak menghormati situs bersejarah di Jogja

Putri kraton turun tangan via www.wowkeren.com

Mau syuting film silahkan tp jaga sopan santun anda. Plengkung ini adalah situs bersejarah. Anda boleh msh muda dan bukan asli jogja tp sopan santun terhadap benda bersejarah tetap di patuhi. @lambe_turah tolong di sampaikan, terima kasih,” tulis GKR Bendara.

Advertisement

Ngeri nih sampai putri kraton, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara sampai turun tangan ikut berkomentar. Ia meminta Komo Ricky untuk menjaga sopan santun karena Plengkung Gading ini merupakan tempat bersejarah. Gimana nggak bersejarah, plengkung ini adalah gerbang masuk ke kawasan Kraton Yogyakarta dari arah selatan dan berusia ratusan tahun. Hal ini semoga menjadi pelajaran biar nggak melakukan hal yang seenaknya di kota orang. Lebih-lebih di kraton yang memang menjunjung tinggi kebudayaan.

Netizen nggak mau kalah. Komentar mereka lebih pedas kepada Komo Ricky. Mereka menuntut Komo Ricky minta maaf atas sikapnya yang nggak sopan itu

komentarnya parah via www.instagram.com

Selain komentar bernada kesal dan menuntut Komo Ricky meminta maaf, ada pula lho yang justru mengomentari acara Katakan Putus. Banyak yang bilang terlalu drama lah, pura-pura lah, sampai dituduh settingan. Ya walaupun emang settingan sih keliatannya. Tapi ‘kan ini tentang Komo Ricky, bukan tentang acaranya. Hehehe.

Dan akhirnya Komo Ricky minta maaf. Ia melakukan itu bukan karena tidak menghormati situs bersejarah, tapi murni karena ketidaktahuannya. Maafin nggak ya?

Komo Ricky akhirnya mengunggah video permohonan maaf setelah perbuatannya dihujat netizen. Ia mengaku tidak mengetahui dan meminta maaf kepada pihak kraton atas kesalahannya tersebut. Apalagi ia ditegur langsung oleh putri Sir Sultan Hamengkubuwono X, GKR Bendara agar lebih sopan ketika datang ke tempat bersejarah. Ya harus kita maafkan ya. Mudah-mudahan ia tak mengulangi lagi perbuatannya tersebut.

Semoga jadi pelajaran buat kita semua ya. Bahwa kita harus menghormati budaya dan situs bersejarah di tempat manapun yang kita datangi. Sikap yang sopan dan santun harus senantiasa kita punyai agar tidak gampang menyinggung orang lain. Jangan diulangi ya Mas Komo Ricky. Jangan kapok ke Jogja. Hehehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya