Buat kamu yang masih menjadi mahasiswa, terkadang tuntutan tugas kuliah mengharuskanmu untuk main-main ke perpustakaan kampus. Ya, meskipun kamu bukan tergolong mahasiswa yang hobi baca, tapi setidaknya kamu pernah main-main sekali ke perpustakaan kampus. Walaupun jadinya cuma numpang ngadem sambil ghibahin dosen yang killer aja. Hehehe.

Nah, pada kesempatan kali ini, Hipwee Travel mencoba merangkumkan 10 perpustakaan kampus di Indonesia yang layak banget untuk kamu kunjungi. Ada yang karena kemegahannya, tapi ada juga yang karena kenyamanan dan koleksinya yang cukup lengkap. Wah, perpustakaan kampusmu masuk dalam list nggak nih? Kampus mana aja nih yang masuk? Langsung disimak aja ya, Guys!

1. Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Perpustakaan yang kata orang lebih mirip sama mall. Loh, kok bisa dijuluki gitu ya?

Perpusat UI. Megah banget kan? via uiupdate.ui.ac.id

Perpustakaan kampus terbaik di tanah air ini memang sudah menarik perhatian dari sejak pembangunannya. Setelah jadi pun, dengan segala kemegahan arsitekturnya, perpustakaan satu ini menarik banyak orang untuk datang berkunjung. Pengunjungnya bukan hanya anak UI doang, tapi juga mahasiswa dari berbagai kampus dan kota di Indonesia. Dilihat dari luar sih, perpus pusat UI memang kece dan terkesan mewah banget. Terus kalau dalemnya gimana? Jangan tanya deh, dalemnya lengkap mirip mall. Gimana nggak? Perpusat (perpustakaan pusat) ini dilengkapi dengan Starbucks, foodcourt, gym, toko buku, hingga kebun apel (Mac room) yang memungkinkanmu untuk streaming film online. Wiih, lengkap banget ya, Guys? Yuk, ke sana!

2. Buat para cewek-cewek, sekali waktu nongkrong di perpustakaan ITB. Menambah wawasan dengan membaca sembari cari jodoh juga! (ups)

Baca sembari nyari gebetan. via miner8.com

Advertisement

Perpustakaan ITB ini dari luar bentuknya unik banget. Ruang dalamnya ternyata nggak mengecewakan. Tempatnya cukup nyaman untuk membaca. Setidaknya koleksi buku di perpustakaan ini mencapai 270 ribu. Adapun buku yang bisa dipinjam oleh umum diantaranya 50 ribu koleksi mantan Rektor ITB Doddy Tisna Amijaya yang berada di lantai 4. Nggak hanya itu, dalam perpustakaan ini juga terdapat American Corner, ruang untukmu menggali informasi tentang politik, ekonomi, dan pendidikan Amerika Serikat melalui buku, majalah, jurnal, DVD, dan lainnya. Nah, ITB terkenal dengan para mahasiswa yang kece abis, karenanya para cewek sesekali boleh nih main kemari. Menambah wawasan sekalian cari gebetan!

3. Kalau mampir ke kota Hujan Bogor, pastikan singgah di IPB ya. Jangan lupa main-main sebentar ke perpustakaan pusatnya!

Perpustakaan IPB. via mobile.twitter.com

Kampus yang terdepan di bidang pertanian dan kehutanan di tanah air ini juga punya perpustakaan yang kece buat dikunjungi. Buat kamu yang kebetulan tengah singgah di kampus nan rindang di Bogor ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi perpustakaannya yang nyaman.

4. UGM juga punya perpustakaan yang nyaman untuk dikunjungi. Pastikan kamu bertandang ke sana kalau kamu kebetulan sedang berada di Yogya!

Perpustakaan UGM. via ugm.ac.id

Sebagai kampus ternama di Indonesia, UGM (Universitas Gadjah Mada) juga punya perpustakaan pusat yang megah dan koleksinya bisa diadu (banyak gitu maksudnya). Buat kamu yang bukan mahasiswa UGM juga boleh banget berkunjung ke sini. Ruangannya juga nyaman untuk membaca. Kalau kamu lagi di Yogya, pastikan untuk mengunjungi perpusat UGM ya.

5. Universitas Sanata Dharma juga punya perpustakaan yang nyaman dan cukup lengkap koleksi naskah kunonya. Anak-anak arkeologi, sastra Nusantara, sejarah, mana nih suaranya?!

Perpus Sanata Dharma. via usd.ac.id

Buat kamu mahasiswa jurusan arkeologi, sejarah, sastra Nusantara, hingga sastra Indonesia yang kebetulan dapat tugas buat mencari naskah kuno, pastikan untuk datang ke perpustakaan kampus Sanata Dharma di Yogyakarta. Yup, perpus kampus ini punya koleksi naskah kuno yang cukup lengkap lho. Tak hanya itu, ruangannya juga nyaman buat baca atau sekadar ngadem sembari internetan.

6. Perpustakaan Universitas Pelita Harapan, nggak cuma kampusnya aja yang megah, perpustakaannya juga mewah dan nyaman untuk baca

Perpus UPH yang megah. via

Kalau menyebut kampus ini yang terbesit dalam benakmu tentulah kemewahan dan kemegahan. Yup, kampus swasta dengan biaya kuliah selangit ini punya perpustakaan yang megah dan nyaman banget buat baca dan belajar lama-lama. Nama perpustakaannya sendiri adalah Johannes Oentoro Library. Pastikan kamu berkunjung ke perpustakaan satu ini ya!

7. Perpustakaan Universitas Katolik Atmajaya Jakarta. Koleksi terlengkap di bidang linguistik, ada di sini!

Perpus Atmajaya Jakarta. via kompasiana.com

Buat kamu mahasiswa bahasa dan sastra, wajib banget hukumnya mencari referensi perkuliahan di perpustakaan satu ini. Yup, perpus satu ini tenar dengan koleksinya yang lengkap dalam bidang linguistik. Interior perpustakaan ini kekinian dan penuh warna, bikin betah mahasiswa buat melahap tumpukan buku.Dindingnya pun dihiasi quotes yang inspiratif dari tokoh-tokoh dunia. Asyiknya lagi nih, di sini disediakan kursi ayun yang bakal bikin kamu tambah betah membaca.

8. Jangan sungkan buat berkunjung ke perpustakaan Universitas Andalas, kalau kebetulan kamu lagi bertandang ke Padang

Perpus Universitas Andalas. via gentaandalas.com

Salah satu universitas negeri terbaik di Sumatera ini punya juga memiliki perpustakaan yang besar dan koleksi buku yang memadai. Yang menarik dari perpustakaan ini adalah adanya Minangkabau Corner, yakni pusat studi informasi budaya Minangkabau. Buat kamu yang penasaran ingin tahu banyak tentang budaya Minang, bisa banget nih main-main ke perpustakaan satu ini. Tertarik?

9. Perpustakaan Fakultas Hukum Unpad, mahasiswa hukum bisa merapat ke sini!

Perpus FH Unpad. via fh.unpad.ac.id

Perpustakaan FH Unpad ini terletak di Dipati Ukur. Buat kamu mahasiswa hukum yang bingung mencari referensi buku kuliah, bisa bertandang kemari. Koleksinya lengkap, dari mulai text book, jurnal, karya ilmiah, semua ada! Untuk ukuran perpus fakultas, perpustakaan FH Unpad ini terbilang cukup besar dan pastinya tempat yang nyaman untuk membaca. Nah, buat kamu yang mahasiswa hukum, bisa banget merapat kemari!

10. Universitas Pendidikan Indonesia juga punya perpustakaan yang nyaman buat baca atau sekadar ngadem aja. Coba deh tengok French Corner-nya.. Bikin betah!

French Corner perpustakaan UPI. via hipwee.com

Kampus Bumi Siliwangi ini juga punya perpustakaan pusat yang menyimpan koleksi buku yang cukup lengkap. Barudak UPI, dari yang emang hobi baca sampai yang fobia buku, setidaknya sesekali pernah mengunjungi perpus satu ini. Spot yang paling nyaman untuk membaca di kampus ini adalah di bagian French Corner. Di mana kamu bisa baca majalah sambil duduk santai.

Ternyata, kampus-kampus di Indonesia punya perpustakaan yang bagus dan menyimpan koleksi yang cukup lengkap. Perpustakaan kampus mana nih yang udah pernah kamu kunjungi? Traveling ke perpustakaan seru kali ya.