Selamat datang di era digital. Jaman dimana segala hal terasa mudah berkat bantuan teknologi, kecanggihan teknologi. Berterimakasihlah pada para ilmuwan dan penemu alat alat canggih yang selalu ada dalam genggamanmu. Saking pesatnya perkembangan teknologi, beragam alat pun telah tercipta, untuk segala bentuk aktivitas manusia.

Kamu seorang traveler? Tak pernah betah diam di rumah? Camping dan hiking sudah jadi rutinitasmu? Kamu udah nggak perlu bingung untuk melakukan segala aktivitas itu di alam bebas. Sebab, saat ini sudah ada banyak alat canggih tercipta untuk memudahkan aktivitas outdoor-mu. Mengecek air minum layak atau tidak, mengisi ulang baterai, melacak rute pendakian, dan sebagainya. Sehingga kamu pun akan merasa aman dalam setiap petualangan. Berikut, Hipwee Travel merangkum 15 peralatan outdoor teknologi tinggi yang layak kamu miliki. Sekali lagi, selamat datang di era masa kini!

1. Kamu sudah bersyukur dengan adanya power bank? Kamu akan lebih bersyukur lagi dengan adanya Luci. Sama-sama untuk menambah baterai gadget sih, tapiii…

segala yang bisa “diisi” tenaga matahari memang layak buat petualang sejati via www.hongkiat.com

Kalau sudah menganggap powerbank sebagai teknologi paling mutakhir, kamu salah. Ada lagi alat bernama Luci untuk membuat gadgetmu tetap menyala. Kalau powerbank masih butuh listrik untuk mengisi ulang daya, alat yang satu ini dapat kamu isi dengan sinar matahari. Sebab, alat ini tertancap panel surya. Lebih dari itu, alat ini bisa digunakan sebagai senter LED. Harganya sekitar Rp 180 ribu saja kok, hehe.

2. Butuh senter yang nggak sekadar senter? Mungkin Eton Scorpion yang kamu maksud. Ia dapat berfungsi sebagai radio komunikasi

karena kamu butuh radio komunikasi, kamu fix perlu alat ini via www.hongkiat.com

Advertisement

Ini nih alat multifungsi yang tentu saja didambakan para pegiat outdoor activity. Alat serbaguna ini bisa digunakan untuk senter, USB charger, dan pembuka botol. Lebih dari itu, bisa pula jadi radio komunikasi. Biar kamu nggak bingung lagi kalau gadgetmu mati. Sama halnya dengan Luci, alat ini bisa diisi ulang menggunakan tenaga surya, tenaga listrik juga bisa. Harganya 50 USD atau sekitar Rp 675 ribu. Kamu minat?

3. Kalau selama ini kamu ragu, air danau atau air apapun yang kamu temukan di tengah hutan itu layak minum atau tidak, kamu wajib punya alat satu ini!

with water filtration system via www.hongkiat.com

Sawyer namanya. Bersamanya kamu akan mendapati semua air itu bersih dan layak minum. Hehe. Caranya, kamu cukup memasukkan air ke dalamnya, sudah ada filter yang mampu memurnikan air. Kamu tinggal minum deh melalui perangkat filter itu. Harganya relatif nggak murah sih, sekitar Rp 795 ribu.

4. Nggak bisa lepas dari musik dimanapun kamu berada? X-1 Surge cocok untuk menemani petualanganmu di alam bebas

coba gih pakai sembari diving via www.hongkiat.com

Headset yang di desain tahan air. Jadi kamu nggak usah takut air hujan akan merusaknya. Kamu bebas mendengarkan musik dimanapun dan dalam cuaca apapun. Hujan-hujan mendaki, diiringi lagu sendu, duh jadi inget dia. Harganya sekitar Rp 1.200.000. Mending dengerin suara hati aja kali ya? Hehehe

5. Kata siapa di gunung kamu nggak bisa ngopi enak? Kamu bisa jadi barista untuk dirimu sendiri dengan memiliki alat ini

ciyee lama-lama buka cafe di gunung nih via www.hongkiat.com

Handspresso Wild Hybrid namanya. Cocok untukmu yang udah kecanduan kopi, dan merasa butuh espresso setiap pagi. Dijamin kamu bisa dapet jodoh dengan jadi barista dadakan saat pendakian. Harganya nyaris Rp 2 juta sih. Demi jodoh sih rela~

6. Butuh alat pintar karena otakmu sudah kelelahan? Kamu nggak salah jika memilih Petzl NAO Headlamp sebagai pendampingmu

tapi maap, belum bisa menerangi hatimu 🙁 via www.hongkiat.com

Ini merupakan sebuah headlamp pintar dengan sensor cahaya yang secara otomatis memberikan cahaya yang kamu butuhkan ketika membaca peta, berjalan di jalan gelap, atau melihat ke arah kejauhan. Ya tapi nggak bisa memberi cahaya cinta ke hati kamu yang gelap juga sih walau harganya nyaris Rp 2 juta.

7. Kalau kamu kurang tertarik dengan Luci? Mungkin kamu akan jatuh hati pada yang satu ini. Sama-sama pengisi baterai sih, tapi …

Powertraveller Powermonkey Extreme namanya via www.hongkiat.com

Sama-sama pengisi energi bertenaga surya dengan bentuk yang sangat tipis, kasar, tahan air, serta gampang dibawa kemana-mana. Alat ini memiliki port USB dan baterai 9000 mAh. Harganya sekitar Rp 2,5 juta. Sanggup?

8. Siapa sih hari gini yang nggak ngelirik alat multifungsi? Mungkin Victorinox Expedition mampu menjawab kegelisahanmu selama ini

bisa dikantongin lho ini~ via www.hongkiat.com

Yap, sebuah multi-tool kit yang cocok kamu bawa dalam saku. Memiliki 41 fungsi, termasuk lampu built in, jam digital, alarm, altimeter, barometer, termometer, tapi belum bisa mengukur kedalaman hati kamu semenjak ditinggal dia ~ Harganya sekitar Rp 2 juta aja sis.

9. Ini nih alat yang diimpikan oleh seluruh pendaki. Boong kalau kamu bilang nggak pengen beli. Paling juga kamu belum punya money~

ah masa kamu nggak pengen yang ini? via www.hongkiat.com

JakPak namanya. Bisa digunakan sebagai jaket waterproof atau tahan air, sekaligus sleeping bag dan tenda dalam satu paket. Kurang praktis apa? Kurang ada kamu aja yang nemenin petualanganku. Ini sekitar Rp 2,5 juta.

10. Kalau dibilang mahal ya mahal, ini sekitar Rp 4 juta. Tapi worth it banget kok sama fungsinya ~

kelebihannya, baterai rendah konsumsi via www.hongkiat.com

Ini nih alat super lengkap. Meet earl survival, memiliki fasilitas berupa GPS, sensor cuaca, barometer, termometer, kompas, radio AM/FM/SW/LW, pengisian solar, bluetooth 4.0, built in walkie-talkie yang bekerja hingga 20 mil dan Android 4.1 ditampilkan pada layar e-ink dengan baterai rendah konsumsi. Tapi kamu kudu punya cukup tabungan dulu sih buat yang satu ini.

11. Eits, jangan salah, yang satu ini bukan jam tangan biasa. Multifungsi juga, yang membuatmu tahu dimana kamu berada saat itu

mahal sih, tapi worth it kan? via www.hongkiat.com

Alat ini memang mirip jam tangan, tapi fungsinya sebagai pembantu navigasi dengan built in GPS, altimeter, barometer, kompas dan termometer. Ada satu lagi nih kelebihannya, alat ini memiliki nirkabel yang dapat kamu hubungkan ke monitor dan smartphone, serta dapat diisi ulang melalui USB. Harganya sekitar Rp 5 juta.

12. Mau tenda super praktis dan ringan yang bisa kamu bawa kemana-mana? Heimplanet Tent jawabannya!

mau dong camping tiap hari kalau tendanya begini via www.hongkiat.com

Tenda ini bisa kamu bawa dan lipat seukuran tas kecil. Lalu kamu pompa dengan pompa udara dalam beberapa menit saja, seketika ia akan mengembang dan bisa digunakan 2-3 orang. Harganya sekitar Rp 7,5 juta.

13. Ini nih versi canggihnya kompor gas portabel, kamu akan terkesima dengan ‘keajaiban’ Biolate Campstove

baterai penuh, perut kenyang, duh! via youtube.com

Segera tinggalkan kompor gas portabelmu, dan beralihlah pada kompor model baru dengan dual fungsi. Perlengkapan outdoor ini bisa digunakan untuk memasak dan membakar kayu. Selain itu, kompor super canggih ini mampu digunakan untuk mengisi ulang baterai ponselmu. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu kan kata pepatah? Harganya nyaris Rp 2 juta.

14. Ketika ponsel tak dapat digunakan di ketinggian atau di tengah hutan, kamu akan berterimakasih pada alat ini

jadul sih kelihatannya, tapi canggih cuy~ via www.theglobeandmail.com

Iridium Extreme Satellite Phone namanya, sejenis handy talky, tapi jauh lebih canggih. Perlengkapan naik gunung satu ini dapat beroperasi dengan baik ketika ponselmu tak dapat digunakan. Ketika berada pada saat-saat darurat, naik gunung, tersesat di tengah hutan, ia masih sanggup menerima sinyal dari berbagai tempat. Jelas tanpa provider seperti ponselmu. Baterainya bisa tahan 30 jam. Mampu mengirim GPS, sehingga orang lain akan tahu lokasimu kalau menangkap sinyal dari alat ini. Selain itu, ternyata bisa juga untuk menerima dan mengirim sms, voice mail, dan tethering data. Kamu mau?

15. Terakhir, rechargeable LED headlamp. Bukan sekadar headlamp biasa~

bentuknya masih kaya headlamp biasa sih, tapi… via www.swissknifeshop.com

Headlamp yang satu ini merupakan perlengkapan naik gunung yang memiliki daya tahan baterai lebih dari 18 jam. Headlamp ini bisa diisi ulang menggunakan USB. Begitu tangguh lantaran tetap bisa menyala dalam kondisi ekstrim di dalam air. Ia juga ditunjang dengan lampu SOS Strobe yang bisa digunakan saat kondisi darurat. Harganya sekitar Rp 2 juta.

Jadi, gimana? Pilih peralatan nomer berapa aja nih? Eits, intip tabungan dulu gih. Hehe. Percayalah, dengan kecanggihan teknologi kamu akan lebih survive berpetualang di luar sana. Selamat menjelajah alam bebas dengan peralatan mutakhir!