Nampaknya, Indonesia memang sedang berbenah perihal transportasi dan kaitannya dengan pariwisata. Terbukti dengan telah tersedianya kapal Ferry yang melayani rute baru, Surabaya-Lombok. Tentu ini kabar gembira buat traveler seperti kamu. Kalau biasanya kamu dari Surabaya menempuh perjalanan darat menuju ke Lombok, dengan kapal Ferry perjalananmu bisa lebih cepat. Pun jika biasanya kamu menggunakan pesawat menuju Lombok, dengan kapal biayanya jadi lebih murah. Nah, kantong pun aman.

PT Angkutan Sungai Danau Pelabuhan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) telah resmi mengoperasikan layanan feri jarak jauh rute Surabaya-Lombok, KMP Legundi namanya

ini namanya KMP Legundi via skysracpercity.com

KMP Legundi merupakan kapal Ferry buatan anak bangsa, yang telah mulai beroperasi pada Kamis (1/12) lalu. Kapal diberangkatkan dari dermaga Jamrud Utara 310, Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Laut Pelindo III Lembar, Lombok. Kalau biasanya perjalanan via darat menghabiskan waktu 30-48 jam, dengan Ferry ini waktu tempuh Surabaya-Lombok via laut hanya 21 jam saja. Kamu nggak mau coba?

Kalau via darat atau udara kamu harus keluar biaya sendiri untuk makan, dengan kapal feri ini ada bonus satu kali makan tanpa biaya lho..

gratis makan, ada matras pula via hendricuswidiantoro.files.wordpress.com

Dilansir dari tribunnews.com, PLT Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Faik Fahmi mengatakan, ASDP telah berkomitmen untuk mendukung penurunan biaya tinggi logistik dan pengembangan sektor pariwisata melalui layanan kapal Ferry jarak jauh.

Advertisement

“Pengguna jasa kini dapat menikmati perjalanan dari Surabaya menuju Lombok dengan KMP Legundi yang menyediakan berbagai fasilitas yang memberikan kenyamanan selama perjalanan.” tuturnya.

Para penumpang dapat menikmati indahnya laut yang melintasi Surabaya-Lombok dari sudut jendela ruang penumpang yang full AC. Penumpang juga tak perlu khawatir, karena PT ASDP memberikan layanan tambahan berupa satu kali makan tanpa biaya. Satu lagi, untuk yang ingin memejamkan mata sejenak, tersedia kasur matras yang dapat digunakan dengan cuma-cuma sepanjang perjalanan. Ruang kesehatan dan ruang menyusui pun hadir sebagai sebuah keharusan di KMP Legundi ini. Sepertinya, semua kebutuhanmu akan terpenuhi. Sudah mupeng belum ingin menikmatinya?

Katanya sih, perjalanan dengan kapal ASDP ini bakal lebih hemat, aman, dan nyaman. Berapa sih tarifnya? Simak ya..

alternatif baru buat backpackeran nih via youtube.com

Tarif bagi penumpang dewasa Rp 72 ribu, anak-anak Rp 47 ribu.

Tarif kendaraan :

Golongan I Rp 117.000
Golongan II Rp 197.000
Golongan III Rp 392.000
Golongan IV Rp 1.385.000
Golongan V Rp 2.657.000
Golongan VI Rp 4.510.000
Golongan VII Rp 4.574.000
Golongan VIII Rp 6.829.000
Golongan IX Rp 10.234.000

Tarif ini belum termasuk biaya jasa pelabuhan lho ya. Pelayarannya dijadwalkan dua kali dalam satu minggu. Kalau banyak peminatnya sih kayanya bakal lebih sering lagi. Dari Surabaya berangkat hari Senin dan Kamis, dari Lombok Rabu dan Sabtu. Catet baik-baik ya..

Kapal ini mampu menampung seribu penumpang dan seratus truk. Nantinya, secara bertahap, ASDP akan menyiapkan lima unit kapal berkapasitas di atas lima ribu tonase kotor (Gross Tonnage/GT) untuk layanan jarak jauh

bisa ngangkut seribu penumpang lho sekali jalan via kabarbisnis.com

Penting untuk kamu ketahui, keunggulan penggunaan jalur laut ketimbang angkutan darat ialah mampu mengurangi kepadatan lalu lintas darat di Bali, sehingga kenyamanan pariwisata akan lebih terjaga. Selain itu, kapal ini juga termasuk ramah lingkungan, serta mengurangi beban dan perawatan jalan raya. Ditambah lagi adanya efisiensi waktu, biaya operasional, dan pemeliharaan truk. ASDP memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan program pemerintah, utamanya mengenai peningkatan konektivitas dan menurunkan biaya logistik nasional.

Harapannya satu, semoga pariwisata di Lombok bisa makin terdongkrak karena adanya rute baru ini ya. Polusi dan emisi juga lebih berkurang lagi~

semoga kamu makin sering ke Lombok ya via nginepmana.com

Kalau kepadatan jalan bisa berkurang, jalan dan penyeberangan akan lebih lancar. Bukankah wisatawan pun akan bahagia karena waktunya tak habis di jalan? Teruntuk penumpang yang masuk golongan pelajar, kapal ini menawarkan hal yang sangat amat menarik. Pihak KMP Legundi akan mengenalkan dengan seluk beluk kapal serta seluruh petugas kapal dan tugas-tugasnya. Sejatinya, pihak ASDP juga tengah mengkaji rute-rute lainnya, seperti Jakarta-Surabaya. Namun, untuk jangka pendek, akhirnya rute Surabaya-Lombok dulu yang terealisasi.

Bagi para pengemudi kendaraan, KMP Legundi juga menyediakan ruang khusus yang dapat dimanfaatkan sambil menikmati secangkir teh dan kopi. Boleh juga kalau kamu justru memilih singgah di ruang entertainment. Kapal ini menawarkan konsep one stop services yang sayang kalau kamu lewatkan lho.. Jadi, kapan menjajal penyeberangan ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya