Pesona Indonesia memang tiada duanya. Harus diakui bahwa Indonesia memiliki panorama alam yang indah. Bahkan banyak yang bilang bahwa negara ita adalah cuilan surga yang diturunkan di tanah. Ya, sebegitu indahnya alam kita! Mulai dari gunung, pantai, sampai makanan enak semua ada. Makanya jangan cuma jadi gengerasi yang diam dan tak tahu menahu seputar negara sendiri. Jangan habiskan waktumu untuk pacaran dan ngabisin uang doang!

Bicara soal uang, tahu nggak sih kalau ternyata banyak keindahan Indonesia yang terlukis di lembaran uang kertas rupiah? Nah, biar kamu makin mengenal Indonesia, coba deh kamu amati lagi uang kertas yang kamu punya. Siapa tahu kamu punya kesempatan untuk main ke tempat asli pemandangan tersebut~

1. Pemandangan indah anak gunung Krakatau yang pernah nampang di wajah uang kertas Rp. 100. Keren, kan?

Oh… Di sini toh aslinya via ykzir.wordpress.com

2. Adalah Rumah Lamin yang ada pada lembaran uang Rp. 500-mu dulu! Anak 90-an harus tahu itu

Khas Kalimantan nih via m.keepo.me

3. Adalah pemandangan Sianok Canyon di Bukittinggi yang terlukis indah di uang Rp. 1000 tahun 1980. Ada yang masih punya nggak, nih?

Hoo… Cakep, gan! via bidhuan.com

4. Tahun 1992 dan uang Rp. 1000 disatukan dengan panorama indah Danau Toba. Keren banget gambarnya!

Advertisement

Pesona indah danau Toba via kabar24h.com

5. Pulau Maitara dan Tidore juga menghiasi lembar kertas Rp. 1000-an loh. Yang ini kalian pasti tau

Cakeup! via backpackstory.me

6. Rumah Tongkonan kebanggaan Tana Toraja juga muncul di lembaran uang Rp. 5000 tahun 1980, loh

Tana Toraja punya via galleryuangkuno.blogspot.com

7. Masjid Menara Kudus juga pernah masuk dalam lembaran rupiah. Tepatnya uang Rp. 5000 pada 1986 lalu

Ada masjid menara Kudus juga! via kabar24h.com

8. Pada tahun 1992, ganti panorama indah danau Kelimutu yang nampang pada lembaran Rp. 5000-an. Zaman dulu megang uang ini aja udah berasa kaya!

Bisa gitu ya danaunya… via www.infoyunik.com

9. Keindahan Candi Prambanan pernah masuk dalam lembaran uang Rp. 10.000 pada tahun 1979. Anak 90-an mah jelas nggak sempat melihatnya

Prambanan temple via kabar24h.com

10. Pada tahun 1992, pemandangan indah Candi Borobudur yang menghiasi lembaran Rp. 10.000-an

Indah! via kabar24h.com

11. Danau Segara Anak di Gunung Rinjani juga masuk dalam pecahan uang Rp. 10.000. Ya, tahun 1998 dulu

Waaah… Jadi pengen jalan-jalan ke sini~ via sharekembali.blogspot.com

12. Kalau uang Rp. 10.000-an sekarang dihiasi oleh Rumah Limas dari Palembang. Letak rumahnya ada di Museum Balaputera Dewa!

Letaknya di Museum Balaputera Dewa! via travel.detik.com

13. Pemandangan Pura Ulun Danu Bratan cocok tergambar di uang pecahan Rp. 50.000. Pemandangan apiknya pantas berada di situ

Yang hobi main ke Bali pasti tau ini! via pecintavakansi.blogspot.com

Semoga kita punya banyak uang dan bisa traveling ke tempat-tempat tersebut, ya. Sayang banget kalau indahnya pesona nusantara hanya bisa kita nikmati dari lembaran rupiah tanpa pernah melihatnya dengan mata kepala sendiri… 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!