Mungkin kamu pernah melihat jembatan kaca di sebuah gunung di China yang sangat bikin kaki ngilu saking tingginya. Percayalah, teknologi yang digunakan di jembatan yang melingkari gunung sudah teruji dan bisa dinaiki oleh banyak orang. Jadi sudah ada garansi aman ketika melintasinya. Meskipun begitu banyak yang ketakutan setengah mati hingga cuma duduk tak berani melanjutkan perjalanan.

Pemandangan hampir mirip juga bisa disaksikan di Benteng Kalavantin, India. Benteng ini berada di atas bukit yang berbentuk kerucut yang mempunyai ketinggian 700 meter. Bedanya dengan jembatan di China, trek menuju Benteng Kalavantin itu berbentuk tangga-tangga dengan elevasi yang sangat curam. Penasaran gimana seremnya trek menuju Kalavantin Durg ini? Yuk deh kepoin sama-sama.

Benteng Kalavantin ini juga terkenal dengan sebutan Benteng Prabalgad. Benteng yang dibangun di puncak bukit kerucut setinggi 700 meter!

benteng kalavantin via versesofuniverse.blogspot.co.id

Benteng Kalavantin berada di antara Matheran dan Panvel di provinsi Maharastha, India. Bangunan ini dulu dibangun untuk dipersembahkan kepada Ratu Kalavantin. Bisa dibilang benteng ini sangat unik karena dibangun di puncak bukit kerucut yang sangat ramping setinggi 700 meter. Tak pelak, tempat ini jadi tujuan wisata populer di India. Jalur untuk mencapai benteng itu bisa dikatakan tidak mudah. Ada ratusan anak tangga dengan kemiringan yang sangat curam, sehingga mendakinya sangat butuh perjuangan.

Meskipun mendakinya cukup sulit, justru perjalanan turunnya yang jauh lebih sulit. Tangga licin dengan kemiringan yang sangat curam seperti itu sungguh berbahaya

serem kan gaiss via media-cdn.tripadvisor.com

Advertisement

Butuh waktu yang lama dan tenaga yang cukup besar untuk dapat mendaki tangga-tangga menuju Benteng Kalavantin. Selain karena sangat curam, tangga seperti ini justru sangatlah licin, lebih-lebih ketika hujan. Maka dari itu, butuh perjuangan yang keras untuk mencapai benteng Kalavantin di puncaknya.

serem ya liatnya via mumbaihikers.com

Akan tetapi, sesulit-sulitnya perjalanan mendaki ratusan anak tangga ini, masih jauh lebih sulit ketika turun. Hal ini dikarenakan curamnya tangga sehingga sangat tidak aman jika menuruninya seperti tangga biasa. Kamu harus menggunakan tangan dan kakimu untuk menuruninya pelan. Selain karena tidak ada pengaman, akan lebih mudah kalau kamu menuruninya sambil duduk atau jongkok. Serem abis sih ini…

Bangunan yang sebenarnya tidak terawat ini justru kini jadi obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

begini pemandangan di puncaknya via photos1.meetupstatic.com

Siapa sangka, benteng yang sudah tak terurus ini kini ramai didatangi oleh wisatawan. Meskipun dengan medan yang sangat sulit, tak mengurangi animo pengunjung yang datang ke sana. Rasa capek ketika mendakinya bakalan sepadan ketika sudah sampai puncaknya. Pemandangan yang sangat indah siap menyambutmu di benteng Kalavantin di atas sana. Hijaunya pegunungan yang tersapu kabut membuat ingin berlama-lama di sana. Bukan karena terlalu betah ya, tapi karena malas untuk menuruni tangga berbahaya itu lagi. Hehehe. Tapi mau nggak mau ya harus turun lah ya.

Begini video yang menunjukkan betapa seramnya menuruni Benteng Kalavantin di India. Cek deh kamu pusing apa nggak?

Jadi beranikah kamu mencobanya? Seru banget sih ya kalau nanti kamu bisa beneran ke sana. Selamat mendaki…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya