Bagimu mungkin Jakarta hanya terkenal dengan kemacetannya yang parah atau penuh hutan semen yang menyebabkan banjir saat musim hujan. Tapi, Jakarta juga punya tempat wisata alam yang patut dikunjungi, salah satunya Kepulauan Seribu. Keindahan alam pulau yang belum lama ini ditunjang dengan pengembangan pariwisata di beberapa tempat pun tetap nggak menghilang. Justru semakin bagus dan menarik untuk kamu kunjungi.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di kepulauan yang letaknya di utara Jakarta ini lho. Misalnya snorkeling dan diving, memancing, berenang, bersepeda, ke penangkaran penyu sisik, hingga menikmati sunrise dan sunset sambil minum kelapa di pinggi pantai. Wuuiihhhh Nggak kebayang ya serunya gimana. Langsung aja yuk simak kegiatan apa aja yang bisa kamu lakukan selama di Kepulauan Seribu!

1. Rugi banget kalau kamu gak ikutan snorkeling dan diving. Panorama bawah laut Kepulauan Seribu yang indah ini sayang kalau kamu lewatkan

snorkeling via www.pegipegi.com

Eh nanti jangan lupa minta ke tour guide-nya buat selfie underwater ya pas diving.

Kepulauan yang berada di utara Jakarta ini memiliki keindahan yang nggak bisa dibeli dengan apapun. Adanya ratusan jenis terumbu karang dan hewan-hewan laut telah berhasil memanjakan mata para pecinta kehidupan di bawah laut. Beberapa spot menarik untuk melihat hasil ciptaan Tuhan ini di antaranya Pulau Semak daun, Pulau Gosong Perak, Pulau Kayu Angin Genteng, dan Pulau Patondan Timur.

Advertisement

FYI aja nih, kalau mau ke Pulau Semak Daun kamu bisa menginap di Pulau Pramuka karena letaknya yang berdekatan. Kalau mau ke Pulau Gosong Perak kamu bisa menggunakan fasilitas akomodasinya di Pulau Harapan. Oh iya, Pulau Gosong Perak ini terdiri dari hamparan pasir seperti muncul di tengah laut gitu, jadi pulaunya kayak menghilang dan tenggelam kalau air pasang. Untuk Pulau Kayu Angin Genteng, kamu bisa menginap di Pulau Macan. Sedangkan ke Pulau Patondan Timur yang memiliki kedalaman hingga 32 meter ini, kamu bisa menginap di resort Pulau Pantara dan menyewa kapal deh. Di Pulau Patondan Timur ini ada kapal tenggelam yang ditumbuhi karang berwarna-warni lho.

2. Atau kamu memilih untuk berenang? Yup, kapan lagi ya menikmati berenang sungguhan di pantai

berenang di pulau via www.tribunnews.com

Abis terjun dari jembatan cinta, lanjut berenang yuk!

Kalau kamu bosan dengan berenang yang mainstream yaitu di dalam kolam buatan manusia dengan air berkarporit, kenapa nggak coba berenang sungguhan di pantai? Dijamin sensasinya berbeda deh! Apalagi kalau kamu lagi di Pulau Tidung terus terjun dari jembatan cinta dan lanjut berenang, idiiiihh seru abis! Tapi harap berhati-hati ya, karena suka ada banana boat atau permainan sejenis lainnya yang hilir mudik. Kamu juga perlu waspada karena banyak bulu babi. Kakimu jangan sampai menginjak karang atau dasar laut ya.

3. Bagi yang suka memancing juga bisa menyalurkan hobinya. Spot favorit antara lain Pabelokan, Pulau Damar, Pulau Peniki, dan Pulau Pari bisa menjadi pilihanmu

mancing di pulau pari via fishing-mancing.com

Buat kamu yang gemar memancing, bisa banget menyalurkan hobimu di Kepulauan Seribu. Kamu bisa memanfaatkan spot favorit berburu ikan nih, di antaranya Pabelokan, Pulau Damar, Pulau Peniki, dan Pulau Pari. Ikan yang ditangkap biasanya kakap merah, GT (Giant Trevally), tenggiri, dan marlin. Untuk memancing, sebaiknya kamu pilih kapal yang aman lengkap dengan fasilitas keamanan memancing ya. Hal ini nggak lain supaya hobimu yang tersalurkan di kepulauan ini bisa berjalan lancar.

4. Tentu saja kamu bisa juga melakukan olahraga outbound dan olahraga pantai

main voli di pantai perawan via www.mongabay.co.id

Kalau lagi di pulau, nggak melulu kegiatannya diisi dengan basah-basahan kok. Kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti olahraga outbound atau olahraga pantai. Mengisi waktu dengan bermain voli dan sepak bola dengan rombongan atau bersama warga pulau sungguh mengasyikan lho. Buruan deh tag tanggal merah tahun ini buat ke sana!

5. Keliling pantai sambil jalan kaki atau bersepeda juga seru. Kamu gak hanya mengenal lebih dekat alam, tapi juga warga pulau Seribu

sepedaan via triphemat.com

Sepedaan keliling pulau yuk sambil nunggu sunset.

Sepedaan biasanya udah jadi satu paket nih sama biaya kamu ke pulau kalau ikutan travel agent. Atau kamu juga bisa menyewanya dengan harga sekitar 10ribu hingga 25ribu seharian. Berkeliling pulau dengan sepedaan seru lho karena kamu bisa menelusuri kehidupan masyarakat asli dan bercengkrama juga dengan mereka. Nggak hanya itu, kamu juga lebih merasakan keindahan alam yang Tuhan ciptakan di teluk Jakarta ini. Oh iya, nggak semua pulau terdapat fasilitas sepeda karena ada yang luasnya nggak sebesar Pulau Pari dan Pulau Tidung, contohnya kayak di Pulau Pramuka dan Pulau Harapan.

6. Menikmati pemandangan sunrise dan sunset membuatmu enggan untuk beranjak. Asal jangan kelewat baper aja

hati-hati baper! via penunggul.com

Kalau kamu pernah naik gunung dan momen yang nggak mau dilewatkan yaitu sunrise dan sunset, ketika lagi di pulau pun kedua kegiatan wajib ini juga jangan dilupakan ya. Karena keindahan matahari terbit dan terbenam di pulau juga nggak kalah menakjubkannya saat berada di gunung. Kalau udah terbuai dengan keromantisan yang disuguhkan ini, biasanya kamu jadi baper-baper lucu gitu deh. Yang wisata bareng pasangan sih senang-senang aja, lha yang sendirian atau baru patah hati bakal gimana? Makanya, khusus kegiatan satu ini jangan dibawa serius-serius banget sama hati ya. ;p

7. Berkunjung ke penangkaran penyu sisik di Pulau Pramuka dan penangkaran elang bondol di Pulau Kotok juga bisa kamu lakukan. Kapan lagi melihat sarana pelestarian hewan yang jumlahnya tinggal sedikit ini?

penangkaran penyu sisik via www.outingpulauseribu.com

Eh mau sekalian ke penangkaran penyu sisik sama elang bondol gak? Mumpung masih di sini.

Dua jenis hewan yang udah mau punah ini tempat penangkarannya mengambil lokasi di Kepulauan Seribu. Di sana kamu bisa sekaligus bertanya apa aja tentang penyu sisik dan elang bondol. Tempat penangkarannya 2 hewan ini terpisah, kalau penyu sisik di timur Pulau Pramuka, sedangkan elang bondol di Pulau Kotok. Kamu bisa kunjungi penangkaran elang bondol jenis elang laut ketika menginap di Pulau Harapan dengan waktu tempuhnya sekitar 40 menit.

8. Berwisata sekaligus menebar manfaat untuk alam gimana? Kamu bisa menanam pohon mangrove di Pulau Pari

menanam mangrove via news.liputan6.com

Pulau Pari ini dipilih oleh Lembaga ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk dijadikan tempat penelitian oceanografi sejak 1997. Jadi, kelestarian lingkungannya memang oke banget. Hal ini juga didukung oleh adanya partisipasi pelestarian melalui penanaman pohon mangrove. Kamu bisa membantu melestarikan lingkungan Pulau Pari dengan membeli bibit mangrove sekitar Rp1000 lho. Oh iya, pemandangan hutan mangrove di Pulau Pari juga dapat kamu nikmati karena memang sangat memanjakan matamu.

9. Ingin sekaligus mengunjungi banyak pulau? Kamu bisa main ke Pulau Onrust, Pulau Kahyangan dan Pulau Kelor yang terhubung dengan sekali jalan

mbak Atiqah sama mas Rio aja nikahnya di pulau onrust *eh maap salah fokus* via www.kapanlagi.com

Mau lihat pulau peninggalan zaman Belanda gak dari Pulau Bidadari?

Yup, Pulau Onrust, Kahyangan, dan Kelor merupakan 3 pulau cagar budaya dan sarat dengan sejarah zaman penjajahan Belanda. Untuk ke pulau ini, kamu bisa menggunakan kapal dari Pulau Bidadari dengan sekali jalan dan biayanya murah. Kalau ke sini kamu merasa kayak hidup di zaman penjajahan deh karena peninggalan-peninggalannya yang masih ada, seperti benteng Mortello yang dibangun VOC di abad 17an. Atau ada juga meriam tua berumur 1700-an tahun yang berada di Pulau Onrust. FYI aja nih, dulu di Pulau Onrust juga menjadi tempat transit jemaah haji sebelum ada pesawat terbang lho.

Nggak hanya itu aja, di Pulau Onrust juga terdapat makam Belanda dan makam pemimpin pemberontakan DI/TII Kartosoewirjo. Makanya, ketika stasiun televisi lagi booming menanyangkan program uka-uka, pulau ini menjadi salah satu lokasi syutingnya. Zzzz .

10. Kalau udah malam hari kegiatan wajib yang dilakukan yaitu BBQ-an pinggir pantai. Mendengar desiran ombak sambil menikmati hasil tangkapan memancing pasti memberikan efek BBQ yang gak biasa

Ikan hasil tangkapan buat BBQ-an ntar malam ya!

BBQ-an di pinggir pantai memang nggak ada yang ngalahin sensasinya. Sambil mendengar desiran ombak ditambah memakan ikan hasil tangkapan membuat nuansanya semakin seru. Yakin masih mikir-mikir lagi mau ke sana?

11. Ada banana boat, sofa boat, jetski, flying fish, dan beragam jenis permainan air lainnya yang bisa cobain selama berada di Kepulauan Seribu

banana boat di pulau tidung via travel.detik.com

Walaupun terletak di teluk Jakarta, tapi Kepulauan Seribu juga menyediakan fasilitas permainan yang nggak kalah dengan tempat wisata pantai lainnya. Banana boat, sofa boat, jetski, flying fish, dan permainan lainnya udah siap menunggu kamu untuk ditumpangi. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk menikmati permainan ini ‘kan?

12. Yang terakhir wajib banget jangan dilupain ya. Ehem. Foto-foto! Mulai dari foto di pantai atau di spot-spot menarik lainnya, hingga foto underwater sewaktu diving bisa dilakukan sepuasnya

123….. cheese! via www.beritaunikdunia.com

Sebenarnya ini terserah kamu sih mau foto-foto atau nggak. Tapi, apa yakin melewati gitu aja pengalaman di Kepulauan Seribu tanpa mengabadikan salah satu momen terseru dihidupmu? Sayang banget kan! Apalagi ada banyak spot menarik buat menjadi background fotonya.

Baik kamu warga Jakarta atau yang tinggal di sekitarnya, bahkan hanya mampir beberapa minggu aja di Jakarta, sempatkan waktumu untuk mengunjungi Kepulauan Seribu ya! Karena ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana lho. Nggak cuma yang identik dengan basah-basahan aja, tapi juga wisata sejarah zaman Belanda. Yuk segera agendakan tanggal merah di tahun ini untuk menyambangi kepulauan yang berada di utara Jakarta!

Happy traveling, Guys!