Jakarta lebih dikenal dengan bangunan-bangunan tinggi nan menjulang yang mencakar langit. Juga dengan pusat-pusat perbelanjaan yang bertebaran mengitari sudut kota. Wisata Jakarta pun begitu identik dengan Dufan dan Kepulauan Seribu, yang tentu butuh merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati sensasi liburan di sana. Padahal, orang-orang yang tinggal di ibukota ini mudah sekali merasa penat setiap saat. Bukankah, kamu-yang-tinggal-di-Jakarta butuh tempat yang bisa diakses dengan mudah dengan harga murah meriah? Nah, semoga 7 taman ini bisa jadi solusinya..

1. Taman Ria Rio di Jakarta Timur ini jadi cerminan taman modern yang sudah dilengkapi dengan area wifi. Mau nongkrong murah, bisa lho di sini~

Jakarta punya yang kaya begini lho via www.jakarta.go.id

Sebagian warga sudah menyadari keberadaan taman ini, mereka pun kerap menghabiskan sore hari untuk bersantai di Taman Ria Rio. Para pengunjung taman, bisa melihat bangau-bangau putih yang menghuni waduk Ria Rio. Juga melihat secara langsung pohon Baobab yang tumbuh di tengah-tengah taman. Pohon Baobab sendiri merupakan pohon berusia ratusan yang batangnya menyimpan air. Sementara buah dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Taman ini dulunya sempat tak terurus, namun saat masa kepemimpinan Gubernur Joko Widodo, kondisi taman sudah diperbaiki kembali. Yang paling unik, ada arena melingkar yang dibangun menyerupai amphitheater dan seringkali dimanfaatkan untuk pertunjukan musik.

2. Taman Langsat Mayestik di daerah Kebayoran Baru bisa jadi jujugan saat kamu tengah merasa buntu. Di balik kesejukan yang ia tawarkan, ternyata ada cerita seram yang juga disimpan

indah indah begini ternyata serem lho via orig09.deviantart.net

Taman Langsat yang ada di Jakarta Selatan ini memiliki luas 3,6 hektar. Awalnya, digunakan sebagai tempat penampungan bibit. Namun sekarang sudah direnovasi dan dilengkapi beragam fasilitas yang bisa bikin kamu betah. Jogging track sepanjang 750 meter dan lapangan tenis cocok untuk kamu penggemar aktivitas olahraga. Ada kolam teratai dan aliran sungai di tengah tamannya. Walau si Taman Langsat ini dikenal sebagai taman bermain untuk publik, ternyata ia juga mampu bikin para pengunjung bergidik. Ada beragam cerita seram dari taman yang (katanya) dihuni oleh banyak makhluk gaib ini. Ya, kalau emang suka uji nyali, boleh kok ke sini pas malam hari.

3. Taman Menteng di Jakarta Pusat pun bisa jadi salah satu solusi tempat pelepas penat. Kalau tahun baru belum tahu mau ke mana, mending kamu menikmati pemandangan di sini aja

Advertisement

potret taman modern nih via www.jakarta-tourism.go.id

Tahun-tahun sebelumnya, menikmati malam tahun baru di Taman Menteng bisa jadi alternatif kegiatan yang menarik. Awalnya, taman ini ialah bangunan Stadion Menteng. Kemudian, pada tahun 2006 lalu stadion dibongkar dan dijadikan sebagai sebuah taman. Yang paling unik, Taman Menteng memiliki sebuah bangunan berbentuk rumah kaca sebagai ikon selamat datang yang selalu menyambut kehadiran para pengunjungnya. Komunitas fotografi banyak yang melakukan hunting foto di kawasan ini, sudah pasti pemandangannya oke kan berarti?

4. Taman Fatahillah di Jakarta Barat seringkali jadi lokasi kumpul berbagai komunitas Ibukota. Tempat ini memang asik untuk bercengkerama

taman Fatahillah yang penuh sejarah via flickr.com

Destinasi satu ini cocok untuk kamu penggemar wisata sejarah, juga wisata kelam. Berada di kawasan kota tua yang tak pernah sepi pengunjung, tiap malam pergantian tahun di taman ini selalu diadakan pesta kembang api. Berada di depan Museum Fatahillah, taman ini juga sering jadi venue berbagai acara. Disebut tempat wisata kelam lantaran dulu pernah bersimbah darah karena jadi area pembantaian. Kalau kamu anak sejarah, cocok nih nongkrong sambil belajar di sini.

5. Taman Suropati yang tak jauh dari Menteng, bisa pula jadi jujugan untukmu penikmat seni jalanan, juga komunitas pecinta hewan. Dijamin kamu akan merasa nyaman~

oase di tengah teriknya mentari via www.jakarta-tourism.go.id

Berbagai fasilitas tersedia di taman ini. Seperti bangku panjang, pepohonan rindang, air mancur di dua sisi kanan dan area untuk berlari. Juga ada ornamen-ornamen menyerupai tugu dan patung yang terbuat dari semen dan batu, yang merupakan karya dari pematung seluruh ASEAN. Cocok untuk kamu penikmat kesenian. Terlebih, taman ini sering dimanfaatkan beberapa komunitas pecinta hewan untuk berkumpul, dan juga banyak seniman jalanan yang berdatangan. Mereka akan melantunkan lagu-lagu indah untuk menghiburmu, percayalah.

6. Kalau kamu sering main ke Blok M, cobalah sesekali mampir di taman Martha Tiahahu. Walau tak luas, tapi kamu bisa menemukan kedamaian di sini. Tak masalah walau datang sendiri

Martha Tiahahu. cocok untuk anak-anak hingga manula, hihii via www.idjakarta.com

Mungkin yang anak mall sering nggak sadar kalau di depan Blok M Plaza ternyata ada sebuah taman. Yap, Martha Tiahahu namanya, berukuran 20,960 meter persegi. Taman ini dilengkapi dengan air mancur dan kolam besar, sebuah tugu, dan beberapa permainan anak. Ada juga beberapa patung bentuk binatang seperti jerapah dan gajah, serta sarana jogging track. Bisa kali yang tersembunyi begini lebih diperhatikan sedikit aja, hihii…

7. Terakhir, Taman Cattleya di Jakarta Barat ini lengkap dengan beberapa danau buatan di dalamnya. Asik sih, kalau mau ajak dia~

berasa nggak di Indonesia via flickr.com

Taman Cattleya berada tepat di sebelum lampu merah Tomang. Untuk ukuran taman kota, taman ini termasuk cukup besar. Nggak banyak penjaja makanan di sekitar Cattleya, jadi kamu nggak akan merasa terganggu dan bisa menikmati suasana sejuk di tengah kota dengan lebih santai. Selain itu, jalan setapaknya yang bersih juga asik untuk dijadikan track lari sore atau jalan santai. Kalau mau sensasi lebih unik, boleh sih gelar tikar dan piknik.

Jadi, gimana? Sudah siap menikmati ibukota dengan cara berbeda? Kalau nggak punya duit, kamu udah nggak lagi diem di rumah aja. Selamat menjelajah taman-taman kota di Jakarta.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!