Setiap tempat di Indonesia pasti memiliki legenda dan sejarahnya tersendiri. Baik yang berhubungan dengan mitos-mitos berbau mistis hingga legenda yang berhubungan dengan kisah asmara, Indonesia punya semua. Tak terkecuali di Bandung. Ada sebuah tempat wisata bernama Situ Patenggang di Bandung sana. Mitosnya, kalau kamu ke sana bareng pasangan, hubungan kalian bakal awet sampai maut memisahkan! WOW.

Ya siapa sih yang nggak pengen hubungannya bersama pasangan awet sampai tua kelak? Karena itu coba deh main ke Situ Patenggang. Jangan lupa ajak pacar. Jangan ke sana sendirian doang… :p

Berlokasi di Ciwidey, Situ Patenggang cuma berjarak 2 jam dari pusat kota Bandung

Cakep kan… via www.ragamtempatwisata.com

Kamu yang ingin sejenak lari dari kepenatan Bandung bisa memilih Situ Patenggang sebagai tempat pelarian. Jaraknya nggak terlalu jauh kok dari pusat kota Bandung. Cuma dua jam perjalanan doang kok dari pusat kota Bandung ke Situ Patenggang. Lumayan lah, ya…

Danau Situ Patenggang atau biasa disebut dengan Situ Patenggang merupakan danau yang letaknya di bagian selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey. Sesampainya di sana, kamu akan disambut oleh pemandangan danau yang cantik dan menenangkan. Di pagi hari, langit di atas danau akan terlihat cerah. Pantulan pemandangan indah tersebut akan tercermin di atas permukaan air yang tenang. Sejuknya udara pagi serta sinar mentari yang masih malu-malu akan menambah suasana romantis tempat ini.

Di sana, kamu bisa jalan-jalan di kebun teh hingga memancing di danaunya. Yakin nggak pengen ke sana?

Advertisement

Keliling aja di kebun teh ~ via initempatwisata.com

Luas Situ Patenggang yang sekitar 45.000 hektar dan letaknya yang berada di titik 1.600 meter di atas permukaan laut semakin menambah eksotisnya Situ Patenggang. Di wilayah yang luas tersebut kamu nggak perlu khawatir merasa bosan. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama dengan pasangan.

Danau Situ Patenggang dikelilingi oleh perkebunan teh yang sangat luas. Jalan-jalan pagi di sana bareng pasangan jelas bakal romantis abis. Pun demikian dengan kegiatan menyusuri danau menggunakan perahu warna-warni bareng pasangan. Nuansa romantisnya kagak nahan! Atau biar makin romantis, kamu dan pasangan bisa menyewa perahu angsa. Mengelilingi danau berdua akan membuat hubungan kalian makin mesra~

Buat yang jomblo atau yang nggak dateng ke sini bareng pasangan, tenang. Di sana kamu bisa memancing kok. Yah, asal nggak mancing pacar orang sih boleh-boleh aja… :p

Konon katanya, ada Batu Cinta yang berada di sana. Mengelilinginya bersama pasangan, hubungan kalian bakal awet!

Ada pulau Asmara~ via matajatim.com

Buat yang datang ke sana berpasangan, tempat yang satu ini pasti jadi incaranmu. Yak. Di Situ Patenggang ada yang namanya Pulau Asmara. Nah di Pulau Asmara ini terdapat sebuah batu yang disebut Batu Cinta. Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak dong ada mitos seperti apa di tempat yang satu ini. Yak betul! Mitosnya seputar hubungan asmara kalian.

Konon, kalau kamu dan pasanganmu singgah di Batu Cinta dan kalian berdua mengelilingi Pulau Asmara bersama-sama, hubungan asmara kalian bakal awet sampai maut memisahkan. Keren tuh! Bagi yang punya pasangan, buruan gih ajak pasanganmu ke sana. Yang jomblo mending mancing aja… Heuheu…

Mitos tersebut bermula dari sebuah kisah cinta antara Dewi Rengganis dan Ki Santang. Begini nih kisahnya…

Batu Cinta~ via www.wisatabdg.com

Menurut cerita rakyat yang beredar di wilayah sekitar, Situ Patenggang ini mengisahkan sebuah kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Dua sejoli tersebut saling mencintai, namun dipisahkan oleh peperangan yang tengah banyak terjadi. Sekian lama, mereka saling mencari. Hingga takdir yang pada akhirnya menyatukan mereka.

Nah, tempat mereka bertemu itu adalah Batu Cinta. Pantas ‘kan kalau mitos awetnya hubungan muncul dari tempat ini. Ketika mereka bertemu, Dewi Rengganis meminta dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu untuk berlayar berdua. Jadilah sebuah pulau yang berbentuk hati yang saat ini dikenal dengan nama Pulau Asmara.

Cewek mah ada-ada aja mintanya…

Karena itu ajaklah pasanganmu main ke sana. Siapa tahu mitos tersebut terbukti dan hubungan asmara kalian awet hingga maut memisahkan. Cocok deh buat berakhir pekan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya