Bus adalah salah satu moda transportasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, kamu bisa naik bus kapan saja tanpa jadwal yang merepotkan. Namun sayang, tingkat keamanan bus masih dibilang cukup rendah. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kecelakaan bus yang cukup besar, sehingga menimbulkan korban jiwa yang besar pula.

Kali ini Hipwee Travel bakal menceritakan kisah misteri yang melibatkan bus antar kota antar provinsi. Banyak sekali kisah mistis yang melibatkan moda transportasi bus, entah bus hantu lah atau bus yang baru saja kecelakaan.

Kisah pertama, beberapa tahun silam terjadi kecelakaan bus hingga terbakar di Madiun, Jawa Timur. Saat malam korban merintih kesakitan…

bus hantu via www.infometafisik.com

Kejadian ini sudah sangat lama, sebelum era internet seperti sekarang. Jadi ceritanya ada bus Jawa Timuran (ya tahu sendiri lah ya) mengalami kecelakaan di jembatan Maospati yang berbatasan dengan Jiwan, Madiun. Bus itu jatuh dan terbakar. Banyak korban meninggal dunia saat itu.

Ketika malam, penduduk sekitar jembatan mendengar suara-suara merintih kesakitan dan suara minta tolong. Suara ini terdengar cukup jelas dan seperti banyak orang. Bahkan ada yang sampai mengetuk pintu rumah. Hal itu terus terjadi selama beberapa hari.

Advertisement

Tolong, panas, panas…

Serem juga ‘kan kalau kamu mengalaminya sendiri? Hiii…

Masih ingat tragedi bus Pahala Kencana masuk hutan di Blora beberapa tahun lalu? Buat yang belum tahu begini kronologisnya…

masuk hutan via www.murianews.com

Bus Pahala Kencana jurusan Jakarta-Madura mencari jalan alternatif setelah jalur Pantura macet. Setelah berbelok, supir bus kemudian mengikuti Truk Beton yang ada di depannya. Bus ini memasuki jalanan yang mulai sepi. Waktu itu sudah jam 02.00 dini hari.

Ban belakang bus tiba-tiba selip sehingga bus berjalan mundur. Lalu terdengar suara benturan yang hebat. Kernet dan supir turun untuk mengecek apa sedang terjadi, sementara mesin bis mendadak mati. Ketika sudah turun, keduanya kaget karena bus tidak berada di jalan raya tapi di tengah-tengah hutan. Tepatnya di hutan jati Gadogan, Kedungbacin, Blora.

Supir dan kondektur kemudian melapor ke lurah dan polisi. Untuk mengeluarkan 2 kendaraan itu, warga harus memotong beberapa pohon dan meratakan jalan karena memang berada di tengah hutan. Dari kejadian itu sontak warga heran dan disinyalir 2 kendaraan itu dibawa oleh jin. Kalau ngalamin sendiri bakal horor banget sih ini…

Kisah mistis yang satu ini sudah jadi pembincangan umum. Kisah Ibu Winarsih yang naik bus hantu dari Banyuwangi ke Surabaya…

bus hantu via www.tribunnews.com

Kejadian ini sudah cukup lama, sekitar tahun 1990-an. Saat itu Ibu Winarsih ingin pulang segera ke Surabaya karena besok tidak mau terlambat masuk kerja. Akhirnya pukul 21.00 ia naik bus jurusan Banyuwangi-Surabaya. Ia tidak naik dari terminal, melainkan menunggu bus di pinggir jalan.

Setelah masuk ke dalam bus, Winarsih heran kenapa semua orang menggunakan baju putih dan wajahnya menunduk semua, seperti tertidur. Hanya supir dan kondektur yang tidak tidur. Mungkin mereka semua kelelahan, pikirnya. Kondektur itu pun menarik karcis, tanpa mengatakan apa-apa dan tanpa melihat wajah Winarsih.

Setelah sampai di Surabaya, ia diturunkan bukan di jalur bus melainkan tempat lain yang dekat dengan pos satpam. Ketika ia turun, pak satpam pun gemetar ketakutan ketika melihat penumpang bus.

“Mbak itu kok penumpangnya pocongan semua?” tanya Pak Satpam.

Winarsih langsung melihat ke arah bus dan benar, isi penumpangnya jadi pocong semua dan melotot ke arahnya. Winarsih pun serta merta pingsan. Kemudian orang-orang datang menolongnya.

Setelah ia sadar, jam di tangannya menunjukkan pukul 21.05 alias tidak sampai 5 menit perjalanan Banyuwangi-Surabaya sudah ia tempuh. Setelah ditelusuri ternyata karcis yang diberikan adalah karcis tahun 1965. Usut punya usut, dulunya ada kecelakaan bus di Banyuwangi di mana seluruh penumpangnya meninggal semua. Jadi bus yang mengantar Winarsih adalah bus hantu.

Hey, nggak takut naik bus lagi ‘kan? Eh awas di belakangmu tuh…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya