Bangsa Indonesia tak pernah lelah dalam menghasilkan kuliner yang menggoyang lidah. Tidak cuma itu aja, kreativitas masyarakat Indonesia dalam menciptakan kuliner unik juga tiada duanya. Macam-macam olahan makanan yang enak dan aneh tak henti-hentinya ditawarkan. Lama-lama orang Indonesia bisa pada kegemukan kalau makanannya enak terus. Hehehe.

Salah satu kuliner favorit kita semua adalah bakso. Selain harganya murah, rasanya juga juara. Nah, kamu sering dengar ‘kan bakso-bakso yang bentuknya super besar. Namanya juga macam-macam, dari Bakso Granat, Bakso Klenger hingga Bakso Astaghfirulloh! Edan bener nih pada bikin baksonya. Tapi nggak ada sih yang bisa ngalahin bakso yang satu ini. Antara kaget dan pengen ketawa, yuk kita cicipin ‘Bakso Hamil’ dan ‘Bakso Beranak’ ini!

Perkenalkan, Bakso Hamil dan Bakso Beranak. Mendengar namanya, kamu langsung penasaran bukan?

bakso beranak via travel.kompas.com

Jaman sekarang memang ukuran bakso makin nggak manusiawi ya. Sudah seukuran kepala bayi aja dirasa kurang besar. Nah, di Banyuwangi lagi rame Bakso Hamil dan Bakso Beranak. Halooo, yang ngawinin siapa ya kok bisa hamil?

Jadi begini, kenapa namanya Bakso Hamil karena baksonya berukuran super jumbo, yakni beratnya mencapai 2 kg! Mampus bisa meledak tuh perut. Tapi tenang, porsinya bisa buat banyak orang kok. Bisa buat 15 orang kalau ukuran yang terbesar. Mantep kalau dimakan rame-rame bareng keluarga atau temen. Kalau Bakso Beranak nggak segede Bakso Hamil. Cuma setengah kilogram aja beratnya. Tapi keunikannya ada bakso-bakso kecil dan telur ayam yang berada dalam satu bakso gede. Lucu kan, ada 7 anak bakso di sana. Kocak sih ini~

Siapa sih yang iseng bikin Bakso Hamil dan Bakso Beranak? Yuk kenalan sama si empunya ide. Mas Eko Nur Andiyanto yang masih muda banget ini

Advertisement

mas eko masih mahasiswa lho via banyuwangi.merdeka.com

Mas Eko adalah pemilik Bakso Andre, warung bakso yang menjual Bakso Hamil dan Bakso Beranak. Kebetulan ayah dari Mas Eko juga penjual bakso di Banyuwangi. Awalnya Mas Eko yang masih berstatus mahasiswa ini mendapat pesanan bakso yang berukuran besar dari teman-temannya. Kemudian ia mencetuskan ide Bakso Hamil dan Beranak karena ingin menciptakan ruang kebersamaan bagi para pelanggannya. Betapa tidak, dengan ukuran bakso yang sebesar ini mau tidak mau si pembeli harus mengajak teman atau keluarganya beramai-ramai. Dilengkapi dengan wifi, maka terciptalah ruang kebersamaan antar pelanggannya. Menarik bukan?

Baksonya ‘kan gede tuh? Harga Bakso Hamil dan Bakso Beranak berapa ya? Murah nggak sih…

kalau yang ini bakso hamil via travel.kompas.com

Kamu pasti penasaran dengan harganya murah apa enggak. Nih Hipwee kasih bocorannya aja. Bakso Hamil 3 bulan beratnya setengah kilogram dengan harga 55 ribu rupiah. Sementara Bakso Hamil 7 bulan beratnya 1 kilogram dengan harga 110 ribu rupiah. Dan yang paling besar, Bakso Hamil 9 bulan dengan berat 2 kilogram (wow!) seharga 220 ribu rupiah saja. Bayanginnya aja udah kenyang ya. Gede banget deh.

Sementara untuk Bakso Beranak yang berisi 7 bakso kecil dan telur ayam ini dibanderol dengan harga yang sama dengan Bakso Hamil 3 bulan yakni 55 ribu. Lebih lucu sih bentuknya, apalagi ada telurnya juga. Maknyuss deh. Nah, kamu kuatnya makan yang mana nih? Hehehe.

Jadi tertarik nggak nih cobain Bakso Hamil dan Bakso Beranak di Banyuwangi. Ya nggak harus sekarang sih ke sananya. Siapa tahu pas lagi traveling ke Baluran atau Kawah Ijen bisa mampir wisata kuliner ke sana. Nih alamatnya kalau kamu pengen mampir, alamat Bakso Andre di Jl Sutomo No. 54 Banyuwangi. Puas deh dijamin makan Bakso Hamil sampe Beranak!

Selamat berwisata kuliner ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya