Kalau berbicara soal keindahan Indonesia, siapa sih yang menolak indahnya Nusa Tenggara Barat. Di sana ada Lombok dan Sumbawa yang jadi daya tarik untuk wisatawan. Keindahan keduanya sudah terkenal, bahkan di mata wisatawan Internasional.

Nah, buat kamu yang punya rencana ingin ke Lombok ada berita bagus nih.

Baru-baru ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat meluncurkan kalender Event mereka. Nggak tanggung-tanggung, tahun 2017 nanti bakal ada banyak event yang memeriahkan Lombok dan Sumbawa! Yuk nyiapin duit buat main ke sana.

Dibuka pada bulan Januari, selama sebulan kamu bakal dimanjakan “Lombok Sumbawa Great Sale”

Kuy main ke Lombok! via www.kabarna.id

Selama sebulan penuh kamu bakal dimanjakan dengan event ini. Mulai dari tanggal 1 hingga 30 Januari, Lombok Great Sale akan melibatkan semua unsur pendukung pariwisata. Akan ada paket traveling murah buat ke Lombok dan Sumbawa yang disponsori oleh banyak pihak seperti hotel, restoran, maskapai penerbangan, dan agen perjalanan. Asik!

Februari punya “Pesta Rakyat Bau Nyale” yang bisa kamu ikuti. Festival unik yang punya tradisi sakral bagi masyarakat suku Sasak

Advertisement

Festival Bau Nyale biasanya diadakan sekitar bulan Februari. Sejak sore Pantai Selatan Lombok, terutama di Pantai Seger Kuta, akan dipenuhi oleh banyak orang. Mereka datang guna mengikuti ini. “Bau” sendiri memilki arti menangkap dan “Nyale” memiliki arti hewan laut sejenis cacing. Jadi kebayang dong isinya event ini gimana? Yap, seperti namanya festival ini memang isinya menangkap cacing. Unik!

Memasuki April ada “Festival Pesona Tambora” yang akan memacu adrenalin-mu. Festival olahraga ini akan digelar tanggal 11 hingga 19 April mendatang

Gunung Tambora di Bima via okezone.com

Ada Festival Pesona Tambora yang diselenggarakan di bulan April tahun depan. Festival yang akan diselenggarakan pada tanggal 11-19 April di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, Nusa Tenggara Barat ini memiliki banyak rangkaian acara. Sejumlah event olahraga seperti lomba pacuan kuda, Tambora Bike Camp hingga ajang perlombaan motor trail di gelar secara meriah di padang savana yang berada di kaki gunung Tambora itu.

Juni jelas ada “Lombok Sumbawa Pearl Festival”. Sebuah festival yang tujuannya mengangkat industri mutiara di sana

Mutiaranya cantik via www.garuda-indonesia.com

Tujuan utama diselenggarakan Lombok Sumbawa Pearl Festival ini untuk mengangkat industri mutiara di Lombok. Festival ini wajib kamu datangi mengingat Lombok memiliki mutiara dengan kualitas baik dan mampu bersaing dengan mutiara dari negara lain. Tujuannya jelas. Ingin mengenalkan mutiara khas Lombok ke seluruh penjuru dunia. Jangan sampai kelewatan ya! Ingat, festival ini diselenggarakan pada tanggal 10-12 Juni tahun depan.

Ada “Ultra Mount Rinjani” di bulan Juli. Yuk ke sini bagi yang pengen ikut lomba lari

Dijamin kamu bakal capek! via tejomurti.blogspot.co.id

Dilihat dari namanya, kamu tentu sudah bisa menebak jenis perlombaan ini. Mount Rinjani Ultra ialah perlombaan lari yang dilakukkan diatas Gunung Rinjani. Ada dua kategori yang bisa kamu ikuti, Mount Rinjani Ultra (MRU) dan Rinjani Altitude Run (RAR). MRU memiliki jarak 52 km sedangkan RAR memiliki jarak 21 km. Kamu yang ingin ikut festival ini harus di atas 18 tahun dan punya stamina yang mumpuni. Festival yang akan digelar 10-12 Juli ini akan terasa berat kalau kamu nggak punya persiapan yang cukup.

September punya “Festival Pesona Senggigi” yang akan memanjakanmu. Yakin nggak mau ke sini?

Seru nih pasti! via detik.com

Selama tiga hari ke depan festival Senggigi akan menyuguhkan berbagai pentas musik, seni, tradisi, olahraga, dengan latar keindahan pantai Senggigi Kabupaten Lombok Barat. Dimulai dari tanggal 16 hingga 19 September, kamu yang main ke Lombok dan Sumbawa akan dimanjakan dengan berbagai macam acara tersebut. Dengan tujuan ingin menarik banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara, bisa dipastikan kalau festival ini bakalan meriah!

Ke Lombok bulan Oktober kamu bisa nonton “Gran Fondo Indonesia”. Festival Balap Sepeda Internasional yang diikuti ribuan peserta

Event ini sebenarnya merupakan bagian dari Gran Fondo International. Sebuah event balap sepeda Internasional. Gran Fondo di Indonesia merupakan yang pertama kalinya diadakan di Asia. Di event ini, baik yang cuma sekadar hobi bersepeda hingga atlet sepeda dari berbagai provinsi di Indonesia dan dari berbagai berbagai belahan dunia akan turut berpartisipasi. Event yang akan diselenggarakan pada 1-2 Oktober 2017 ini bakal diikuti oleh ribuan peserta loh. Jadi kebayang dong gimana serunya.

Nah kalau main ke sana pas bulan November, suguhan “Festival Pesona Gili Indah” yang akan membuatmu betah di sana

Pelepasan penyu yang unyu-unyu~~ via rifa.co.id

Konsep utama festival ini adalah untuk mengajak wisatawan agar turut menjaga lingkungan melalui wisata konservasi alam. Berbagai suguhan acara mulai dari pelepasan penyu, konser music accoustics on the beach hingga suguhan ritual budaya khas Lombok dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana. Catet ya, tahun depan event ini akan diadakan pada tanggal 5-6 November.

Desember di Nusa Tenggara Barat punya dua festival yang unik. Asik nih buat jalan-jalan tahun

Marathon! via beritasatu.com

Ada dua suguhan acara yang bisa kamu nikmati kalau kamu memilih bulan Desember untuk liburan ke Nusa Tenggara Barat. Pada tanggal 3-4 Desember akan ada “International Halal Travel Fair”. Kamu bisa menikmati suguhan pesona halal khas Lombok pada tanggal itu. Ada juga “Lombok Marathon”. Sebuah event lari maraton dengan menonjolkan keindahan alam Indonesia. Rutenya melewati garis pantai Lombok dengan start di area Senggigi Square. Seru nih pastinya!

Selain itu, masih ada banyak festival-festival lain yang akan memeriahkan kunjunganmu ke Lombok

Masih banyak festival lain via era-wisata.blogspot.co.id

Ada Festival Pesona Lawata di bulan Februari. 18 Agustus-16 September ada Bulan Pesona Lombok Sumbawa. Di tanggal 21-23 bulan Agustus juga ada juga Festival Pesona Mataram. Tanggal 22-23 September ada Mandalika Tour D Lombok. Selain itu, tanggal 10 Desember juga akan ada Rinjani Golf Turnament. Kurang meriah gimana coba NTB di tahun 2017 besok!

Udah, nabung dulu mulai dari sekarang. Biar tahun 2017 besok bisa jalan-jalan di Lombok dan Sumbawa!

Terakhir, selamat berlibur di Lombok.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya